Full Day School Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter (Perspektif Psikologi Pendidikan Islam)

Penulis

  • Lis Yulianti Syafrida Siregar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2945

Kata Kunci:

Full day school; Education; Al-Qur'an.

Abstrak

Penerapan full day school merupakan alternatif solusi dari revolusi pendidikan terhadap permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan. Full day school adalah istilah dari proses pembelajaran yang dilaksanakan secara penuh, dimana aktifitas belajar anak dilakukan lebih banyak disekolah daripada dirumah. Proses belajar mengajar diberlakukan di pagi hari sampai dengan sore hari. Konsep dasar full day school sama dengan pendidikan Islam, dimana aplikasinya bertujuan agar memanfaatkan waktu dengan melakukan hal yang bermanfaat, ini adalah manifestasi dari belajar tanpa batas. Pendidikan Islam sebagai usaha untuk membimbing pertumbuhan dan perkembangan kepribadian siswa supaya mereka hidup sesuai dengan ajaran Islam. Pendidikan merupakan satu dari pembahasan-pembahasan yang ada pada Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan firman Allah yang selanjutnya dijadikan pedoman hidup (way of life) kaum muslim yang tidak ada keraguan di dalamnya. Di dalamnya terkandung ajaran-ajaran pokok (prinsip dasar) menyangkut segala hal aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Al-Qur’an bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk dikembangkan dalam rangka membangun pendidikan yang bermutu. Kata kunci: Full day school, Pendidikan, Al-Qur’an  Implementation of full day school is an alternative solution of the educational revolution to the problems that occur in education. Full day school is the term of the learning process that is carried out in full, where the learning activities of children done more school than at home. Teaching and learning process is applied in the morning until the afternoon. The basic concept of full day school is the same as Islamic education, where its application aims to make use of time by doing useful things, this is a manifestation of learning without limit. Islamic education as an effort to guide the growth and development of student personalities so that they live in accordance with the teachings of Islam. Education is one of the discussions that exist in the Qur'an. The Qur'an is the word of Allah which is then used as a guide of life (way of life) of the Muslims that there is no doubt in it. It contains the basic teachings (basic principles) concerning all aspects of human life, including education. The Qur'an can serve as an inspiration to develop in order to build a quality education. Keywords: Full day school, Education, Al-Qur'an

Referensi

Patoni, A. 2004, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bina Ilmu.
Achmadi, 2005, Ideologi Pendidikan Islam Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sujianto, A. E. Penerapan Full Day School Dalam Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan, Ta’allim. Vol 28.No.2, Nopember 2015 Tulungagung
Tafsir, A. 1992, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam,Bandung: Remaja Rosdakarya.
Al- Qur’an digital
Baharuddin, 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan, Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Muchsin, B. dan Sulthan, Moh. & Wahid, A. 2010, Pendidikan Islam Humanistik. Bandung; PT.Refika Aditama.
Maunah, B. 2009, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Yogyakarta: Teras.
Echlos, J. 1996, KamusInggris Indonesia, Jakarta:Gramedia, Cet. XXIII.
Astuti, M. Implementasi Full Day School Sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al-Ya’lu Kota Malang. (Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan,Vo.1 No.2, Juli 2013
Muhaimin, 2004, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Nadjati, M. U. 2005, Al Qur’an dan Psikologi, Jakarta: Arus Pustaka.
Muhibbin, S. 2004, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Terpadu, Bandung: Rosdakarya,.
Qomar, M. 2012, Kesadaran Pendidikan: Sebuah Penentu Keberhasilan Pendidikan. Jogjakarta: Ar Ruzz.
Hasan, N. Full Day School (Model Alternatif Pembelajaran PAI), Jurnal Pendidikan Tadris. Vol.1 No.1, 2006
Primarnie, A, Sekolah IslamTerpadu (Konsep dan Aplikasinya), Jakarta: JSIT Indonesia
Romli, Moch, , 2004, Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar Full Day School, Disertasi UM Malang.
Schudin, 2005, Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Full Day School Terhadap Akhlak Siswa, Surabaya: Perpustakaan IAIN Sunan Gunung Djati.
Arikunto, S. 1993, .Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Bandung: PT.Rineka Cipta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-01

Cara Mengutip

Siregar, L. Y. S. (2017). Full Day School Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter (Perspektif Psikologi Pendidikan Islam). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(01). https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2945

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.