Implementasi Pendidikan Karakter Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ikhtiar Makassar

Penulis

  • SAMPARA PALILI STIT SUNAN GIRI BIMA NTB

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v8i2.3252

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter Islami, Era Millenial

Abstrak

Artikel ini mengeksplorasi Implementasi Pendidikan Karakter Islam Era Millenial di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ikhtiar Makassar; Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptik dan mengumpulkan data melalui Pengamatan, Interview dan Dokumentasi langsung di lokus Riset. Hasil riset yang telah dilaksanakan digambarkan bahwa SDIT Ikhtiar dalam membentuk karakter siswanya sesuai dengan karakter Islam dan tujuan pendidikan nasional diera mellenial/mellenium melakukan berbagai upaya dalam rutinitas keseharian di sekolah 4 diantaranya ialah: 1) melalui pembinaan IMTAK (Iman dan Takwa); 2) melalui proses pembelajaran; 3) melalui pelaksanaan upacara bendera dan 4) melalui penegakan tata tertib, tatakrama dan budaya Sekolah. Adapun nilai karakter Islami yang ditercipta dalam 4 kegiatan tersebut diantaranya: 1) Cinta, Patuh, dan taat kepada perintah Allah dan Rasulnya; 2) cinta ilmu pengetahuan, menghormati guru, kerja sama, tekun, percaya diri, disiplin, patuh dan taat pada peraturan yang telah disepakati; 3) cinta tanah air, nasionalisme, patriotisme dan idealisme;  4) karaktersiddiq, fathanah, amanah, tabligh dan Adil serta rendah hati.

Referensi

Al-Qur’an dan Terjemahannya. Departemen Agama RI. Bandung: Diponegoro, 2008.
HR al-Bukhâri, no. 3149 dan Muslim, no. 1057
Barnawi dan M. Arifin. Strategi Dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz, 2013.
Doni, A., Koesoema. Pendidikan Karakter: Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2007.
Elkind, David H. dan Sweet, Freddy. How to Do Character Education. Artikel. 2004.
Gunawan, H. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta, 2012.
Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books, 1991.
Ma’mur, Jamal. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Majid, Abdul.Dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Persepektif lslam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Muhaimin, Akhmad. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Mustari, Mohamad. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan, Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2014.
Pupuh, Fathurrohman. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT Refika Aditama, 2007.
Putra, Yanuar Surya. Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti 9 No. 18. (2016).
Suyitno, Imam..Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter II, no. 1 (2011)
Syifa, Ainis.. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan, 08, No. 01, (2014)
Tim Redaksi, Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Wibowo, Agus, dan Sigit Purnama. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2012.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-12-31

Cara Mengutip

PALILI, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ikhtiar Makassar. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(02), 904–921. https://doi.org/10.32806/jf.v8i2.3252

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.