Transformasi Sistem Pembelajaran di Pondok Pesantren Sidogiri

Penulis

  • Abd. Hadi Rohmani STAI Hasan Jufri Bawean

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3100

Kata Kunci:

Transformasi, Sistem Pembelajaran,

Abstrak

Sidogiri adalah salah satu sekolah terbesar walaupun sekolah ini adalah sekolah tertua di Jawa Timur. Dalam sejarah panjangnya yang hamper mencapai tiga abad, Sidogiri tetap memberikan perhatian besar pada perkembangan pendidikan sekolah-sekolah Islam dengan melakukan sejumlah inovasi dalam system pembelajaran, baik dari aspek metode dan kurikulumnya. Salah satu amandemennya adalah system pembelajaran tingkat Aliyah sebagai salah satu system yang terbesar dan pada kenyataanya system pendidikan seperti ini hanya ditemukan pada sekolah-sekolah kejuruan atau perguruan tinggi.  Sampai saat ini ada lima jurusan yang dkembangkan oleh Madrasah Aliyah Sidogiri, yaitu  MT, Dakwah, Hukum Islam, Tafsir and Hadist. Kebijakan lembaga Sidogiri menerapkan system ini tidak lahir dengan tanpa alasan, tetapi lebih pada perwujudan golngan tertentu secara sungguh-sungguh untuk menjaga system yang lama yang masih layak dipakai dan mengadopsi system yang baru yang sesuai dengan perkembangan zaman. Pada kenyataanya, buku kuning Sidogiri telah mencapai poin-poin tertentu dalam mewujudkan system baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Referensi

Arif, Muhammad. 2012. Pondok Pesantren dan Perubahan Sosial, Disertasi. Surabaya: IAIN Surabaya.
Bakhri Mokh, Syaiful. 2004. Kebangkitan Ekonomi Syariah Di Pesantren: Belajar Dari Pengalaman Sidogiri. Pasuruan: Cipta Pustaka Utama.
Ditjen Kelembagaan Agama Islam. 2003. Pola Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pondok Pesantren. Jakarta: Depag RI.
Faozan, Achmad. 2006. Pondok Pesantren dan Pemberdayaan Ekonomi, Ibda’: Jurnal Studi Islam dan Budaya, Vol. 4, No. 1. Purwokerto: LP3M STAIN.
Feillard, Andree. 1999. NU Vis a Vis Negara; Pencarian isi, Bentuk dan Makna, Yogyakarta: LkiS.
Ghazali, Bahri. 2003. Pesantren Berwawasan Lingkungan, Jakarta: CV. Prasasti.
Hasanah, Arifatul. 2003. Renungan Kaum Bersarung Untuk Indonesia Yang Sedang Berkabung. Yogyakarta: Qirtas.
https://sidogiri.net/2017/05/pesantren-lembaga-pencetak-ulama-pembela-bangsa/ diakses pada 12 Juni 2017.
Huda, M., Nuril. 2016. Revitalisasi Madrasah di Wilayah Eksplorasi dan Eksploitasi Migas Blok Cepu, Maraji’: Jurnal Ilmu Keislaman, vol. 2 no. 2, (Surabaya: Kopertais IV.
Huzaimi, Anshory. 2003. Kepesantrenan 3: Buku Pedoman Bagi Wali Santri PP Sidogiri, Pasuruan: Sidogiri Press.
Ihya’ ulumuddin. 2016. Demokrasi Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Natsir dan Relevansi dengan Sistem Pendidikan Nasional, Maraji’; Jurnal Ilmu Keislaman, vol. 2, no. 2 . Surabaya: Kopertais IV.
Ismail. 2017. Kecerdasan IQ, EQ Dan SQ Dalam Pembentukan Kepribadian Mukmin, Kabilah. Vol. 2 No. 1 Juni: 170.
Karni, S, Asrori. 2009. Etos Studi Kamum Santri; Wajah Baru Pendidikan Islam, Jakarta: Noura Books Publishing.
Khozin, et al., 2006. Manajemen Pemberdayaan Madrasah. Malang: UMM Press.
Naji, Saifullah. 2011. Jurnal Tamassya. Pasuruan: Sekretariat Ponpes Sidogiri.
Nasih, Munjin. 2015. Kaum Santri Menjawab Problematika Sosial. Malang: UM Press.
Nasir, Ridlwan. 2005. Mencari Format Pendidikan Ideal; Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Peraturan Pemerintah, http://peraturan.go.id/inc/view/ 11e52124d3d35be 4b0f530383 4323536. html, pada tanggal 05 Desember 2017 23:43.
Rimbawan, Yoyok. 2012. Pesantren Dan Ekonomi Kajian Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Darul Falah Bendo Mungal Krian Sidoarjo Jawa Timur, Conference Proceedings, AICIS XII. Surabaya: 5-8 November.
Rizal Ahmad, Syamsul. 2001. Transformasi Corak Edukasi Dalam Sistem Pendidikan pesantren, Jurnal Ta’lim, vol. 9, no. 2. Bandung: Upi Press.
Rosidin. 2016. Problematika Pendidikan Islam Perspektif Maqasid shariah, Maraji’: Jurnal Ilmu Keislaman, vol 3, No. 1. Surabaya: Kopertais IV.
Syafruddin, Amir. Pesantren Pembangkit Moral Bangsa, www.pikiran–rakyat.com (diakses pada 03 Januari 2017).
Ta’rifin, Ahmad, dkk. Formalisasi dan Transformasi Pendidikan Pesantren, http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/Penelitian/article/view/244. Diakses pada 12 Juni 2017.
Tafsir, Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Team Redaksi Majalah Ijtihad. 2006. Jejak Langkah Masyayikh Sidogiri. Pasuruan: OMIM PPS.
Undang-Undang Sisdiknas no. 20 tahun 2003. 2009. Bandung: Fokus Media.
Wahid, Marzuki. 1999. Pesantren Masa Depan. Bandung: Pustaka Hidayah.
Wardi, Moh. 2014. Modernisasi Mu’allimin. Ta’limuna, Vol 7 No 1. Maret
Wardi, Moh. 2017. Pengembangan Entrepreneurship Berbasis Experiential Learning Di Pesantren Al-Amien Prenduan SumenepDan Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan. Ph.D . diss., Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
www.sidogiri.net/madrasah/ diakses pada 16 Juni 2017.
Yasmadi. 2002. Modernisasi Pesantren; Kritik Nurcholis Majid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Quantum Teaching.
Zainuddin, M. dkk. 2005. Dalam kata pengantar buku Horizon Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Malang: IUN Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-12-28

Cara Mengutip

Rohmani, A. H. (2017). Transformasi Sistem Pembelajaran di Pondok Pesantren Sidogiri. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(02). https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3100

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.