Digitalisasi Kurikulum Multikultural di STAI Al-Khairat Pamekasan

Penulis

  • Mo' tasim Mo' tasim STIT Al Ibrahimy Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3176

Kata Kunci:

Digitalisasi, kurikulum multikultural, pendidikan tinggi, STAI Al-khairat Pamekasan.

Abstrak

STAI Al-Khairat setidaknya melalui kurikulumnya telah melakukan dan menerapkan nilai Multikultural baik secara natural maupun melalui pembelajaran media digital. Meskipun multikultural terlihat hidden atau tersembunyi tidak secara langsung disebutkan secara terminologis dalan konsep maupun dalam pembelajaran. Tapi secara eksplisit atau naturalistic nilai-nilai multikultural ada dan diajarkan bahkan diterapkan dalam sistem kehidupan mahasiswa sehari-hari. Secara silabi/kurikulum pendidikan nilai multikultural hampir diajarkan setiap semester pada kajian keagamaan, seperti pengantar studi islam, tafsir, hadist, dan akhlak tasawwuf. Nilai-nilai seperti; al-musawah (kesetaraan/persamaan), al-rahmah (kasih sayang), hablunminannas (humanis), al-musawaroh (demokrasi/mendahulukan dialog), al-a’dl (Keadilan), al-tasamuh (toleransi), al-ta’ruf (kebersamaan), al-ta’awun (tolong menolong), as-salam (kedamaian), al-ta’adudiyat (plural), al-‘afwu (inklusif), al-ikhsan (positive thingking), al-amanah (disiplin/jujur) secara natural dan sistemik telah hadir di lingkungan kampus.

Referensi

Aly, Abdullah. Studi Deskriptif Tentang Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam. Jurnal Ilmiah Pesantren, Vol. I. No1. Januari-Juni 2015.
Athiyyah al-Abrosy, Muhammad. At-Tarbiyah Al-Islāmiyah Wa Falasifatihā . Darul Fiqr al-Araby, tanpa tahun.
Haryati,Tri Astutik.Islam Dan Pendidikan Multikultural. Tadrîs. Vol 4. No 2. 2009.
Lash, Scott dan Featherstone, Mike. 2002. Recognition And Difference: Politics, Identity, Multiculture. London: Sage Publication.
Mahfud, Choirul. 2015. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Munif, 2016. Multikulturalisme dalam Pendidikan Madrasah; Nilai, Implikasi dan Model Pengembangan. Surabaya: Imtiyaz.
Rahman, Mufiqur. 2017. Kerukunan dan Survavilitas Masyarakat Multi Etnis dan Agama di Pamekasan. Bapedda, Pamekasan
Rois, Achmad. Pendidikan Islam Multikultural Telaah Pemikiran Muhammad Amin Abdullah. Epistemé, Vol. 8, No. 2, Desember. 2013
Rustanto., Bambang. 2016. Masyarakat Multikultural di Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
SK Mendiknas no. 232/u/2000 Bab 2 PAsal 2 tentang tujuan dana rah Pendidikan.
SK Mendiknas no. 232/u/2000 Bab 2 PAsal 7 tentang kurikulum inti dan kurikulum institusional.
Tholhah Hasan, Muhammad. 2017. Pengertian Dasar tentang Multikulturalisme dan Pendidikan Multicultural. Malang: Pascasarjana 3 Unisma. Bahan kuliah program doctor PAI Multikultural.
Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme; Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta:Grasindo.
Tim, Pedoman penyusunan KKNI Kemenag Diktis Kopertais Wilyah IV Surabaya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-29

Cara Mengutip

Mo’ tasim, M. tasim. (2018). Digitalisasi Kurikulum Multikultural di STAI Al-Khairat Pamekasan. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(01), 760–776. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3176

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.