Kajian Refleksi Teori Pengembangan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Agama Perspektif Albert Bandura
Kata Kunci:
character education, religious learning, Albert Bandura's theoryAbstrak
Pada era reformasi saat ini, pendidikan karakter telah mengalami kemerosotan yang ditandai dengan meningkatnya kenakalan remaja, korupsi serta penyimpangan-penyimpangan moral yang dilakukan oleh para pelajar dan intelek menunjukkan pendidikan karakter telah terkikis secara bertahap. Di sinilah peran sekolah memegang peranan penting dalam pengembangan karakter melalui pembelajaran agama. Dalam prosesnya pembelaran agama di sekolah sudah seharusnya menggunakan dua pendekatan pembelajaran, yaitu transfer of knowlage dan transfer of value. Disinkronkan dengan teori sosial kognitif Albert Bandura, guru sebagai model (contoh) sedangkan murid sebagai pengamat. Sebagai pengamat, terjadi dua proses dalam belajar yaitu: 1) proses imitation (peniruan), yaitu proses belajar mengubah dirinya sendiri melalui stimulus tertentu, 2) proses modeling, (contoh) yaitu proses mengubah perilakunya sendiri melalui pengamatan terhadap perilaku orang lain.Referensi
Abd Hamid Wahid , Chusnul Muali, Kholifatur Rafikah Qodratillah, ‘Pengembangan Karakter Guru Dalam Menghadapi Demoralisasi Siswa Perspektif Teori Dramaturgi’, Mudarrisuna, 8 (2018), 102–26
Ainiah, Nur, ‘Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam’, Al-Ulum, 13 (2013), 25–38
Ainissyifa, Hilda, ‘Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam’, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8 (2014), 1–26
Anwas, Oos M, ‘Membangun Media Massa Publik Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter’, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17 (2011)
Baharun, Hasan, ‘Pendidikan Anak Dalam Keluarga; Telaah Epistemologis’, Pedagogik, 3 (2016), 96–107
———, ‘Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah’, Jurnal Pendidikan Pedagogik, 1 (2015), 34–46
———, ‘Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE’, Cendekia: Journal of Education and Society, 14 (2016), 231–46 <https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610>
———, ‘Penilaian Berbasis Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah’, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3 (2016), 205–16
Baharun, Hasan, and Mahmudah, ‘Konstruksi Pendidikan Karakter Di Madrasah Berbasis Pesantren’, Jurnal Mudarrisuna, 8 (2018), 153
Bararah, Isnawardatul, ‘Efektifitas Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah’, Jurnal Mudarrisuna, 7 (2017), 131–47
Bire, Arylien Ludji, ‘Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Kependidikan, 44 (2014), 168–74
Bucher, H. U., ‘Ethische Probleme Bei Extrem Unreifen Frühgeborenen’, Gynakologisch-Geburtshilfliche Rundschau, 44 (2004), 25–30 <https://doi.org/10.1159/000074314>
Dharma, Surya, ‘Strategi Pembelajaran Dan Pemilihannya’, 2008, 57 <https://doi.org/Departemen Pendidikan Nasional>
Fahri, Moh, ‘Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Bangsa’, At - Turas, 1 no 1 (2014)
Fathurrahman, ‘Pembelajaran Agama Sekolah Luar Biasa’, El-Hikam: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, VII (2014), 68–92
IECC, ‘Residential Perspective Requirements’, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3 (2015), 73–82 <https://energycode.pnl.gov/EnergyCodeReqs/?state=Iowa>
Judiani, Sri, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum’, Bangun Rekaprima, 3 (2017), 180–289 <https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519>
Laila, Qumruin Nurul, ‘Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura.’, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2 (2015), 21–36 <https://doi.org/10.2345/jm.v2i1.740>
M. Nafiur Rofiq, ‘Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Falasifa, 1 (2010), 1–14
Muali, Chusnul, ‘Konstruksi Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Belajar’, Pedagogik, 3 (2017), 1–12 <https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/119/99>
———, ‘RASIONALITAS KONSEPSI BUDAYA NUSANTARA DALAM MENGGAGAS PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA MULTIKULTURAL’, JUrnal Islam Nusantara, 1 (2017), 105–17
Muhson, Ali, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII (2010), 1–10 <https://doi.org/10.1634/theoncologist.2014-0097>
Nabavi, Razieh Tadayon, ‘Bandura â€TM S Social Learning Theory & Social Cognitive Learning Theory Theories of Developmental Psychology’, 2016
Nawawi, Ahmad, ‘PENTINGNYA PENDIDIKAN NILAI MORAL BAGI GENERASI PENERUS’, Insania, 16 (2011), 119–33
Ratnawati, Etty, ‘Karakteristik Teori-Teori Belajar Dalam Proses Pendidikan (Perkembangan Psikologis Dan Aplikasi)’, Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4 (2016), 1–23
Rodin, Rhoni, ‘BAGI SEORANG GURU AGAMA ( Kajian Terhadap Metode Pendidikan Islam )’
Setiawan, Deny, ‘Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral’, Jurnal Pendidikan Karakter, 3 (2013), 53–63 <https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287>
Tanyid, Maidiantius, ‘Etika Dalam Pendidikan: Kajian Tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan’, Jurnal Jaffray, 12 (2014), 235–50 <https://doi.org/10.25278/jj71.v12i2.13>
Taubah, Mufatihatut, ‘PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF ISLAM Mufatihatut Taubah (Dosen STAIN Kudus Prodi PAI)’, JUrnal Pendidikan Agama Islam, 3 (2016), 109–36
Wahidin, Unang, ‘Implementasi Literasi Media … Implementasi Literasi Media …’, Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 7 (2018), 229–44
Yasin, Fatah, Santoso Sastropoetra, Julie Andrews, ‘Penumbuhan Kedisiplinan Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Madrasah’, El-Hikmah, IX (2013), 129 <http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/elhikmah/article/view/2247>
Yasin, Ahmad Fatah, Dosen Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam, Negeri Maulana, and Malik Ibrahim, ‘PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ( Studi Kasus Di MIN Malang I )’, El-QUDWAH, 1 (2011), 157–81
Ainiah, Nur, ‘Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam’, Al-Ulum, 13 (2013), 25–38
Ainissyifa, Hilda, ‘Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam’, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8 (2014), 1–26
Anwas, Oos M, ‘Membangun Media Massa Publik Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter’, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17 (2011)
Baharun, Hasan, ‘Pendidikan Anak Dalam Keluarga; Telaah Epistemologis’, Pedagogik, 3 (2016), 96–107
———, ‘Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah’, Jurnal Pendidikan Pedagogik, 1 (2015), 34–46
———, ‘Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE’, Cendekia: Journal of Education and Society, 14 (2016), 231–46 <https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610>
———, ‘Penilaian Berbasis Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah’, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3 (2016), 205–16
Baharun, Hasan, and Mahmudah, ‘Konstruksi Pendidikan Karakter Di Madrasah Berbasis Pesantren’, Jurnal Mudarrisuna, 8 (2018), 153
Bararah, Isnawardatul, ‘Efektifitas Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah’, Jurnal Mudarrisuna, 7 (2017), 131–47
Bire, Arylien Ludji, ‘Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Kependidikan, 44 (2014), 168–74
Bucher, H. U., ‘Ethische Probleme Bei Extrem Unreifen Frühgeborenen’, Gynakologisch-Geburtshilfliche Rundschau, 44 (2004), 25–30 <https://doi.org/10.1159/000074314>
Dharma, Surya, ‘Strategi Pembelajaran Dan Pemilihannya’, 2008, 57 <https://doi.org/Departemen Pendidikan Nasional>
Fahri, Moh, ‘Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Bangsa’, At - Turas, 1 no 1 (2014)
Fathurrahman, ‘Pembelajaran Agama Sekolah Luar Biasa’, El-Hikam: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, VII (2014), 68–92
IECC, ‘Residential Perspective Requirements’, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3 (2015), 73–82 <https://energycode.pnl.gov/EnergyCodeReqs/?state=Iowa>
Judiani, Sri, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum’, Bangun Rekaprima, 3 (2017), 180–289 <https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519>
Laila, Qumruin Nurul, ‘Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura.’, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2 (2015), 21–36 <https://doi.org/10.2345/jm.v2i1.740>
M. Nafiur Rofiq, ‘Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Falasifa, 1 (2010), 1–14
Muali, Chusnul, ‘Konstruksi Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Belajar’, Pedagogik, 3 (2017), 1–12 <https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/119/99>
———, ‘RASIONALITAS KONSEPSI BUDAYA NUSANTARA DALAM MENGGAGAS PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA MULTIKULTURAL’, JUrnal Islam Nusantara, 1 (2017), 105–17
Muhson, Ali, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII (2010), 1–10 <https://doi.org/10.1634/theoncologist.2014-0097>
Nabavi, Razieh Tadayon, ‘Bandura â€TM S Social Learning Theory & Social Cognitive Learning Theory Theories of Developmental Psychology’, 2016
Nawawi, Ahmad, ‘PENTINGNYA PENDIDIKAN NILAI MORAL BAGI GENERASI PENERUS’, Insania, 16 (2011), 119–33
Ratnawati, Etty, ‘Karakteristik Teori-Teori Belajar Dalam Proses Pendidikan (Perkembangan Psikologis Dan Aplikasi)’, Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4 (2016), 1–23
Rodin, Rhoni, ‘BAGI SEORANG GURU AGAMA ( Kajian Terhadap Metode Pendidikan Islam )’
Setiawan, Deny, ‘Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral’, Jurnal Pendidikan Karakter, 3 (2013), 53–63 <https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287>
Tanyid, Maidiantius, ‘Etika Dalam Pendidikan: Kajian Tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan’, Jurnal Jaffray, 12 (2014), 235–50 <https://doi.org/10.25278/jj71.v12i2.13>
Taubah, Mufatihatut, ‘PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF ISLAM Mufatihatut Taubah (Dosen STAIN Kudus Prodi PAI)’, JUrnal Pendidikan Agama Islam, 3 (2016), 109–36
Wahidin, Unang, ‘Implementasi Literasi Media … Implementasi Literasi Media …’, Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 7 (2018), 229–44
Yasin, Fatah, Santoso Sastropoetra, Julie Andrews, ‘Penumbuhan Kedisiplinan Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Madrasah’, El-Hikmah, IX (2013), 129 <http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/elhikmah/article/view/2247>
Yasin, Ahmad Fatah, Dosen Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam, Negeri Maulana, and Malik Ibrahim, ‘PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ( Studi Kasus Di MIN Malang I )’, El-QUDWAH, 1 (2011), 157–81
##submission.downloads##
Diterbitkan
2019-08-13
Cara Mengutip
Muali, C., & Rohmatika, P. N. (2019). Kajian Refleksi Teori Pengembangan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Agama Perspektif Albert Bandura. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(01), 1031–1052. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3297
Terbitan
Bagian
Articles