Educational Leadership Model Towards a Better Education
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3177Kata Kunci:
Pemimpin, Kepemimpinan, Efektif, PendidikanAbstrak
Sekolah membutuhkan seorang pemimpin yang dapat menciptakan pendidikan yang lebih baik untuk pelajar. Pemimpin yang efektif, yang dapat memahami kebutuhan peserta didik dan mampu memberikan solusi, dan juga menghasilkan kualitas pendidikan yang lebih baik. Bahkan, perilaku pemimpin sangat bergantung pada model kepemimpinannya. Dengan demikian, model kepemimpinan akan banyak berpengaruh pada kualitas pendidikan. Fasilitas yang baik dan guru yang berkualitas tidak akan memberikan hasil optimal tanpa pemimpin yang efektif. Secara teoretis, banyak model kepemimpinan perlu didiskusikan ulang sehingga dapat dilihat model kepemimpinan yang tepat untuk kepemimpinan sebuah lembaga pendidikan. Kepemimpinan yang efektif akan diperlukan untuk mengatur sistem sekolah yang dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran yang lebih baik, dan hasilnya adalah peserta didik yang berkualitas. Diskusi ini akan menekankan pada bagaimana masing-masing model kepemimpinan mempengaruhi kualitas pendidikan.Referensi
Berlian, Zainal. 2012, “Penerapan Model Kepemimpinan Transformasional dalam Dunia Pendidikanâ€, Ta’dib, Vol. XVII, No. 02, Edisi Desember.
Bush, T. 2007. Educational Leadership and Management: Theory, Policy, dan Practice. South A frican Journal of Education. Vol. 27, No. 3
Calam, Ahmad dan Qurniati, Amnah 2016. “Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikanâ€, Jurnal Saintikom Vol.15, No. 1, Januari
Caldwell, B. 1992. The Principal as Leader of The Self-managing School in Australia.
Day, C., Armstrong, P. 2016. England: School Leadership Research in England.
Firestone, W A., Riehl, C. 2005. A New Agenda for Research in Educational Leadership. New York: Teachers College Press
Fitri, Rohmah, 2017, “Urgensi Evaluasi Untuk Pendidikanâ€. Fikrotuna, Vol. 5, No. 1. July
Fletcher, J. K., & Kaufer, K. 2003. Shared Leadership: Paradox and Possibility. In C.
Imam Machali, dan Ara Hidayat. 2016. Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/ Madrasah di Indonesia. Jakarta: Kencana.
J. Pearce & C. Conger.Shared Leadership: Refram ing The How and W hays of Leadership. Thousand Oaks: Sage. Journal of Educational Administration, Vol. 30, No. 6.
Leithwood, K. 1994. Leadership for School Restructuring. Educational Administration Quarterly
McLennan A., Thurlow, M. 2003. The Context Of Education Management In South Africa. In: Thurlow, M., Bush, T., & Coleman, M. Leadership And Strategic Management In South African Schools. London: Commonwealth Secretariat.
Miller, T. W., Miller, J. M. 2001. Educational Leadership in The New Millenium: A Vision for 2020. International Journal of Leadership in Education,
Ruchanah, Hj. Siti. 2015 “Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Perspektif Teologisâ€, Cendekia Vol. 13 No. 1
Sebakwane, S. 1997. The Contradiction of Scientific Management as A Mode of Controlling Teachers Work in Black Secondary School: South Africa. International Journal of Educational Development. Switzerland: Springer
Yukl, G. 1998. Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi Ketiga. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prenhallindo.
Bush, T. 2007. Educational Leadership and Management: Theory, Policy, dan Practice. South A frican Journal of Education. Vol. 27, No. 3
Calam, Ahmad dan Qurniati, Amnah 2016. “Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikanâ€, Jurnal Saintikom Vol.15, No. 1, Januari
Caldwell, B. 1992. The Principal as Leader of The Self-managing School in Australia.
Day, C., Armstrong, P. 2016. England: School Leadership Research in England.
Firestone, W A., Riehl, C. 2005. A New Agenda for Research in Educational Leadership. New York: Teachers College Press
Fitri, Rohmah, 2017, “Urgensi Evaluasi Untuk Pendidikanâ€. Fikrotuna, Vol. 5, No. 1. July
Fletcher, J. K., & Kaufer, K. 2003. Shared Leadership: Paradox and Possibility. In C.
Imam Machali, dan Ara Hidayat. 2016. Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/ Madrasah di Indonesia. Jakarta: Kencana.
J. Pearce & C. Conger.Shared Leadership: Refram ing The How and W hays of Leadership. Thousand Oaks: Sage. Journal of Educational Administration, Vol. 30, No. 6.
Leithwood, K. 1994. Leadership for School Restructuring. Educational Administration Quarterly
McLennan A., Thurlow, M. 2003. The Context Of Education Management In South Africa. In: Thurlow, M., Bush, T., & Coleman, M. Leadership And Strategic Management In South African Schools. London: Commonwealth Secretariat.
Miller, T. W., Miller, J. M. 2001. Educational Leadership in The New Millenium: A Vision for 2020. International Journal of Leadership in Education,
Ruchanah, Hj. Siti. 2015 “Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Perspektif Teologisâ€, Cendekia Vol. 13 No. 1
Sebakwane, S. 1997. The Contradiction of Scientific Management as A Mode of Controlling Teachers Work in Black Secondary School: South Africa. International Journal of Educational Development. Switzerland: Springer
Yukl, G. 1998. Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi Ketiga. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prenhallindo.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2018-07-29
Cara Mengutip
Mu’in, A. (2018). Educational Leadership Model Towards a Better Education. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(01), 777–788. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3177
Terbitan
Bagian
Articles