Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Merespon Era Digital

Penulis

  • Muhammad Tang Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Furqan Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3173

Kata Kunci:

PAI, strategi integratif, era digital.

Abstrak

Di era digital saat ini, orang-orang umumnya berpikir bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) saat ini telah dianggap sebagai kegagalan untuk menanamkan nilai-nilai moral / religius kepada peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kejahatan yang dilakukan oleh remaja. Sebagai contoh; begal, penyalahgunaan narkoba, tawuran, pergaulan bebas dan bentuk-bentuk kejahatan lainnya. Kegagalan belajar PAI, menurut penulis salah satu alasannya adalah karena secara umum pembelajaran PAI dilakukan secara monoton dan konvensional. Oleh karena itu, sebagai pendidik PAI / guru harus inovatif dan kreatif dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Jadi nilai-nilai pendidikan Islam dapat terinternalisasi dengan baik di dalam peserta didik. Makalah ini membedah dan menawarkan konsep strategi pembelajaran PAI yang integratif dalam menanggapi perkembangan media teknologi di era digital saat ini. Tulisan ini menggunakan metode penelitian perpustakaan dengan pendekatan analisis kritis, sehingga melahirkan konsep atau model strategi pembelajaran yang integratif antara nilai-nilai agama, sains dan teknologi.

Referensi

Abdullah, Amin. 2004. Pengantar. dalam Imam Machali at al, Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi: Buah Pikiran Seputar; Filsafat, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya. Yogyakarta: PRESMA UIN Sunan Kalijaga.
Al-Faruki, Ismail Raji dalam Sutrisno. 2006. Pendidikan Islam yang menghidupkan: Studi Kriti Terhadap Pemikiran Fazlurrahman, Yogyakarta: Kota Kembang.
Asy’arie, Musa. 2005. NKRI, Budaya Politik dan Pendidikan, Yogyakarta: LESFI.
David, J. R. dalam Pengawas. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktorat Jenderal Tenaga Kependidikan Nasional.
Dewi, Laksmi & Masitoh. 2009. Strategi Pembelajaran, Jakarta: DEPAG RI.
Elprida, Eka. 2015. Strategi Pembelajaran, Jurnal Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia.Vol. 4. No 2.
Lou, Carey& Dick Walter. 1994. The Systematic Desgn of Instruction, New York: Harper Collins.
Mulyasa, Encang. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Remaja Rosda Karya: Bandung.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2005, tentang Pendidik dan Dosen, pada BAB III pasal 7 ayat 1.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2005, tentang Pendidik dan Dosen, pada BAB IV pasal 10 ayat 1.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP. Jakarta: Kencana.
Sukmadinata, Nanah Syaodih, 2016. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Cet. XIX; Bandung: PT Remaja Rosda Karya,
Tilaar, H. A. R., 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta.
Yamin, Martinis. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Gaung Persada: Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-29

Cara Mengutip

Tang, M. (2018). Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Merespon Era Digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(01), 717–740. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3173

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.