Konsep Ideal Pendidikan Islam sebagai Relasi Primordial Manusia dengan Tuhan

Penulis

  • Mahfud Mahfud STAI Hasan Jufri Bawean

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3111

Kata Kunci:

Pendidikan Islam, manusia, Tuhan

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang urgen bagi kehidupan manusia. Untuk itu pendidikan memiliki posisi primer dalam kehidupan manusia. Akan tetapi dalam konteksnya pendidikan dipersepsikan sebagai alat untuk memperoleh harta dan kekuasaan. Jiwa dan hatinya telah banyak diisi dengan harapan-harapan duniawi. Keberadaan pendidikan yang ada tidak lagi mengarahkan manusia untuk menemukan siapa Tuhannya, namun labih diarahkan pada tuhan-tuhan yang bersifat materi (berhala baru). Maka dari itu pendidikan Islam harus dipahami sebagai salah satu konsep tepat untuk mengembalikan relasi manusia dengan Tuhan. Konsep pendidikan Islam merupakan sarana tepat untuk mengembalikan manusia kepada relasi primordialnya dengan Tuhan. Konsep pendidikan Islam yang sejalan dengan pendidikan nasional sebagaimana tertuang dalam UUD 1945 dan UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003. Merupakan sistem pendidikan yang berasal dari satu paradigma tunggal yaitu konsep Keesaan Tuhan. Pendidikan Islam memperkenalkan ketauhidan, falsafah negara juga menganut konsep tauhid pada sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Dari paradigma tunggal ini kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan Islam merupakan satu-satunya konsep pendidikan yang dapat mengembalikan manusia pada Tuhan.

Referensi

Agustian, Ary Ginanjar. Buku Saku ESQ: Emotional Spiritual Quotient.
Athiyah, M , Al-Abrasyi. 1993. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami A. Gani dan Djohar Bahry. Jakarta: Bulan Bintang,.
Al-Ghifary,Wawan2014. Hermawan.“http://wawanhermawan90.blogspot.com/2012/01/ makalah-filsafat-pendidikan-islam.html.” diakses tanggal 10 Desember.
Anwar, Ali. 2011. Pembaruan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhammad Syaikh, Attamimi, 1999. Kitab Tauhid. Jakarta: Darul Haq.
Hashen, O. 2001. Agama Marxsis: Asal-Usul Ateisme dan Penolakan Kapitalisme. Bandung: Penerbit Nuansa.
Kaelan. 2002. Filsafat Pancasila: Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Paradigma.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), digital.
Muhaimin. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Poerwati, Loeloek Endahdan Sofan Amri. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013: Sebuah Inovasi Struktur Kurikulum Penunjang Masa Depan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Munawwar, Rachman, Budhy. 2011. Ensiklopedi Nurcholish Madjid: Pemikiran Islam di Kanvas Peradaban. “Edisi Digital.” Vol. 1. Jakarta: Mizan.
Rosyadi, Khoiron. 2004. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,.
Sanjaya, Wina. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan [KTSP].Jakarta: Kencana,.
Scott, David. 2001. Curriculum and Assessment. London: Ablex Publishing Westport Connecticut.
Suharto, Toto. 2014. Filsafat Pendidikan Islam: Menguatkan Epistemologi Islam Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sulistiyorini. 2006. Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: eLKAF.
Tafsir, Ahmad. 2012. Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Permata Press. Undang-Undang Sisdiknas Sistem Pendidikan Nasional dan PP No 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan PP No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional. T.kt.: Permata Press, t.t.
Yusuf, Kadar, M. 2011. Tafsir Tarbawi. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-12-28

Cara Mengutip

Mahfud, M. (2017). Konsep Ideal Pendidikan Islam sebagai Relasi Primordial Manusia dengan Tuhan. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(02). https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3111

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.