Penerapan Program Akselerasi Baca Kitab Kuning di Majelis Musyawarah Kutubuddiniyah (M2KD) PP. Mambaul Ulum Bata-Bata Ds. Panaan Kec. Palengaan Kab. Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3114Kata Kunci:
Program Akselerasi, Kitab KuningAbstrak
Upaya peningkatan kualitas pendidikan selalu dilakukan, baik secara konvensional maupun secara inovatif. Untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan diperlukan penyempurnaaan dan peningkatan proses belajar mengajar. Upaya tersebut salah satunya bisa dilakukan dengan penerapan program akselerasi yang baik agar tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui latar belakang didirikannya program akselerasi, (2) mengetahui manajemen pelaksanaan program akselerasi, (3) mengetahui problematika guru dan siswa di dalam melaksanakan program akselerasi. Penelitian tentang program akselerasi baca kitab kuning ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah informan guru pembimbing dan siswa di M2KD PP. Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan. Pertama, latar belakang didirikannya program akselerasi adalah kesulitan siswa dalam masalah belajar. Kedua, manajemen program akselerasi baca kitab kuning M2KD PP. Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan berjalam dengan baik dengan indikator antara lain, perencanaan yang dilakukan oleh pengelola, penerimana peserta baru, pelaksanaan yang berjalan dengan efektif dan output yang baik juga. Ketiga, kendala yang dihadapi PP Mambaul Ulum Bata-Bata disebabkan kurangnya sarana yang ada di M2KD Mambaul Ulum Bata-Bata PamekasanReferensi
Akbar Hawari, Reni. 2001. Panduan Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar, Jakarta: Grasindo.
Ary, Donald. 1985. Introduction to Research in Education, third edition, New York: The Dryden Press.
Bogdan, Robert 1986. Qulaitatif Research For Education: an Introduction to Theory and Methods, Printed in the United Stated of America.
Hakim, Lutfil. 2013. Pesantren Transformatif (Jember: STAIN Jember Press
Hawadi, R.A. 2004. Akselerasi : A-Z : Informasi Program Percepatan Belajar Dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta : Grasindo.
http://www.alcenter.com/alindex.html, 21 January 2006
J. Moloeng, Lexy. 2002 Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif Dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan, Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Muhadjir, Noeng. 2002. Metodologi Penenlitian Kualitatif, Cet 2 .Yogyakarta: Rake Sarasin.
Munandar, Utami. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Kreatif dan Bakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,
Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Bakat dan Kreativitas Anak Berbakat Jakarta: PT Rineka Cipta
Nata, Abudin. 2001. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta : Grasindo.
Nizar, Samsul. 2007. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia, Jakarta : Kencana.
Rahmat, Nur. 2010. Studi Tentang Progam Akselerasi Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Darul Dakwah Sukoharjo, Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Semiawan, Conny. 1996. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sulthon dan Khusnuridlo, Muhammad Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspektif Global . Yogyakarta: LaksBang PRESS Indo
Suryobroto, 1996. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: Grasindo.
Widyastono, Herry. 2002. Anak Berbakat Intelektual dan Program Pendidikannya Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Ary, Donald. 1985. Introduction to Research in Education, third edition, New York: The Dryden Press.
Bogdan, Robert 1986. Qulaitatif Research For Education: an Introduction to Theory and Methods, Printed in the United Stated of America.
Hakim, Lutfil. 2013. Pesantren Transformatif (Jember: STAIN Jember Press
Hawadi, R.A. 2004. Akselerasi : A-Z : Informasi Program Percepatan Belajar Dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta : Grasindo.
http://www.alcenter.com/alindex.html, 21 January 2006
J. Moloeng, Lexy. 2002 Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif Dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan, Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Muhadjir, Noeng. 2002. Metodologi Penenlitian Kualitatif, Cet 2 .Yogyakarta: Rake Sarasin.
Munandar, Utami. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Kreatif dan Bakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,
Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Bakat dan Kreativitas Anak Berbakat Jakarta: PT Rineka Cipta
Nata, Abudin. 2001. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta : Grasindo.
Nizar, Samsul. 2007. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia, Jakarta : Kencana.
Rahmat, Nur. 2010. Studi Tentang Progam Akselerasi Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Darul Dakwah Sukoharjo, Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Semiawan, Conny. 1996. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sulthon dan Khusnuridlo, Muhammad Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspektif Global . Yogyakarta: LaksBang PRESS Indo
Suryobroto, 1996. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: Grasindo.
Widyastono, Herry. 2002. Anak Berbakat Intelektual dan Program Pendidikannya Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
##submission.downloads##
Diterbitkan
2017-12-28
Cara Mengutip
Behri, M. (2017). Penerapan Program Akselerasi Baca Kitab Kuning di Majelis Musyawarah Kutubuddiniyah (M2KD) PP. Mambaul Ulum Bata-Bata Ds. Panaan Kec. Palengaan Kab. Pamekasan. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(02). https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3114
Terbitan
Bagian
Articles