Pembiasaan Empat Karakter Kenabian di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Analisis Program Kegiatan MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura, Sukoharjo)

Penulis

  • Rian Yulianto IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2951

Kata Kunci:

Habituatio; Education; Prophetic Character.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pembiasaan karakter kenabian melalui manajemen kegiatan siswa di madrasah. Informasi digali melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Temuan hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, karakter kenabian diimplementasikan berdasarkan indikator yang diinginkan oleh madrasah. Kedua, pendidikan karakter dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan yang sebelumnya direncanakan melalui program kerja dari berbagai bidang di madrasah. Ketiga, pelaksanaan dilakukan oleh semua pihak, siswa sebagai sasaran dan guru sebagai fasilitator. Keempat, evaluasi dilakukan secara berkala dan selalui menyesuaikan kasus-kasus yang terjadi di lapangan. Kelima, output dari penanaman karakter kenabian adalah siswa terbiasa melaksanakan pembiasaan-pembiasaan di luar madrasah. Kata Kunci: pembiasaan, pendidikan, karakter kenabian.  This study aims to find habituation prophetic character through management of student activities at the school. The information collected through interviews, observation and documentation then analyzed by qualitative descriptive approach. The findings of the study are: 1) the character of prophetic implemented based on the indicators desired by the madrassa, 2) The  character education is developed through activities that planned through the work program of the various fields in madrassas, 3)the implementation by all parties, students as a target and the teacher as a facilitator, 4) evaluation conducted regularly and kept up-to adjust the cases occurred in the field, 5) output of planting prophetic character is used to implement student habituation-conditioning outside the madrassa. Keywords : Habituation, Education, Prophetic Character.  

Referensi

Aqib, Z. Pendidikan Karakter di Sekolah: 2012, Membangun Karakter dan Kepribadian Anak. Bandung: Yrama Widya.

Azra, A. 1999, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru.Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya, 2001.

Afandi, R. “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar”, Jurnal Pedagogia, Vol. 1, Nomor 1, 2011.

Sukmadinata. 2015, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Wiyani, N. A. & Barnawi. 2012, Ilmu Pendidikan Islam: Rancang Bangun Konsep Pendidikan Monokotomik-Holistik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Larson, K. 2009, “Understanding the Importance of Character Education”, Thesis, University of Wisconsin-Stout.

Kamaruddin “Character Education and Students Social Behaviour”, Journal of Education and Learning, Volume 6, Nomor 4, 2012.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-01

Cara Mengutip

Yulianto, R. (2017). Pembiasaan Empat Karakter Kenabian di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Analisis Program Kegiatan MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura, Sukoharjo). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(01). https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2951

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.