Kepemimpinan Kiai sebagai Personal Branding Pesantren dalam Perspektif Public Relation (Humas)
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v8i2.3287Kata Kunci:
Kepemimpinan, Kyai, Branding, Public RelationAbstrak
Kepemimpinan Kiai merupakan tokoh yang sangat berpengaruh di dalam pesantren, Kiai sangat berperan dalam mengedepankan kemajuan yang ada di pesantren. Kepemimpinan Kiai di pesantren yakni kepemimpinan individual, yang mana eksistensi Kiai personal dalam pemimpin pesantren, Dalam hal ini penenlitian untuk mengetahui bagaimana Kepemimpinan Kiai sabagai personal branding pesantren dalam perspektif public relation. Penelitian ini bersumber dari pondok pesantren Nadlatul Ulum tempatnya di Sukojember Jilbuk Jember, pondok pesantren Nadlatul Ulum yang di asuh langsung oleh Kiai KH Moh.Tsabit Abd Hadi. Kepemimpinan KH Moh.Tsabit Abd Hadi sebagai personal yang menjadi pusat kemajuan pesantren dan juga kualitas santrinya. Tujuan dari hasil penelitian untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan Kiai sebagai personal branding di pesantren dalam perspektif public relation.Uraian yang di jabarkan dari hasil penelitian diatas adalah bagaimana strategi KH Moh.Tsabit Abd Hadi sebagai personal branding dalam perspektif public relation di pondok pesantren, yaitu, KH Moh.Tsabit Abd Hadi melalui komonikasi internal dan eksternal, yang mana komonikasi internal komonikasi antar Kiai dan santri yang ditunjukkan figur Kiai sebagai pemimpin pondok pesantren sedangkan komonikasi ekternal yaitu komonikasi antar Kiai dan masyarakat.Referensi
Arif Purwanto, Ilyas, and Achmad Muhammad. “Kepemimpinan Kiai Dalam Membentuk Etos Kerja Santri.†Membangun Profesionalisme Keilmuan 5, No. 2 (2015): 229–243.
Baharun, Hasan. Management Of Quality Education In Pesantren: The Study of the Education Quality Improvement Pesantren by Strategy Management Approach. Malang: 2nd INTERNATIONAL CONFERENCES ON EDUCATION AND TRAINING (ICET), UM Malang, 2016. http://icet.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/PROCEEDINGS-2ND-ICET-BOOK-2-.pdf.
———. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah.†At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 6, no. 1 (2017): 1–25.
Hafidh, Zaini. “Peran Kepemimpinan Kiai Dalam Peningkatan Kualitas Pondok Pesantren Di Kabupaten Ciamis.†Administrasi Pendidikan 24, no. 2 (2017)
Harini, Ira Nur. “Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah ( Studi Kasus Di Smp Al Hikmah Surabaya ).†Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 4, April 2014, Hlm. 8-20 4, no. 4 (2014): 8–20.
Keke, Yulianti. “Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Brand Awareness.†Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik 2, no. 1 (2015): 172–86.
Mufa’izah, Iskandar Ritonga. “Strategi Pondok Pesantren Sunan Drajat Dalam Mengimplementasikan B R An D In G Sebagai Pondok Kewirausahaan Dan Implikasinya Terhadap Jiwa Kewirausahaan Santri Mufa’izah1.†El-Qist 7, no. 2 (2017): 1495–1509.
Priandhika, Rendri PratamaWahyu, Muhammad Nafik H.R. “Pencapaian Kemandirian Operasional Melalui Pengelolaan Aset Di Pondok Pesantren Annuqayah.†Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 3, no. 7 (2016): 575–83.
Rusmini. “Gaya Kepemimpinan Kiai Lukman Al-Karim Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam ( Studi Kasus Di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang ).†Studi Keislaman 15, no. 2 (2015): 497–518.
Sherly Margaretha, Widayatmoko, M. Adi Pribadi. “Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu PT . Cubes Consulting Dalam Membangun Brand Association.†Komunikasi 1, no. 5 (2012): 455–62.
Syarif, Zainuddin. “Manajemen Kepemimpinan Kiai Dan Kontribusinya Terhadap Mutu Pendidikan Pesantren.†Fikrotuna: Pendidikan Dan Manajemen Islam 6, no. 2 (2017).
Universitas, Umaimah Wahid dan Anggun Eka Puspita. “Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT . Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations.†Komunikasi 9, no. 1 (2017).
Us, Kasful Anwar. “Kepemimpinan Kiai Pesantren : Studi Terhadap Pondok Pesantren Di Kota Jambi.†Kontekstualita 25, no. 2 (2010).
Utami, Mira Maulani. “Revealing Ideal Figure Of Central Java’s Future Leader.†Unimus, 2013.
Yaqin, Nurul. “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam.†Studi Islam 3, no. 2 (2016)
Baharun, Hasan. Management Of Quality Education In Pesantren: The Study of the Education Quality Improvement Pesantren by Strategy Management Approach. Malang: 2nd INTERNATIONAL CONFERENCES ON EDUCATION AND TRAINING (ICET), UM Malang, 2016. http://icet.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/PROCEEDINGS-2ND-ICET-BOOK-2-.pdf.
———. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah.†At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 6, no. 1 (2017): 1–25.
Hafidh, Zaini. “Peran Kepemimpinan Kiai Dalam Peningkatan Kualitas Pondok Pesantren Di Kabupaten Ciamis.†Administrasi Pendidikan 24, no. 2 (2017)
Harini, Ira Nur. “Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah ( Studi Kasus Di Smp Al Hikmah Surabaya ).†Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 4, April 2014, Hlm. 8-20 4, no. 4 (2014): 8–20.
Keke, Yulianti. “Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Brand Awareness.†Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik 2, no. 1 (2015): 172–86.
Mufa’izah, Iskandar Ritonga. “Strategi Pondok Pesantren Sunan Drajat Dalam Mengimplementasikan B R An D In G Sebagai Pondok Kewirausahaan Dan Implikasinya Terhadap Jiwa Kewirausahaan Santri Mufa’izah1.†El-Qist 7, no. 2 (2017): 1495–1509.
Priandhika, Rendri PratamaWahyu, Muhammad Nafik H.R. “Pencapaian Kemandirian Operasional Melalui Pengelolaan Aset Di Pondok Pesantren Annuqayah.†Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 3, no. 7 (2016): 575–83.
Rusmini. “Gaya Kepemimpinan Kiai Lukman Al-Karim Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam ( Studi Kasus Di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang ).†Studi Keislaman 15, no. 2 (2015): 497–518.
Sherly Margaretha, Widayatmoko, M. Adi Pribadi. “Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu PT . Cubes Consulting Dalam Membangun Brand Association.†Komunikasi 1, no. 5 (2012): 455–62.
Syarif, Zainuddin. “Manajemen Kepemimpinan Kiai Dan Kontribusinya Terhadap Mutu Pendidikan Pesantren.†Fikrotuna: Pendidikan Dan Manajemen Islam 6, no. 2 (2017).
Universitas, Umaimah Wahid dan Anggun Eka Puspita. “Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT . Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations.†Komunikasi 9, no. 1 (2017).
Us, Kasful Anwar. “Kepemimpinan Kiai Pesantren : Studi Terhadap Pondok Pesantren Di Kota Jambi.†Kontekstualita 25, no. 2 (2010).
Utami, Mira Maulani. “Revealing Ideal Figure Of Central Java’s Future Leader.†Unimus, 2013.
Yaqin, Nurul. “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam.†Studi Islam 3, no. 2 (2016)
##submission.downloads##
Diterbitkan
2018-12-31
Cara Mengutip
Hakiki, S. N. (2018). Kepemimpinan Kiai sebagai Personal Branding Pesantren dalam Perspektif Public Relation (Humas). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(02), 891–903. https://doi.org/10.32806/jf.v8i2.3287
Terbitan
Bagian
Articles