Manajemen Pembelajaran dalam Penjaminan Mutu Pendidikan (Studi Multi Situs di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Pamekasan)

Penulis

  • Hadaie Efendy Program Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v8i2.3210

Kata Kunci:

manajemen, pembelajaran, mutu pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran, (2) pengorganisasian pembelajaran, (3) pelaksanaan pembelajaran, (4) monitoring pembelajaran, (5) evaluasi pembelajaran dalam penjaminan mutu pendidikan, (6) mutu pendidikan yang dihasilkan, (7) kendala-kendala pembelajaran dalam penjaminan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan studi multi situs. hasil penelitian ini menemukan (1) perencanaan pembelajaran dilakukann melalui team work, rapat kinerja dan penentuan program prioritas, (2)  Pengorganisasian pembelajaran dalam penjaminan mutu pendidikan dilakukan melalui guru yang serumpun dalam satu mapel, materi, pemilihan isi, penataan urutan isi, mengintegrasikan mutu akademik agar berprestasi pada olimpiade science internasional dengan tidak meninggalkan nilai-nilai karakter siswa dan output yang bermutu, (3) pelaksanaan pembelajaran melibatkan proses mental dan fisik siswa, (4) monitoring pembelajaran dilakukan membandingkan hasil monitoring sebelumnya dengan peraturan pemerintah, (5) evaluasi pembalajaran melibatkan semua unsur dengan adanya reward dan punishment, (6) mutu pendidikan menghasilkan peserta didik berprestasi akademik dan non-akademik, mendapatkan kepercayaan yang besar dari masyarakat, dan lulusannya diterima di perguruan tinggi negeri favorit, (7)  kendala-kendalanya yaitu kebijakan kurikulum yang sering berubah-ubah, buku siswa yang ideal masih terbatas, sistem penilaian yang baru dan beda penafsiran oleh masing-masing guru, budaya meneliti masih terbatas.

Referensi

Mohammed, Ally. & Krauss, Ferdinand, A Study of the Design and Evaluation of a Learning Object and Implications for Content Development. Journal of Knowledge and Learning Objects 1. (2005). http://ijklo.org/Volume1/v1p001-022Krauss.pdf. (diakses 28 Oktober 2016)
Art-in, Sitthipon, (2015). Current Situation and Need in Learning Management for Developing the Analytical Thinking of Teachers in Basic Education of Thailand. Procedia, Vol. 197, No. 1494. http://ac.els.cdn.com/S187704281504094X-main.pdf (diakses 2 Oktober 2016).
Tibor, Baráth. Learning Organization as a Tool For Better and More Effective Schools. Procedia, Vol. 3. No. 1494. http://ac.els.cdn.com/ S2351978915003315-main.pdf (diakses 7 Nopember 2016).
Egwu, Sarah Oben. Principals’ Performance in Supervision of Classroom Instruction in Ebonyi State Secondary Schools. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1079965.pdf. (diakses 2 Oktober 2016).
Flores, dkk. Factor associated with learning managent in mexican micro. Procedia, Vol. 197, No. 1494. http://ac.els.cdn.com/S187704281504094X-main.pdf (diakses 2 Oktober 2016)
Ishida, Toru & Shimbo, Masashi, (2014). Controlling The Learning Process of Real-Time Heuristic Search.http://ac.els.cdn.com/S0004370203000122-main.pdf (diakses 16 Oktober 2016).
Kostromina, Svetlana & Chuvgunova, Olga,. Planning as a Learning Skill of Students. Procedia, Vol. 197, No. 5 (2016)
Laura et.al, Persistent Classroom Management Training Needs of Experienced Teachers. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning 15, No. 5. (2015)
Odabasi, Farhan, Analyzing Teachers’ Perceptions on Learning Organizations in Terms of Different Variables. http://ac.els.cdn.com/S1877042813033521-main.pdf (diakses 2 Oktober 2016).
Sergiovanni, Thomas J. Theory and Practice in Education Policy and Administration:An Hermeneutics Perspective. (University of Illinois, Urbana-Champaign, 1981)
Tshabalala, Thembinkosi (2013). Teachers’ Perceptions Towards Classroom Instructional Supervision: A Case Study of Nkayi District in Zimbabwe.http://ijsse.com/sites/default/files/issues/2013/v4i1/paper/Paper-3.pdf. (diakses 25 Oktober 2016).
Yunos, Jailaini Bin Md & Kotride, Yuda Isa. (2015). The Processes of Supervisions in Secondary Schools Educational System in Nigeria. http://ac.els.cdn.com/ S1877042815047977-main.pdf (diakses 18 Oktober 2016).
Minguel, Zarazua, Nino & Masino, Marina (2016). What Works to Improve the Quality of Student Learning in Developing Countries?http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0738059315300146.pdf. (diakses 27 Oktober 2016).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-12-31

Cara Mengutip

Efendy, H. (2018). Manajemen Pembelajaran dalam Penjaminan Mutu Pendidikan (Studi Multi Situs di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Pamekasan). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(02), 1001–1010. https://doi.org/10.32806/jf.v8i2.3210

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.