Pekan Ngaji dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA C Mambaul Ulum Bata-Bata
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3486Kata Kunci:
Pekan Ngaji,Motivasi, BelajarAbstrak
Penelitian tentang Pekan Ngaji dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Kelas X MA C Mambaul Ulum Bata-Bata ini dilakukan untuk mengetahui bagai peran pekan ngaji yang menjadi agenda tahunan pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata berkonstribusi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas X MA. C, sebuah kelas yang secara langsung menikmati program ini karena akan menjadi objek pembinaan (ngaji) sebagai peserta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang akan kami pakai adalah Pendekatan Fenomenologis dengan pendekatan diskriptif yang menggambarkan tentang motivasi belajar siswa kelas X MA C. Mambaul Ulum Bata-Bata. Penelitian yang kami lakukan ini digunakan sejumlah metode jaring data, yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumen. Setelah data diperoleh, maka dianalisis dengan metode analisis data deskriptif-analitis. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa motivasi siswa kelas X MA. C sangat meningkat dengan pesat. Berdasarkan analisis peneliti motivasi mereka adalah biogenetis atau motif yang berasal dari kebutuhan-kebutuhan organisme demi kelanjutan hidupnya, motif sosiogenetis dan teologis. Indikasi yang paling nampak dari mereka adalah keikutsertaannya pada ekstra pondok pesantren yaitu badan otonom.Referensi
Echol, Jhon M. Dkk., 2006, KamusInggris-Indonesia, Jakarta : PT GramediaPustakaUtama p. 368
Davis, Keith dan John W. Newstrom, 1990, Human Behavior at Work :Organizational Behavior, New York : Mc Graw-Hill Book Company.
Furchan, Arif, 1992, PengantarMetodaPenelitianKualitatif, Surabaya: Usaha Nasional
Gerungan, W.A (1996) Psikologi Sosial. Bandung : Eresco
Hadi. 2004. pembelajaranKontektualdanPenerapannyadalam KBK. Malang:UM Press
J Moleong, Lexy, 1998, MetodologiPenelitianKwalitatifEdisiRevisi, Bandung : PT RemajaRosdaKarya
Lefon, Lester A. dan Laura Valvatne, 1982, Mastering Psichology, Boston : Allynand Bacon.
Sardiman, AM. 2001. Interaksi&MotivasiBelajarMengajar. Raja GrafindoPersada. Jakarta
Davis, Keith dan John W. Newstrom, 1990, Human Behavior at Work :Organizational Behavior, New York : Mc Graw-Hill Book Company.
Furchan, Arif, 1992, PengantarMetodaPenelitianKualitatif, Surabaya: Usaha Nasional
Gerungan, W.A (1996) Psikologi Sosial. Bandung : Eresco
Hadi. 2004. pembelajaranKontektualdanPenerapannyadalam KBK. Malang:UM Press
J Moleong, Lexy, 1998, MetodologiPenelitianKwalitatifEdisiRevisi, Bandung : PT RemajaRosdaKarya
Lefon, Lester A. dan Laura Valvatne, 1982, Mastering Psichology, Boston : Allynand Bacon.
Sardiman, AM. 2001. Interaksi&MotivasiBelajarMengajar. Raja GrafindoPersada. Jakarta
##submission.downloads##
Diterbitkan
2019-08-13
Cara Mengutip
Ridho, A. (2019). Pekan Ngaji dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA C Mambaul Ulum Bata-Bata. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(01), 1179–1193. https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3486
Terbitan
Bagian
Articles