Model Bimbingan Konseling Islam Dalam Membentuk Karakter Sufistik Santri Era Revolusi Industri Generasi Keempat

Penulis

  • Imaniyatul Fithriyah IAI Al-Khairat

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3491

Kata Kunci:

Model bimbingan dan konseling islam, karakter sufistik, era revolusi industri

Abstrak

Era revolusi industri 4.0 atau era generasi keempat memberikan dampak terhadap dunia pendidikan termasuk di pesantren baik positif maupun negatif, hal ini terlihat dengan mudahnya informasi diperoleh dan diakses individu tanpa mengetahui asal usul informasi tersebut yang nantinya bisa menimbulkan fitnah dan kepanikan kepada orang lain. Mudahnya mengakses informasi tanpa mengetahui kebenarannya akan memunculkan berita palsu (hoax) yang mana perlu diantisipasi agar tidak menimbulkan perselisihan antar masyarakat baik di dunia maya maupun dunia nyata. Hal ini bukan hanya sekadar bagaimana mengurangi akses informasi tetapi hal yang lebih esensial yakni menyadarkan individu akan pentingnya pemberian bimbingan dengan pendekatan sufistik. Dunia pendidikan dipesantren sebagai lini terdepan dalam peningkatan karakter sufistik santri sehingga mampu beradaptasi dan menyesuaikan dengan potensi pada abad 21 ini. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk merekonstruksi model bimbingan konseling Islam dalam membentuk karakter sufistik santri di era revolusi industri 4.0. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian teoritis-deskriptif berbasis library research. Adapun hasil penelitian ini yakni model bimbingan konseling Islam dapat membentuk karakter sufistik santri dengan memberikan bantuan kepada konseli atau santri agar dapat mengembangkan segala fithrah-nya untuk menghadapi masalahnya sesuai dengan tuntunan ajaran Islam, dalam artian konseli atau santri mampu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT, yaitu; a) selaras dengan kodratnya yang ditentukan Allah, selaras dengan sunnatullah, selaras dengan hakikatnya sebagai makhluk Allah; b) selaras dengan pedoman yang telah ditentukan oleh Allah melalui Rasul-Nya; c) menyadari eksistensinya sebagai makhluk Allah yang diciptakan untuk menyembah atau mengabdi  kepada Allah dalam arti seluas-luasnya

Referensi

Adz-Dzaki. Hamdani Bakran. 2006. Konseling dan Psikoterapi Islam, Yogyakarta: fajar pustaka baru

Al-Ghazali. 1988. Ihya Ulumudin:Islah Abdussalam Arrifai (ed). Kairo: Markaz al Ahrom litarjamah wan wan Nasr

Al-Maraghi dan Ahmad Mushthafa. 1993. Tafsir al-Maraghi, terjemahan K. Anshori Umar Sitanggal. Semarang: Karya Thoha Putra Semarang

Amin, Samsul Munir, 2010. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah

Arifin. 1979. Pokok-pokok Pikiran tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta: Bulan Bintang

Bakri, Masykuri dan Werdiningsih, Dyah. 2017. Menumbuhkan Nilai Karakter berbasis Pesantren. Jakarta: Nirmana Media

Hallen. 2005. Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Quantum Teaching

Hoffman, A. Edward, 1959. An Analysis of Counselor Subroles. Journal of Counseling Psychology

Jones, Arthur. 1977. Principles of Guidance, New Delhi: Tata Mcgraw-Hill Publishing Company

Jumantoro. Totok dan Samsul Munir Amin, 2005. Kamus Ilmu Tasawuf, Wonosobo: AMZAH

Lubis, Saiful Akhyar. 2007. Konseling Islami: Kyai & Pesantren. Yogyakarta: eLSAQ Press

Mortensen D.G & Schmuller, A.M. 1964. Guidance in today’s Schools. Ner Yok: John Willey & Sons.Inc

Mubarak. Ahmad, 2000. Al-Irsyad Al-Nafsy, Konseling Agama Teori dan Kasus, Jakarta: Bina Rena Pariwaran

Mulyasa, E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Musfir, Said Az-Zahrani. 2005. Konseling Terapi. Jakarta: Gema Insani

Musfiroh, Tadkirotun. 2008. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah pertama. Jakarta: Direktorat PSMP

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia 3ed. Jakarta: Balai Pustaka

Rakhmat. Jalaluddin. 2004. Dakwah Sufistik Kang Jalal. Jakarta: Dian Rakyat

Sauqi, Achmad. 2010. Meraih Kedamaian Hidup Kisah Spiritualitas Orang Modern. Yogyakarta: Sukses Offset

Sayyi, Ach. 2017, Wasiat Pendidikan Sufistik dalam Naskah Tambih Mursyid Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah Suryalaya (Telaah Pemikiran Guru Mursyid TQN Suryalaya), Jurnal Fikrotuna, Vol. 05, No. 01 Juli

Siroj, Said Aqil. 2006. Tasawuf sebagai Kritik Sosial. Bandung: PT Mizan Pustaka

Shertzer, B. Stone, S.C. 1981. Fundamentals of guidance 4ed. Boston: Houghton Mifflin Company

Syarbini, A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga, Yogyakarta: Arruzz Media

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-08-13

Cara Mengutip

Fithriyah, I. (2019). Model Bimbingan Konseling Islam Dalam Membentuk Karakter Sufistik Santri Era Revolusi Industri Generasi Keempat. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(01), 1194–1215. https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3491

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.