Pekan Ngaji dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA C Mambaul Ulum Bata-Bata

Penulis

  • Ali Ridho STAI Al-Khairat

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3486

Kata Kunci:

Pekan Ngaji,Motivasi, Belajar

Abstrak

Penelitian tentang Pekan Ngaji dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Kelas X MA C Mambaul Ulum Bata-Bata ini dilakukan untuk mengetahui bagai peran pekan ngaji yang menjadi agenda tahunan pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata berkonstribusi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas X MA. C, sebuah kelas yang secara langsung menikmati program ini karena akan menjadi objek pembinaan (ngaji) sebagai peserta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang akan kami pakai adalah Pendekatan Fenomenologis dengan pendekatan diskriptif yang menggambarkan tentang motivasi belajar siswa kelas X MA C. Mambaul Ulum Bata-Bata. Penelitian yang kami lakukan ini digunakan sejumlah metode jaring data, yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumen. Setelah data diperoleh, maka dianalisis dengan metode analisis data deskriptif-analitis. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa motivasi siswa kelas X MA. C sangat meningkat dengan pesat. Berdasarkan analisis peneliti motivasi mereka adalah biogenetis atau motif yang berasal dari kebutuhan-kebutuhan organisme demi kelanjutan hidupnya, motif sosiogenetis dan teologis. Indikasi yang paling nampak dari mereka adalah keikutsertaannya pada ekstra pondok pesantren yaitu badan otonom.

Referensi

Echol, Jhon M. Dkk., 2006, KamusInggris-Indonesia, Jakarta : PT GramediaPustakaUtama p. 368

Davis, Keith dan John W. Newstrom, 1990, Human Behavior at Work :Organizational Behavior, New York : Mc Graw-Hill Book Company.

Furchan, Arif, 1992, PengantarMetodaPenelitianKualitatif, Surabaya: Usaha Nasional

Gerungan, W.A (1996) Psikologi Sosial. Bandung : Eresco

Hadi. 2004. pembelajaranKontektualdanPenerapannyadalam KBK. Malang:UM Press

J Moleong, Lexy, 1998, MetodologiPenelitianKwalitatifEdisiRevisi, Bandung : PT RemajaRosdaKarya

Lefon, Lester A. dan Laura Valvatne, 1982, Mastering Psichology, Boston : Allynand Bacon.

Sardiman, AM. 2001. Interaksi&MotivasiBelajarMengajar. Raja GrafindoPersada. Jakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-08-13

Cara Mengutip

Ridho, A. (2019). Pekan Ngaji dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA C Mambaul Ulum Bata-Bata. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(01), 1179–1193. https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3486

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.