Internalisasi Sikap Toleransi Siswa Madrasah di Lingkungan Vihara Avalokitesvara

Penulis

  • Ali Ridho STAI Al-Khairat

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v8i2.3293

Kata Kunci:

Internalisasi, Toleransi, kerukunan

Abstrak

Penelitian tentang Intenalisasi Sikap Toleransi Siswa Madrasah ini dilakukan di Madarsah Diniyah Miftahul Qulub III Dusun Candi Desa Polagan Kec. Galis Kab. Pamekasan dilakukan untuk mengetahui kondisi objektif tentang Madrasah Diniyah Miftahul Qulub III sehingga bisa dijadikan role model konsep pembelajaran di daerah multikultural. Selain itu penelitian untuk mengetahui tentang hal-hal yang dilakukan Madrasah dalam upaya internalisasi sikap toleransi siswa dan untuk Memaparkan dampak dari adanya langkah-langkah internalisasi sikap toleransi siswa yang dilakukan Madrasah Diniyah Miftahul Qulub III. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan instrument primer (utama) yang digunakan adalah instrument wawancara (interview), sedangkan dokumentasi dan observasi hanyalah sebagai pendukung.  Sedangkan jenis penelitian yang akan digunakan adalah studi kasus dengan cara analisis deskriptif yaitu dengan cara mempelajari kasus atau fenomena yang berkaitan dengan internalisasi sikap toleransi siswa madrasah di lingkungan Vihara. Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa Internalisasi sikap toleransi siswa di madrasah diniyah Miftahul Qulub bisa menjadi role model bagi madrasah yang sejenis hal ini karena penanaman sikap toleransi terus digerakkan oleh semua komponen masyarakat terutama stekholder madrasah. Selanjutnya pelaksanaan internalisasi include terhadap materi pelajaran, yaitu mata pelajaran kitab Taisirul Khallaq dan Akhlakul lilbanin, yang mana keduanya Menekankan hubungan muamalah yang orientasinya diwujudkan dalam bentuk amaliyah dalam keseharian siswa, sehingga kerukunan akan terus terjalin. Sedangkan dampak dari internalisasi sikap toleransi siwa sangat terasa di dusun candi, dimana daerah yang multikultur dan multi etnis dan agama ini benar-benar berjalan normal dan rukun. Maka berdasarkan penelitian ini maka locus layak dijadikan rujukan bahkan menjadi icon madrasah toleran di negeri ini.

Referensi

Furchan, Arif, Pengantar Metoda Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional, 1992
Hasan, Muhammad Tholchah. Pendidikan Multikultural Sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme. Cet. III. Malang: Lembaga Penerbitan Unisma, 2016
Hassan. Farooq. Islam: A Religion Of Tolerance Or Terrorism (An Analytical And Critical Study) (Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, February 3, No 10 (2012)
Irwan Masduqi, Deradikalisasi Pendidikan Islam Berbasis Khazanah Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam II, Nomor 1, (Juni 2013/1434)
Jenkins, Richard. Membaca Pikiran Pierre Bourdieu. Penj. Nurhadi. Yogyakarta: Kreasi Wacana. 2010.
J Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kwalitatif Edisi Revisi Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 1998
M. Dawam Rahardjo (Ed.), Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah, Jakarta: P3M, 1985
Syauqi Abu Kholil, Hādzā Huwa al-Islām: Tasāmuh fi-al-Islām, tt
Supriatin, Jokowi minta kelompok mayoritas & minoritas menghargai & menghormati, merdeka.com, 11/November/2016, (diakses, juli, 18 2018).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-12-31

Cara Mengutip

Ridho, A. (2018). Internalisasi Sikap Toleransi Siswa Madrasah di Lingkungan Vihara Avalokitesvara. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(02), 1011–1030. https://doi.org/10.32806/jf.v8i2.3293

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.