Dinamika Pendidikan Islam Multikultural Perspektif Tradisi dan Perkembangan Pesantren di Indonesia

Penulis

  • Zainullah Zainullah IAI Al-Khairat
  • Ach Sayyi IAI Al-Khairat

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3489

Kata Kunci:

Dinamika Pendidikan islam multikultural, Tradisi dan perkembangan pesantren

Abstrak

Bangsa Indonesia adalah terdiri dari sejumlah kelompok budaya, etnis, ras, dan agama, sehingga Bangsa Indonesia dapat dikelompokkan atau dikatagorikan sebagai masyarakat beragam (multikultural). Salah satu indikatornya adalah beragamnya, etnis, budya, suku dan Agama dimana Islam sebagai agama mayoritas. tumbuh kembangnya agama Islam di Indonesia ini tidak lepas dari peran kelembagaan pendidikan Islam seperti madrasah dan pesantren. Melalui rtikel ini akan dijelaskan secara singkat tentang; 1) pesantren dan perkembangannya; 2) tradisi pesantren sebagai wajah Islam Indonesia, dan 3) nilai-nilai multikultural pada pesantren. Hal ini penting diketahui sebagai fokus pembahasan dalam artikel ini. Untuk mengungkap dan menjelaskan tiga fokus diatas maka harus ditopang melalui beberapa teori sebagai pisau analisis, yaitu tentang pesantren, tradisi pesantren, dan nilai-nilai multikultural. Adapun metode penulisan artikel ini melalui pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya teoritis-deskriptif berbasis library research. Hasil dari research tersebut bahwa; a) perspektik sejarah pesantren sebagai wajah Islam Indonesia yang ramah, dan toleran mampu bertahan selama berabad-abad dan memberikan warna sampai dewasa ini; b) sebagian dari tradisi pesantren antara lain adalah local wisdom dengan berbentuk system nilai dan interaksi social yang dimiliki merupakan ruang yang sarat makna karena terbentuk oleh kekuatan masyarakat pesantren sendiri dan bersumber dari kekuatan agama; c) nilai multikulturalisme pesantren dapat dilihat melalui kearifan lokal, seperti perkawinan, kekerabatan, keharmonisan keluarga, silaturrahim, membangun persaudaraan (ukhuwah), menjenguk orang sakit, menyantuni anak yatim, gotong royong, solidaritas, saling menghormati, mengedepankan dialog, moderat dan toleran

Referensi

Aly, Abdullah. 2011. Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren, Telaah terhadap Kurikulum Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Analisis Statistik Pendidikan Islam; Analisis dan Interpretasi Data pada Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah (Madin), Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Tahun Pelajaran 2011-2012
Arifin, Samsul. 2015. Studi Islam Kontemporer;Arus Radikalisasi dan Multikulturalisme di Indonesia yang diterbitkan Intrans Plublising Malang.
Asrohah, Pelembagaan Pesantren Asal usul dan Perkembangn Pesantren Di Jawa, Hal-30
Azra, Azyumardi Wasatiyah Islam for Harmony and Peace: the Indonesian Nusantara Islamic Experience, Makalah Seminar internasional yang di selenggarakan Unisma dalam rangka disnatalis UNISMA tanggal 27-28 Maret 2018.
Baidhawi, Zakiyuddin 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Penerbit Erlangga,
Dewantara, Ki Hajar. 1977. Pendidikan, Yogyakarta: Majlis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Dhofier, Zamakhsyari. 2011. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, LP3ES, Jakarta.
Dirjo, Sartono Karto. 1977. Sejarah Nasional, Jakarta : Balai Pustaka.
Hajam, Pemahaman Keagamaan Pesantren Salafi, Jurnal Holistik Volume 15 Nomor 02, 2014.
Hasan, Muhammad Tholhah. Multikulturalisasi Pendidikan Islam di Indonesia: sebuah Keniscayaan. Makalah Seminar internasional yang di selenggarakan Unisma dalam rangka disnatalis UNISMA tanggal 27-28 Maret 2018.
Ma’arif, Syamsul. 2015. Pesantren Inklusif Berbasisi Kearifan Lokal. Yogyakarta.: KAUKABA.
Madjid, 1997. Nurcholish Bilik-bilik Pesantre; Sebuah potret perjalanan, Jakarta: Paramadina.
Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi. 2008. Pendidikan Islam Multikultural antara Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Nizar, Ali. 2010. (eds.), Antologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Idea Press
Sukawi, Zaenal Dinamika Pertumbuhan Pesantren:. Manarul Qur’an.
Survei Alvara Research Center dan Mata Air Foundation di publis surat kabar nasional.tempo. edisi 31 Oktober 2017
The Wahid Intitute, Laporan Tahunan Kemerdekaan Beragama/Berkeyakinan (KBB) di Indonesia, 2016
The Wahid Intitute, Laporan Tahunan Kemerdekaan Beragama/Berkeyakinan (KBB) di Indonesia, 2014.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-08-13

Cara Mengutip

Zainullah, Z., & Sayyi, A. (2019). Dinamika Pendidikan Islam Multikultural Perspektif Tradisi dan Perkembangan Pesantren di Indonesia. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(01), 1137–1159. https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3489

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.