Pendidikan Islam dan Teknologi Digital dalam Mendukung Teory Taxonomy Bloom

Penulis

  • Ridwan Ridwan Guru SMAN 2 Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3174

Kata Kunci:

Pendidikan Islam, Teknologi Informasi dan Taxonomi Bloom.

Abstrak

Teknologi digital memainkan peran penting untuk  abad 21 dalam membantu aktivitas manusia dengan jenis dan macam pekerjaannya. Dalam terminologi Islam, kemajuan teknologi ini sebagai ajang bagi semua orang untuk bershodaqoh dan wasilah informasi dan pengetahuan sesuai kadar dan kemampuannya. Dunia teknolgi digital selalu didentikkan dengan dunia internet, yang di dalamnya mengcover berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan oleh manusia. Aplikasi yang berwujud google, facebook, yahoo, e-mail, whatsaap, Instagram, twiter, blog dan lainya yang sangat mudah diakses diberbagai tempat tanpa sekat. Mengimplementasikan Taxonomy Bloom melalui teknologi digital suatu keniscayaan. Ranah belajar kognitif dan psikomotorik  bisa dihubungkan dengan aplikasi internet disesuaikan batasan hirarki pada taxonomy tersebut. Contoh Word, Excell, power point, Chrome, Mozilla firefox, internet explorer, Facebook, twitter, Instagram, goolgle, yahoo, msn dapat diaplikasikan pada ranah belajar kognitif  dengan hirarki mengingat (remembering), memahami (understanding), mengalipkasikan (application), menganalisis (analyzing), Evaluasi (evaluing) dan mencipta (creating) sebagai bentuk perwujudan hasil belajar dengan berbasis pada teknologi digital. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengalinalisis perkembangan teknologi dunia. Mengkomunikasikan kemajuan teknologi digital dalam dunia pendidikan Islam serta cara penerapan dan pemanfaatannya untuk mendukung penerapan teori Taxonomy Bloom dalam pembelajaran.

Referensi

.2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidian dan Kebudayaan.
Madjid, Nurcholis. 2003. Indonesia Kita. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama..
Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarata: Remaja Rosda Karya
Palmer, Joy. A. 2015. Ide-ide Brillian 50 Pakar Pendidikan Kontemporer Paling Berngaruh di Dunia Pendidikan Modern. Jogyakarta: IrCiSod.
Samani Muchlas. 2016. Semua di Handle Google Tugas Guru Apa. Surabaya: University Press.
Samani, Muchlas. 2007. Menggagas Pendidikan Bermakna Integrasi Life Skill-KBKI-CTL-MBS. Surabaya: SIC
Siregar, Suryadi. 2003. Pendidikan Teknologi Informasi Peluang dan Tantangan. Jakarta: Gramedia
Sonhadji. Ahmad. 2012. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: UM Press. Tantangan. Diperoleh dari http://personal. fmipa. itb. ac.id / suryadi/files/2007/12/
Zainudin, zazlina. 2006. Pola Pemanfaatan Internet oleh Mahasiswa Program Magister Ilmu Hukum Program Pasca Sarjana Universitas Sumatra Utara. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informas. Vol. 2, No. 1.
.2018, 4 Maret. Republika.co.id. Berita/kolom/wacana/18/02/18p4ut4h396.
Churches, Andrew. 2009, 5 April. “Bloom’s Digital Taxonomy”. Diperoleh dari http://edorigami.wikispaces.com/file/view/bloom%27s%20Digital%20taxonomy%20 v3.01. pdf/65720266/bloom%27s%20Digital%20taxonomy%20v3.01.pdf
Rahmad. 2018, 5 April. “Taksonomi Bloom: Mengembangkan Strategi Berpikir Berbasis TIK”. Diperoleh dari http://gurupembaharu.com/taksonomi-bloom-mengembangkan-strategi-berpikir-berbasis-tik/

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-29

Cara Mengutip

Ridwan, R. (2018). Pendidikan Islam dan Teknologi Digital dalam Mendukung Teory Taxonomy Bloom. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(01), 834–854. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3174

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.