Transformasi Paradigma Manajeman Keilmuan Sekolah Dasar Menuju Pendidikan Dasar Islam

Penulis

  • Zainal Anshari Marli Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3101

Kata Kunci:

Transformasi, Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Islam.

Abstrak

Sekolah Dasar Islam merupakan wujud perpaduan antara lembaga pendidikan Islam yang dilahirkan pendidikan non formal pondok pesantren berbentuk pendidikan formal madrasah dengan sekolah dasar yang merupakan perwujudan dari kelanjutan Sekolah Rakyat (SR), suatu sekolah dasar yang dibentuk oleh penjajah Belanda guna mewadahi putra-putri pribumi Indonesia dalam mewujudkan kebutuhan dasar bernama pendidikan. Sekolah Rakyat yang dalam transformasi berikutnya menjadi Sekolah Dasar ternyata di kreasi agar dapat dipadukan antara warisan pendidikan kolonial dengan warisan pendidikan Islam Indonesia, sehingga menjadi Sekolah Dasar Islam (SDI) yang tetap menjalankan misi pendidikan formal sebagaimana SD pada umumnya dan Madrasah Ibtidaiyah pada umumnya. Sekolah Dasar Islam merupakan respon yang ditampilkan umat Islam di dalam melakukan inovasi dan kreasi pada perkembangan lembaga pendidikan di tengah-tengah masyarakat. Sekolah Dasar Islam tidak mesti semuanya menggunakan kata atau istilah Islam, sebagian ada yang tetap menggunakan kata Sekolah Dasar namun mata pelajarannya di elaborasi antara Sekolah Dasar dengan Madrasah Ibtidaiyah sehingga muatan mata pelajarannya menjadi Sekolah Dasar Islam, artinya perpaduan antara pelajaran Sekolah Dasar dengan Madrasah Ibtidaiyah, seperti SD Full Day School al-Baitul Amien Jember yang menjadi focus tulisan ini.

Referensi

Zainal, Anshari. 2016. Anak Muda Masjid Membangun Negeri; Kisah-Kisah Unik Remaja Masjid Al-Baitul Amien, Surabaya: Pustaka Radja.
Saifuddin, Anshori, Endang. 1990. Ilmu, Filsafat Dan Agama, Pendahuluan Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi, Surabaya: PT. Bina Ilmu.
Chotib, Moch. 2010. Pesantren Dan Masyarakat Transformatif. Jember: Pena Salsabila.
Haris, Abd. dan Kivah Aha Putra. 2012, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
Hilmy, Masdar. 2016, Pendidikan Islam dan Tradisi Ilmiah. Malang: Madani.
Ichsan, Moch. dan Anshari, Zainal 2017. Sejarah Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember; Mengurai Peran Dan Kontribusinya. Jember: Superior
Marinda, Leny. 2011,“implementasi pembelajaran Full Day School dalam meningkatkan ke-cerdasan social peserta didik di SD al-Baitul Amien Jember”, Jember: STAIN Jember. skripsi tidak dipublikasikan.
Moch. Chotib. 2010. Cakrawala Pesantren; Melacak Geneologi Pendidikan Pesantren. Jember: Pena Salsabila.
Observasi dan wawancara kepada bapak Rifan Humaidi dan ibu Nurul, Januari – Juni 2016.
Qomar, Mujammil. 2015. Dimensi Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Emir-Erlangga.
Rafik, Ainur. 2013. Pendidikan Islam Dalam Sisdiknas, Jember: STAIN Jember Press.
Sallis, Edward. 2011. Total Quality Management in Education. Yogyakarta: IRCiSoD.
Sisdiknas nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional Indonesia.
Soebahar, Abd. Halim. 2009. Matriks Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Marwa.
Soebahar, Abd. Halim. 2013. Modernisasi Pesantren; Studi Transformasi Kepemimpinan Kiai dan System Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: LKIS.
Steenbrink, Karel A. 1974. Pesantren, Madrasah, Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.
Winoto, Suhadi. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Jember: Pena Salsabila.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-12-28

Cara Mengutip

Marli, Z. A. (2017). Transformasi Paradigma Manajeman Keilmuan Sekolah Dasar Menuju Pendidikan Dasar Islam. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(02). https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3101

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.