Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran

Penulis

  • Walib Abdullah IAI Al-Khairat Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169

Kata Kunci:

blended learning, online, pembelajaran tatap muka

Abstrak

Di Abad 21 ini pembelajaran sudah masuk pada era digital, yang mana para praktisi pendidikan sudah banyak mengembangkan dan merancang pembelajaran dengan berbasis digital seperti misalnya pembelajaran online. Akan tetapi, pembelajaran online  masih membutuhkan adanya pembelajaran lain yaitu pembelajaran tatap muka. Maka dari itu para ahli pendidikan menggabungkan kedua model pembelajaran tersebut dan menjadikannya sebuah  teori pembelajaran baru yang disebut  Blended Learning.  Blended learning merupakan campuran atau penggabungan pembelajaran online, pembelajaran offline dan pembelajaran tatap muka, karena banyak penelitian yang menyebutkan bahwa blended learning mempunyai pengaruh yang lebih tinggi dari pada  pembelajaran online ataupun pembelajaran tatap mukan dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penggunaan Blended learning bisa di terapkan dengan menggunakan kombinasi- kombinasi berikut yaitu 50/50, 75/25, atau 25/75 dari alokasi waktu pembelajaran. Ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam  mendisain blended learning, hal itu adalah bagaimana caranya membuat pembelajaran itu menarik dan sesuai dengan karakteristik gaya belajar siswa.

Referensi

Ajeffrey, L.M. Milne, J, Suddaby. J.& Higgins,”Blended Learning: How Teachers Balance the Blend of Online and Classroom Components”, Journal Of Information Technology Education:Research, Vol, 13. No 2. 2014.
Alammary, Ali. Judy Sheard, Angela Carbone “Blended Learning In Higher Education: Three Different Aproaches” Australian Journal Of Educational Technology, 2014.
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bonk, C.J. & Graham, CR.Eds. Impress” Handbook of Blended Learning: Global Persepektives, Local Designs. San Fransisco CA: Pfeiffer Publishing
Bruce Joyce, Marsha Weil, Emily Calhoun. 1998. Model of Teaching. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Charles D. Dziuban, Joel L. Hartman, Patsy D. Moskal. “Blended Learning”. Research Bulletin.Vol. 7, No 1. March 30, 2004.
Graham, Charles R. 2004. Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. Dalam Bonk, C.J. & Graham, CR.Eds. Impress” Handbook Of Blended Learning:Global Persepektives, local designs. San Fransisco CA: Pfeiffer Publishing
Henzi, a, & procter, C. 2004. “Reflections On The Use Of Blended Learning”, diakses dari .http://www.ece.salford.ac.uk/proccedings/papers/ah_o4.rtf. diakses pada tanggal 05 Mei 2018.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran, Blended Learning, Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Ishak, Abdulhak. Deni dermawan. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT roda Karya.
Precel, Karen Yoram Eshet Alklai and Yael “Pedagogical And Desain Aspect Of Blended Learning Course”. International Review of Research In Open and Distance Learning. Vol,10. No, 2. April 2009.
Lalima, Kiran Lata Dangwal, “Blanded Learning: An Inovative Approach”Universal Journal Of Educational Reserch. 2017.
Ruchi Shivam, Sunita Sungh “Implementation Of Blended Learning In Classroom: A Review Paper”Internasional Journal Of Scientific And Research Publication, Vol,11. No, 2. November 2015
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-29

Cara Mengutip

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(01), 855–866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.