Model Bimbingan Konseling Islam Dalam Membentuk Karakter Sufistik Santri Era Revolusi Industri Generasi Keempat
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3491Kata Kunci:
Model bimbingan dan konseling islam, karakter sufistik, era revolusi industriAbstrak
Era revolusi industri 4.0 atau era generasi keempat memberikan dampak terhadap dunia pendidikan termasuk di pesantren baik positif maupun negatif, hal ini terlihat dengan mudahnya informasi diperoleh dan diakses individu tanpa mengetahui asal usul informasi tersebut yang nantinya bisa menimbulkan fitnah dan kepanikan kepada orang lain. Mudahnya mengakses informasi tanpa mengetahui kebenarannya akan memunculkan berita palsu (hoax) yang mana perlu diantisipasi agar tidak menimbulkan perselisihan antar masyarakat baik di dunia maya maupun dunia nyata. Hal ini bukan hanya sekadar bagaimana mengurangi akses informasi tetapi hal yang lebih esensial yakni menyadarkan individu akan pentingnya pemberian bimbingan dengan pendekatan sufistik. Dunia pendidikan dipesantren sebagai lini terdepan dalam peningkatan karakter sufistik santri sehingga mampu beradaptasi dan menyesuaikan dengan potensi pada abad 21 ini. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk merekonstruksi model bimbingan konseling Islam dalam membentuk karakter sufistik santri di era revolusi industri 4.0. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian teoritis-deskriptif berbasis library research. Adapun hasil penelitian ini yakni model bimbingan konseling Islam dapat membentuk karakter sufistik santri dengan memberikan bantuan kepada konseli atau santri agar dapat mengembangkan segala fithrah-nya untuk menghadapi masalahnya sesuai dengan tuntunan ajaran Islam, dalam artian konseli atau santri mampu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT, yaitu; a) selaras dengan kodratnya yang ditentukan Allah, selaras dengan sunnatullah, selaras dengan hakikatnya sebagai makhluk Allah; b) selaras dengan pedoman yang telah ditentukan oleh Allah melalui Rasul-Nya; c) menyadari eksistensinya sebagai makhluk Allah yang diciptakan untuk menyembah atau mengabdi kepada Allah dalam arti seluas-luasnyaReferensi
Adz-Dzaki. Hamdani Bakran. 2006. Konseling dan Psikoterapi Islam, Yogyakarta: fajar pustaka baru
Al-Ghazali. 1988. Ihya Ulumudin:Islah Abdussalam Arrifai (ed). Kairo: Markaz al Ahrom litarjamah wan wan Nasr
Al-Maraghi dan Ahmad Mushthafa. 1993. Tafsir al-Maraghi, terjemahan K. Anshori Umar Sitanggal. Semarang: Karya Thoha Putra Semarang
Amin, Samsul Munir, 2010. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah
Arifin. 1979. Pokok-pokok Pikiran tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta: Bulan Bintang
Bakri, Masykuri dan Werdiningsih, Dyah. 2017. Menumbuhkan Nilai Karakter berbasis Pesantren. Jakarta: Nirmana Media
Hallen. 2005. Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Quantum Teaching
Hoffman, A. Edward, 1959. An Analysis of Counselor Subroles. Journal of Counseling Psychology
Jones, Arthur. 1977. Principles of Guidance, New Delhi: Tata Mcgraw-Hill Publishing Company
Jumantoro. Totok dan Samsul Munir Amin, 2005. Kamus Ilmu Tasawuf, Wonosobo: AMZAH
Lubis, Saiful Akhyar. 2007. Konseling Islami: Kyai & Pesantren. Yogyakarta: eLSAQ Press
Mortensen D.G & Schmuller, A.M. 1964. Guidance in today’s Schools. Ner Yok: John Willey & Sons.Inc
Mubarak. Ahmad, 2000. Al-Irsyad Al-Nafsy, Konseling Agama Teori dan Kasus, Jakarta: Bina Rena Pariwaran
Mulyasa, E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Musfir, Said Az-Zahrani. 2005. Konseling Terapi. Jakarta: Gema Insani
Musfiroh, Tadkirotun. 2008. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah pertama. Jakarta: Direktorat PSMP
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia 3ed. Jakarta: Balai Pustaka
Rakhmat. Jalaluddin. 2004. Dakwah Sufistik Kang Jalal. Jakarta: Dian Rakyat
Sauqi, Achmad. 2010. Meraih Kedamaian Hidup Kisah Spiritualitas Orang Modern. Yogyakarta: Sukses Offset
Sayyi, Ach. 2017, Wasiat Pendidikan Sufistik dalam Naskah Tambih Mursyid Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah Suryalaya (Telaah Pemikiran Guru Mursyid TQN Suryalaya), Jurnal Fikrotuna, Vol. 05, No. 01 Juli
Siroj, Said Aqil. 2006. Tasawuf sebagai Kritik Sosial. Bandung: PT Mizan Pustaka
Shertzer, B. Stone, S.C. 1981. Fundamentals of guidance 4ed. Boston: Houghton Mifflin Company
Syarbini, A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga, Yogyakarta: Arruzz Media
Al-Ghazali. 1988. Ihya Ulumudin:Islah Abdussalam Arrifai (ed). Kairo: Markaz al Ahrom litarjamah wan wan Nasr
Al-Maraghi dan Ahmad Mushthafa. 1993. Tafsir al-Maraghi, terjemahan K. Anshori Umar Sitanggal. Semarang: Karya Thoha Putra Semarang
Amin, Samsul Munir, 2010. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah
Arifin. 1979. Pokok-pokok Pikiran tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta: Bulan Bintang
Bakri, Masykuri dan Werdiningsih, Dyah. 2017. Menumbuhkan Nilai Karakter berbasis Pesantren. Jakarta: Nirmana Media
Hallen. 2005. Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Quantum Teaching
Hoffman, A. Edward, 1959. An Analysis of Counselor Subroles. Journal of Counseling Psychology
Jones, Arthur. 1977. Principles of Guidance, New Delhi: Tata Mcgraw-Hill Publishing Company
Jumantoro. Totok dan Samsul Munir Amin, 2005. Kamus Ilmu Tasawuf, Wonosobo: AMZAH
Lubis, Saiful Akhyar. 2007. Konseling Islami: Kyai & Pesantren. Yogyakarta: eLSAQ Press
Mortensen D.G & Schmuller, A.M. 1964. Guidance in today’s Schools. Ner Yok: John Willey & Sons.Inc
Mubarak. Ahmad, 2000. Al-Irsyad Al-Nafsy, Konseling Agama Teori dan Kasus, Jakarta: Bina Rena Pariwaran
Mulyasa, E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Musfir, Said Az-Zahrani. 2005. Konseling Terapi. Jakarta: Gema Insani
Musfiroh, Tadkirotun. 2008. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah pertama. Jakarta: Direktorat PSMP
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia 3ed. Jakarta: Balai Pustaka
Rakhmat. Jalaluddin. 2004. Dakwah Sufistik Kang Jalal. Jakarta: Dian Rakyat
Sauqi, Achmad. 2010. Meraih Kedamaian Hidup Kisah Spiritualitas Orang Modern. Yogyakarta: Sukses Offset
Sayyi, Ach. 2017, Wasiat Pendidikan Sufistik dalam Naskah Tambih Mursyid Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah Suryalaya (Telaah Pemikiran Guru Mursyid TQN Suryalaya), Jurnal Fikrotuna, Vol. 05, No. 01 Juli
Siroj, Said Aqil. 2006. Tasawuf sebagai Kritik Sosial. Bandung: PT Mizan Pustaka
Shertzer, B. Stone, S.C. 1981. Fundamentals of guidance 4ed. Boston: Houghton Mifflin Company
Syarbini, A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga, Yogyakarta: Arruzz Media
##submission.downloads##
Diterbitkan
2019-08-13
Cara Mengutip
Fithriyah, I. (2019). Model Bimbingan Konseling Islam Dalam Membentuk Karakter Sufistik Santri Era Revolusi Industri Generasi Keempat. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(01), 1194–1215. https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3491
Terbitan
Bagian
Articles