Reaktualisasi Materi PAI dalam Analisa Sosio-Psikologis

Penulis

  • Maimun Maimun Institut Agama Islam Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3492

Kata Kunci:

reaktualisasi, materi, PAI, Sosio-psikologis

Abstrak

Pendidikan agama islam selalu mendapat sorotan dalam sistem kependidikan di Indonesia, mengingat posisinya yang strategis dalam menumbuhkan kematangan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik. Fakta di lapangan dimana muatan materi ini diuji, menunjukkan kenyataan berbeda yang memastikan bahwa peranannya sangat minim bahkan nyaris tidak ada sama sekali. Kondisi ini menjadikan materi ini mendapat perhatian lebih terutama dengan mengupayakan kajian sosiologis dan antropologis di dalamnya. Dengan menggunakan pendekatan fugsionalisme strukural dan humanism, kita mendapatkan suatu simpul pemahaman bahwa Pendidikan agama islamharus disentuh dengan cara pandang sosiologi baik melalui konten materi, guru, kepala sekolah dan lingkungan sekolah yang semuanya diorientasikan untuk seluas-luasnya kepentingan manusia.  

Referensi

Bahri, Samsul. 2016. Perspektif Teori Strukural Fungsionalime Tentang Ketahanan Sistem Pendidikan Pesantren. Miqot. Vol.40, No.1

Beilharz, Peter. 2016. Teori-Teori Social; Observasi Kritis Terhadap Para Filosof Terkemuka. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Elihami.2018. Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Jurnal Edumaspul, 2 (1), Februari

Hadi, Imam Anas. 2017. Peran Penting Psikologi Dalam Pendidikan Islam. Nadwa Jurnal Pendidikan IslamVol. 11, Nomor 2

Haryu.2007. Pendidikan Agama Islam Berbasis Transpersonal (Suatu Pendekatan Psikologi Transpersonal).Tadrîs.Volume 2. Nomor 1

Huda, Miftahul. 2015. Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 10, No. 1, Februari

Mahmudin, Afif Syaiful. 2018. Pendidikan Islam Dan Kesadaran Pluralisme. Ta‘limuna, Vol. 7, No. 1, Maret 2018-ISSN 2085-2975

Marzali, Amri. 2014. Strukural fungsionalisme.Antropologi. No 52

Mo’tasim. 2017. Dimensi Sosiokultural Pendidikan Agama Islam;Analisis Konsep. Al-Ibrah|Vol. 2 No. 1 Juni

Muhammadin. 2017. Islam dan Humanisme. Jurnal Sudi Islam. Vol.1 No.2 Desember

Nasron, H.M.2015. Pola Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Nuansa Vol. VIII, No. 2, Desember

Noor, Wahyudin. 2014. Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Qathrunâ Vol. 1 No.1 Periode Januari-Juni

Nurmadiah.2014. Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Afkar Vol. III, No. II, Oktober

Nurmiyanti,Leni. 2018. Pendidikan Agama Islam Sebagai Pondasi Sosial Budaya Dalam Kemajemukan.Istighna, Vol. 1, No 2, Juli 2018 P-ISSN 1979-2824

Saekan,Mukhamad. 2017. Ideologi Kemanusiaan Dalam Pendidikan Agama Islam.Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 12, No. 1, Februari

Tafsir,Ahmad. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja RosdaKara.

Ulwiyah,Nur. 2015. Landasan Psikologi Dan Aktualisasinya Dalam Pendidikan Islam. Religi: Jurnal Studi Islam. Volume 6, Nomor 1, April 2015; ISSN: 1978-306X; 76-99

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003.Sisem Pendidikan Nasional. Tanggal 8 Juli 2003

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-08-13

Cara Mengutip

Maimun, M. (2019). Reaktualisasi Materi PAI dalam Analisa Sosio-Psikologis. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(01), 1053–1064. https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3492

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.