Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital

Penulis

  • Isnanita Noviya Andriyani Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184

Kata Kunci:

Pendidikan, Keluarga, Era Digital.

Abstrak

Perkembangan teknologi semakin konsisten dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak tumbuh seiring dengan teknologi yang berkembang pesat, mulai dari televisi hingga komputer, smartphone, dan perangkat tablet digital dengan berbagai aplikasi. Generasi anak-anak sekarang, yang disebut "Generasi Alpha" sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam teknologi digital. Teknologi adalah bagian dari kehidupan orang tua dan anak-anak, sehingga ada kekhawatiran terhadap dampak negatif pada anak-anak yang sangat muda, khususnya mengenai perkembangan kognitif, motorik, dan sosialisasi. Penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran paling penting dalam menciptakan lingkungan yang sesuai untuk anak-anak. Oleh karena itu, orang tua sangat penting mengeksplorasi untuk dapat mengintegrasikan perangkat teknologi dengan pendidikanyang baik. Artikel ini membahas tentang pendidikan kaitannya dengan konteks yang muncul dari Generasi Alpha, atau generasi yang digerakkan oleh teknologi. Strategi yang bermanfaat bagi orang tua dalam mendorong penggunaan teknologi yang tepat dan aman, yaitu: a) mematuhi nilai-nilai abadi (misalnya rasa hormat, kejujuran, kerja keras) yang diakui sebelum era digital, b) menggunakan teknologi dalam kegiatan partisipatif (misalnya mendongeng), c) menetapkan kontrak teknologi keluarga, d) pemantauan aktif konten digital dan waktu penggunaannya, dan e) menjadi model peran dalam penggunaan teknologi, yang tujuan akhirnya adalah untuk memberi informasi kepada orang tua yang percaya diri dalam menggunakan perangkat teknologi dengan anak-anak, tanpa mengorbankan aktivitas fisik, eksplorasi kehidupan nyata, dan interaksi pribadi

Referensi

Al-Halwani, Aba Firdaus. 2001. Melahirkan Anak Saleh. Yogyakarta: Mitra Pustaka,.
Ameliola, S. & Nugraha, H. D. 2013. Perkembangan media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. In International Conference On Indonesian Studies" Ethnicity And Globalization..
Astuti, Santi Indra, Rita Gani, Cani Cahyani. “Anak. Media, dan Orangtua: Melacak Praktik Bermedia Anak di Tengah Keluarga”. Jurnal Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, Vol. 4, No. 1
Bakti, A. F., & Meidasari, V. E. “Trendsetter Komunikasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam”. Jurnal Komunikasi Islam, Vol. 4, No. 1. 2014.
Daradjat, Zakiah. 1995. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Cet.Kedua. Jakarta: Ruhama.
Darmadi, H. 2009. Dasar Konsep Pendidikan Moral: Landasan Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Davis, Katie. “Young People’s Digital Lives: The Impact Of Interpersonal Relationships And Digital Media Use On Adolescents’ Sense Of Identity” Computers In Human Behavior, Vol. 29, No. 1. (2013)
Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Duta Ilmu.
Djamarah, S. B. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Hopson, D. P dan Hopson, D. S. 2002. Menuju Keluarga Kompak: 8 Prinsip Praktis Menjadi Orang Tua Yang Sukses. Terjemahan: Muhammad Ilyas. Bandung: Kaifa.
Ito, M., Horst, H., Bittanti, M., Boyd, D., Herr-Stephenson, B., Lange, Patricia G., Pascoe, C. J., and Robinson, L. 2008. Living and Learning with New Media: Summary of Findings from the Digital Youth Project, Chicago: The MacArthur Foundation,
Kusuma. 2011. New Media dan Teori Aplikasi. Karanganyar: Lindu Pustaka.
Mahfudz, M. Jalaluddin. 2007. Psikologi Anak dan Remaja. Malang: Pustaka Al-Kautsar.
Marioni, Akbar, dkk. 2011. Karakteristik Media dan Kegiatan Intergrated Marketing Communication (IMC). Jakarta: Universitas Indonesia Esa Unggul.
Mu’in, F. 2011. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Muslim, Romdoni. 2004. Hadits Akhlak, Jakarta: Restu Ilahi.
Naisbit, John, Nana Naisbit, dan Douglas Philips. 2001. High Tech High Touch: Pencarian Makna Ditengah Perkembangan Pesat Teknologi (Terjemahan: Dian R.Basuki). Bandung: Penerbit Mizan,
Rakhmat. 1996. Jalaludin. Psikologi Komunikas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rifa’i, Moh. 2011. Terjemah/ Tafsir Al Qur’an. Semarang: CV. Wicaksana.
Sulaiman. Pendidikan Madrasah di Era Digital. Pasuruan: Jurnal Al-Makrifat. Vol 6. No 5. 2017.
Tapscott, Don. 1997. Grown Up Digital: Yang Muda Yang Mengubah Dunia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-29

Cara Mengutip

Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(01), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.