Meningkatkan Mutu Manajemen Madrasah (Kajian Minat Masyarakat dan Prinsip Dasar Manajemen Lembaga Pendidikan Islam)

Penulis

  • Ali Ridho STAI Al-Khairat

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3096

Kata Kunci:

Madrasah, Minat, Mutu

Abstrak

Akhir-akhir ini pendidikan madrasah mulai redup eksistensinya, lembaga pendidikan Islam tersebut mejadi kurang diminati masyarakat luas dari segi output dan kualitasnya, sehingga pendidikan madrasah secara umum berada di kelas dua dalam kondsi riil ketika disandingkan dengan lembaga pendidikan secara umum yang ada di Indonesia.Kondisi tersebut terjadi karena madrasah hanya memikirkan bagaimana pendidikan tetap  berjalan tanpa memperhatikan faktor-faktor yang bisa menarik minat masyarakat untuk bisa mejadi pilihan utama dalam memproses putra putrinya, selain hal tersebut madrasah sudah hilang jati dirinya sebagai lembaga pendidikan Islam yang seharusnya berprinsip sesuai dengan nilai-nilai lembaga pendidikan Islam yang terkandung dalam Kitabullah dan Sunnat Rasulillah SAW sebagai pedoman utama dalam upaya merawat eksistensinya. Dalam teori minat maka hal yang paling perlu diperhatikan adalah Pandangan orang tua dalam memilih madrasah yang mana kalau direngking secara prosentase di atas 50%, maka urutannya adalah berkualitas, unggul baru kemudian kedekatan sekolah/madrasah tersebut dengan rumah. Sedangkan prosentase di bawah 50%, maka urutannya adalah biaya yang murah, disiplin, status madrasah, transportasi mudah dan lingkungan yang mendukung terhadap pengembangan kreatifitas anak. Maka memenuhi segala upaya yang menjadi keinginan masyarakat menjadi kunci timbulnya minat tersebut, namun hal yang paling utama adalah menjaga kualitas pendidikan dengan kontinu dengan model pengelolaan yang tepat dalam hal ini sesuai dengan konsep dasar pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, sehingga secara objektif masyaraat akan menilai dan merawat eksistensi pendidikan madrasah secara bersama dengan steakholder madrasah

Referensi

Anastasi, Anne, 1977, Psychological Testing, diterjemah oleh Robertus Hariono S. Imam dalam Tes Psikologi, Jilid 2, Jakarta : Prenhalindo
Crow, Alice, and Lester D. Crow, 1989, Educational Psychology, diterjemah oleh Abd. Rachman Abror dalam Psychologi Pendidikan, Yogyakarta: Nur Cahaya.
Dwiningrum, Siti Irene Astuti, 2011, Desentralisasi Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan Suatu Kajian Teoritis Emperik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunarso. 1995. Meningkatkan Minat Belajar Anak. Jakarta: LPTK dan ISPI
Hurlock, Elizabeth B, 1978, Child Development, diterjemah oleh Med. Meitasari Tjandrasa dalam, Perkembangan Anak, Jilid 2, Jakarta: Erlangga
Krathwohl, David R, et.al, 1956, Taxonomy of Educational Objectives, The Classification of Educational Goals, Handbook II: Affective Domain, London: Longmans
Koentjaraningrat, 2002, Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta.
Khozin, Wahid, Masyarakat dan Eksistensi Madrasah Diniyah, Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan Edukasi, Volume 4, Nomor 4, Oktober-Desember 2006, Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Kemenag RI.
Muliawan, Jasa Unggul, 2005, Pendidikan Islam Integratif, Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ramayulis, 2002, Pengantar Psikologi Agama, Jakarta: Kalam Mulia.
Rifa’i, Achmad, 2010, Psikologi Pendidikan, Semarang: Universitas Negeri Semarang Press,
Ridho, Ali. Pendidikan Islam Berwawasan Pluralis (Sebuah Solusi Dari Keberagaman Pemahaman Internal dan antar Agama). Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman, 2017.
Ridho, Ali. ESQ Dalam Kepemimpinan Pendidikan. Fikrotuna, 2017.
Saniri, 2012, Studi Deskriptif Tentang Minat Masyarakat Bawean Terhadap Madrasah, Semarang : Tesis
Supiana, 2008, Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tangerang, Madrasah Aliyah Negeri Bandung Dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung Dan Madrasah Aliyah Negeri Darussalam Ciamis, Jakarta: Balitbang Departemen Agama RI.
Singer, Kurt, 1973, Verhindert Die Schule Das Lernen, diterjemah oleh Bergman Sitorus, Membina Hasrat Belajar Di Sekolah, Bandung: Remaja Karya.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003
Usman, Husaini, 2009, Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Walgito, Bimo, 2002, Psikologi Sosial, Suatu Pengantar, Yogyakarta: Andi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-12-28

Cara Mengutip

Ridho, A. (2017). Meningkatkan Mutu Manajemen Madrasah (Kajian Minat Masyarakat dan Prinsip Dasar Manajemen Lembaga Pendidikan Islam). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(02). https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3096

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.