Arah Baru Pendidikan Islam di Era Digital

Penulis

  • Shulhan Alfinnas Thariqoh Akademik, STITA Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3186

Kata Kunci:

Arah Baru, Pendidikan Islam, Era Digital

Abstrak

Artikel ini dimasudkan untuk membahas tentang formulasi pendidikan Islam di era digital dan out come yang hendak dicapai dari pendidikan Islam tersebut. Dengan munculnya era digital, pelajar pada umumnya sebagai digital native, sejak lahir langsung mengenal teknologi sahingga sangat mudah bagi mereka untuk menggunakannya berbeda dengan orang dewasa yang kebanyakan menempati posisi sebagai digital migrant. Format Pendidikan Islam harus dirancang sesuai dengan gaya hidup peserta didik era milineal. Tulisan ini merupakan sintesa pemikiran dengan pendekatan library research untuk mengeksplorasi pemikiran dan temuan terdahulu untuk merumuskan pemikiran baru sebagai respon terhadap tantangan dan peluang di era teknologi. Dua hal yang perlu dikembangkan dalam pendidikan Islam yaitu digitaliasi materi yang ajarkan dan mendorang generasi muslim mencapai ke-hasanah-an hidup di dunia dan akhirat.

Referensi

Akhter, Mumtaz dkk, “Islamic Educational Approach to Environment Protection: A Strategic Approach for Secure and Peaceful World”, International Journal of Business and Social Science, Vol. 1 No. 3; December.
Akhyak, H., A “Study for Searching New Foundation of Philosophy of Islamic Education to Revitalizing the Teacher Roles and Duties in Globalization Era”, International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 4, No. 5, September
Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Duta Ilmu.
Ja’far, Handoko, “Indonesian Islamic Education: Towards Science Development”, Journal Walisongo. Vol 23, No 2, November 2015.
Jusoh, Wan Noor Hazlina Wan dan Jusoff, Kamaruzaman. “Using multimedia in teaching Islamic studies”. Journal Media and Communication Studies. Vol. 1. No 5. November, 2009
Meskanen,Tuuli Tiitola, A Mobile School in the Digital Era Learning Environment Ecosystem Strategies for Challenging Locations and Extreme Poverty Contexts, Proceedings of the 6th Annual Research Symposium in Finland 2014
Nawi, Aliff dkk, “Engaging Student Through ICT: Strategies And Challenges For Using Website In Teaching And Learning”, International Journal on New Trends in Education and Their Implications July 2014 Vol.5. No 3.
Newhouse, C Paul dkk, “Reflecting on Teaching Practices Using Digital Video in Teacher Education”, Australian Journal of Teacher Education, Vol 32, No. 3, 2010.
Nor, Mohd Roslan Mohd dan Malim, Maksum, “Revisiting Islamic education: the case of Indonesia”, Journal for Multicultural Education, Vol. 8 . No 4.2014.
Shulhan, “Konstruksi Filsafat Pendidikan Islam Profetik-Heuristik”, Jurnal An Nûr, Vol. VII No. 1 Juni 2015.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-29

Cara Mengutip

Alfinnas, S. (2018). Arah Baru Pendidikan Islam di Era Digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(01), 803–817. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3186

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.