Social Response atas Pelayanan Berbasis Customer Satisfaction Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya

Penulis

  • Nur Syam Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v10i02.3709

Kata Kunci:

pelayanan administrasi, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan

Abstrak

Abstrak Kajian ini merupakan upaya untuk menjelaskan mengenai Respon sosial atas pelayanan berbasis customer satisfaction pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Penelitian dilakukan terhadapm134 responden dari mahasiswa FEBI UIN Sunan Ampel. Kajian ini berupaya untuk menjelaskan tentang kualitas pelayanan administrasi dalam respon para mahasiswa yang memiliki pengalaman tentang pelayanan administrasi dari para tenaga kependidikan. Di antara yang dikaji adalah semangat dalam memberikan pelayanan, ketepatan waktu pelayanan, kecepatan dalam memberikan pelayanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan. Berdasarkan uji t diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pelayanan yang memuaskan dan tidak memuaskan. Pelayanan yang memuaskan ternyata lebih besar dibandingkan dengan pelayanan yang tidak memuaskan. Jadi secara umum bisa dinyatakan bahwa pelayanan administrasi pada FEBI UIN Sunan Ampel ternyata memuaskan.  

Referensi

Adi Kuswanto, “Service Quality Influence on Customer Satisfaction Level” dalam Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vol 14, No 2 (2009).

Andhika Tanjung dan Brilyanes Sanawitri, “Pengaruh Customer Satisfaction terhadap Customer Retention (Survai Pelanggan J.Co Donut & Coffee Malang), dalam Jurnal Administrasi Bisnis, vo. 53, no. 1 (2017).

Daniel Pereira, Ni Gusti Ketut Giantari, I Putu Gede Sukaatmaja, “Pengaruh Service Quality terhadap Satisfaction dan Customer Loyalty Koperasi Dadiran di Dili Timor Leste”, dalam E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana5.3 (2016).

Hasan Alwi dkk., Kamus Besar Bahasa Indonesia: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Ketiga, Jakarta: balai Pustaka, 2005.
Luki Rakasiwi, Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik dam Ketersediaan Sarana Akadmik Biro Adminitrasi Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta” dalam eprint.ums.ac.id diunduh 19 Januari 2020
Lukman Hakim Saifuddin, “Kata Pengantar” dalam Nur Syam, Friendly Leadership Kepemimpinan sebagai Roh Manajemen.Yogyakarta; LKIS, 2018

Muchlisin Riadi, “Pengertian, Faktor dan Pengukuran Kepuasan Pelanggan” dalam Kajian Pustaka.com diunduh 18 Januari 2020.

Miftahuddin, Model-Model Integrasi Ilmu: Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Studi Multi Situs pada UIN Jakarta, UIN Yogyakarta, dan UIN Malang, Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2019.


Nancy W. Gleason, eds., Higher Education in The Era of The Fourth Industrial Revolution, Singapore: Palgrave Macmillan, 2018.

Nur Syam, Dari Bilik Birokrasi: Esai Agama, Pendidikan dan Birokrasi, Jakarta: Senama Sejahtera Utama, 2017.

Nur Syam, Friendly Leadership, Kepemimpinan Sebagai Ruh Manajemen, Jogyakarta: LkiS, 2018.

Nur Syam, Integrated Twin Towers; Arah Baru Pengembangan Islamic Studies Multidsipliner, Surabaya: Sunan Ampel Press, 2010.

Pelayanan Adminsitrasi dalam ipem.fisip.unpad.ac.id diunduh 16 Januari 2020.

Pengertian Sosial, Macam dan Unsur Menurut Para Ahli, dalam MateriBelajar.co.id diunduh 16 Januari 2020.

repository.uin.suska.ac.id diunduh 16 Januari 2020.

Rokhmat Subagyo dan A. Aqim Adlan, “Pengaruh Service Quality, Marketing Mix dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Customer Loyalty”, dalam www.researchgate.net diunduh 15 Januari 2020
Roy Prabowo. NIM: B77210111. 2014. Kepuasan Pelayanan Akademik dan Sarana Prasarana Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel. Skripsi. Fakultas Psikologi Dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya.
Siti Husna Ainu Syukri, Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Analisis Gap Pada Kualitas Pelayanan Trans-Jogya” dalam Jurnal Ilmiah Teknik Industri (JITI), Vol. 13, No. 2, Des. 2014, hlm. 103-111.

Taman Abdullah, dkk., “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, dalam Jurnal Nominal Voilume 2, No 1, tahun 2013, hlm. 99-111.

Tom Nichole, The Death of Expertise, The Campaign Against Established Knowlegde and Why it Matter, USA: Oxford University Press, 2017, hlm. 70-104

Yehezkiel Danantyo dan Hartono Subagio, “Pengaruh Service Quality terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty pada PT Citra Mitra Anugerah”, https://media.neliti.com:publication, diunduh 12 Januari 2020

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-30

Cara Mengutip

Syam, N. (2019). Social Response atas Pelayanan Berbasis Customer Satisfaction Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(02), 1216–1231. https://doi.org/10.32806/jf.v10i02.3709

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.