Reaktualisasi Materi PAI dalam Analisa Sosio-Psikologis
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3492Kata Kunci:
reaktualisasi, materi, PAI, Sosio-psikologisAbstrak
Pendidikan agama islam selalu mendapat sorotan dalam sistem kependidikan di Indonesia, mengingat posisinya yang strategis dalam menumbuhkan kematangan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik. Fakta di lapangan dimana muatan materi ini diuji, menunjukkan kenyataan berbeda yang memastikan bahwa peranannya sangat minim bahkan nyaris tidak ada sama sekali. Kondisi ini menjadikan materi ini mendapat perhatian lebih terutama dengan mengupayakan kajian sosiologis dan antropologis di dalamnya. Dengan menggunakan pendekatan fugsionalisme strukural dan humanism, kita mendapatkan suatu simpul pemahaman bahwa Pendidikan agama islamharus disentuh dengan cara pandang sosiologi baik melalui konten materi, guru, kepala sekolah dan lingkungan sekolah yang semuanya diorientasikan untuk seluas-luasnya kepentingan manusia.Referensi
Bahri, Samsul. 2016. Perspektif Teori Strukural Fungsionalime Tentang Ketahanan Sistem Pendidikan Pesantren. Miqot. Vol.40, No.1
Beilharz, Peter. 2016. Teori-Teori Social; Observasi Kritis Terhadap Para Filosof Terkemuka. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Elihami.2018. Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Jurnal Edumaspul, 2 (1), Februari
Hadi, Imam Anas. 2017. Peran Penting Psikologi Dalam Pendidikan Islam. Nadwa Jurnal Pendidikan IslamVol. 11, Nomor 2
Haryu.2007. Pendidikan Agama Islam Berbasis Transpersonal (Suatu Pendekatan Psikologi Transpersonal).Tadrîs.Volume 2. Nomor 1
Huda, Miftahul. 2015. Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 10, No. 1, Februari
Mahmudin, Afif Syaiful. 2018. Pendidikan Islam Dan Kesadaran Pluralisme. Ta‘limuna, Vol. 7, No. 1, Maret 2018-ISSN 2085-2975
Marzali, Amri. 2014. Strukural fungsionalisme.Antropologi. No 52
Mo’tasim. 2017. Dimensi Sosiokultural Pendidikan Agama Islam;Analisis Konsep. Al-Ibrah|Vol. 2 No. 1 Juni
Muhammadin. 2017. Islam dan Humanisme. Jurnal Sudi Islam. Vol.1 No.2 Desember
Nasron, H.M.2015. Pola Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Nuansa Vol. VIII, No. 2, Desember
Noor, Wahyudin. 2014. Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Qathrunâ Vol. 1 No.1 Periode Januari-Juni
Nurmadiah.2014. Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Afkar Vol. III, No. II, Oktober
Nurmiyanti,Leni. 2018. Pendidikan Agama Islam Sebagai Pondasi Sosial Budaya Dalam Kemajemukan.Istighna, Vol. 1, No 2, Juli 2018 P-ISSN 1979-2824
Saekan,Mukhamad. 2017. Ideologi Kemanusiaan Dalam Pendidikan Agama Islam.Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 12, No. 1, Februari
Tafsir,Ahmad. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja RosdaKara.
Ulwiyah,Nur. 2015. Landasan Psikologi Dan Aktualisasinya Dalam Pendidikan Islam. Religi: Jurnal Studi Islam. Volume 6, Nomor 1, April 2015; ISSN: 1978-306X; 76-99
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003.Sisem Pendidikan Nasional. Tanggal 8 Juli 2003
Beilharz, Peter. 2016. Teori-Teori Social; Observasi Kritis Terhadap Para Filosof Terkemuka. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Elihami.2018. Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Jurnal Edumaspul, 2 (1), Februari
Hadi, Imam Anas. 2017. Peran Penting Psikologi Dalam Pendidikan Islam. Nadwa Jurnal Pendidikan IslamVol. 11, Nomor 2
Haryu.2007. Pendidikan Agama Islam Berbasis Transpersonal (Suatu Pendekatan Psikologi Transpersonal).Tadrîs.Volume 2. Nomor 1
Huda, Miftahul. 2015. Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 10, No. 1, Februari
Mahmudin, Afif Syaiful. 2018. Pendidikan Islam Dan Kesadaran Pluralisme. Ta‘limuna, Vol. 7, No. 1, Maret 2018-ISSN 2085-2975
Marzali, Amri. 2014. Strukural fungsionalisme.Antropologi. No 52
Mo’tasim. 2017. Dimensi Sosiokultural Pendidikan Agama Islam;Analisis Konsep. Al-Ibrah|Vol. 2 No. 1 Juni
Muhammadin. 2017. Islam dan Humanisme. Jurnal Sudi Islam. Vol.1 No.2 Desember
Nasron, H.M.2015. Pola Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Nuansa Vol. VIII, No. 2, Desember
Noor, Wahyudin. 2014. Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Qathrunâ Vol. 1 No.1 Periode Januari-Juni
Nurmadiah.2014. Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Afkar Vol. III, No. II, Oktober
Nurmiyanti,Leni. 2018. Pendidikan Agama Islam Sebagai Pondasi Sosial Budaya Dalam Kemajemukan.Istighna, Vol. 1, No 2, Juli 2018 P-ISSN 1979-2824
Saekan,Mukhamad. 2017. Ideologi Kemanusiaan Dalam Pendidikan Agama Islam.Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 12, No. 1, Februari
Tafsir,Ahmad. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja RosdaKara.
Ulwiyah,Nur. 2015. Landasan Psikologi Dan Aktualisasinya Dalam Pendidikan Islam. Religi: Jurnal Studi Islam. Volume 6, Nomor 1, April 2015; ISSN: 1978-306X; 76-99
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003.Sisem Pendidikan Nasional. Tanggal 8 Juli 2003
##submission.downloads##
Diterbitkan
2019-08-13
Cara Mengutip
Maimun, M. (2019). Reaktualisasi Materi PAI dalam Analisa Sosio-Psikologis. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(01), 1053–1064. https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3492
Terbitan
Bagian
Articles