Implementasi Hasil Belajar PAI Dalam Lingkungan Keluarga di Desa Kertagena Tengah Kecamatan Kadur Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v10i02.3761Kata Kunci:
Hasil belajar, pendidikan agama Islam, lingkungan keluarga.Abstrak
Persoalan implementasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam dalam lingkungan keluaraga merupakan suatu hal yang tidak asing lagi, bahkan hampir setiap hari kita dapat menemukannya. Persoalan ini merupakan persoalan yang rumit, sehingga perlu untuk mencari kendala apa saja yang dihadapinya. Apabila kendalanya sudah diketahui maka harus dicarikan solusinya. Agar persoalan ini tidak menjadi persoalan yang berkepanjangan dan akan mengakibatkan timbulnya persoalan yang lainnya. Aktualisasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Desa Kertagena Tengah Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan pada lingkungan keluarga tidak sesuai dengan harapan orang tua. Hal ini disebabkan oleh faktor dari diri anak dan faktor lingkungannya. Seperti dapat dilihat dari semakin menurunnya moral dan akhlak siswa/anak, kurangnya rasa hormat anak kepada orang tua di rumah, serta memudarnya sikap empati dan rasa sempatik atas penderitaan orang lain. Untuk itu peneliti mencari faktor-faktor penyebab permasalahan tersebut. Malas dan kurangnya rasa percaya diri, kurangnya perhatian dan komunikasi antara anak dan orang tua, kurangnya memotivasi anak terhadap belajarnya serta tidak didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap adalah gambaran ketidak berhasilan implementasi hasil belajar pendidikan agama Islam dalam lingkungan keluarga. Memberikan motivasi pada anak, memberikan latihan-latihan atau bimbingan baik dengan cara memahami secara lisan atau tindakan (praktek), memberikan fasilitas yang lengkap, serta menjaga hubungan/komunikasi yang baik dengan anak. memberikan pujian/hadiah bagi anak yang berprestasi, pemberian contoh perbuatan belajar yang baik, serta menjaga keakraban/perhatian orang tua dengan anak. Diharapkan dapat merubah pola pikir siswa terhadap pribadi atau tingkah lakunya dalam keluarga.Referensi
Ahmadi, Abu & Widodo Supriyono, Psikologi Belajar. Jakarta; Rineka Cipta, 2004.
Ahmadi, Abu. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta:Yayasan Penyelenggara Penerjemahan/ Penafsiran Al-Qur’an, 1971.
Buna’i, Metodologi Penelitian Pendidkan. Pamekasan: STAIN Press, 2006.
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Moleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif .Bandung:Remaja Rosdakarya Cipta, 2009.
Saebani. Ahmad & Hendra Akhdiyat, Ilmu Pendidikan Islam.Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Sardirman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali Pres, 2011.
Ahmadi, Abu. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta:Yayasan Penyelenggara Penerjemahan/ Penafsiran Al-Qur’an, 1971.
Buna’i, Metodologi Penelitian Pendidkan. Pamekasan: STAIN Press, 2006.
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Moleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif .Bandung:Remaja Rosdakarya Cipta, 2009.
Saebani. Ahmad & Hendra Akhdiyat, Ilmu Pendidikan Islam.Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Sardirman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali Pres, 2011.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2019-12-30
Cara Mengutip
sayyi, ach, & Laili, M. (2019). Implementasi Hasil Belajar PAI Dalam Lingkungan Keluarga di Desa Kertagena Tengah Kecamatan Kadur Pamekasan. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(02), 1232–1242. https://doi.org/10.32806/jf.v10i02.3761
Terbitan
Bagian
Articles