Pendidikan Islam di Era Industri 4.0 (Studi Analisis Terhadap Tantangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam)
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v10i02.3763Kata Kunci:
Pendidikan Islam, era industri 4.0, profesionalisme guru.Abstrak
Hadirnya era industri 4.0 membawa dampak yang sangat signifikan terhadap pendidikan khususnya profesionalisme guru. Dengan segala perkembangannya era industri menawarkan berbagai kemudahan namun sekaligus mengancam eksistensi tenaga profesional yaitu guru. Berbagai delima dan tantangan pendidikan Islam hadir silih berganti. Selain karena faktor internal pendidikan yang tidak kunjung terselesaikan, pendidikan Islam juga dihadapkan dengan kompleksitas persoalan pasca munculnya era industri 4.0. Oleh sebab itu, persoalan profesionalisme guru harus segera dicarikan solusi dengan cara meningkatkan kompetensi guru. Adapun Kompetensi-kompetensi itu yaitu; pengembangan kompetensi pedagogis, kompetensi tekhnik informasi, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Tidak sampai disitu, seorang guru harus memiliki kreatifitas dan produktifitas serta memiliki etos kerja dan berkomitmen tinggi dalam menjalankan profesi keguruannya. Melalui program pelatihan, seorang guru dituntut untuk mampu memberikan bekal positif kepada peserta didiknya dengan ilmu pengetahuan, menamkan sikap disiplin, kreatif, inovatif dan kompetitif. Kata kunci: Pendidikan Islam, era industri 4.0, profesionalisme guru.Referensi
Kristiawan, M., dan Rahmat, “Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaranâ€, Jurnal Iqro’: Kajian Ilmu Pendidikan, Vol. 3. No. 2 2018.
Ma’arif, Syamsul. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.
Muhson, Ali “Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapanâ€, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol. 2, No. 1 Agustus, 2004.
Priatmoko, Sigit “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0â€, Jurnal Ta’lim, Vol. 1. No. 2 Juli, 2018.
Putra, Ary Antony “Konsep Pendidikan Islam Prespektif Al-Ghazaliâ€, (Jurnal Al-Thariqah), Vol. 1. No. 1 Juni, 2016.
Rahman, Mufiqur “Multikulturalisasi Pendidikan Pendidikan Islam Sejak Dini di Era Digital, Jurnal Fikrotuna, Vol. 7. No. 1 Juli, 2018.
Sa’ud, Udin Saefudin. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sulaiman, “Pendidikan Madrasah Era Digitalâ€, Jurnal Al-Makrifat, Vol. 2. No. 1 April, 2017.
Yusutria, “Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusiaâ€, (Jurnal Curricula), Vol. 2. No. 1 2017.
Ma’arif, Syamsul. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.
Muhson, Ali “Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapanâ€, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol. 2, No. 1 Agustus, 2004.
Priatmoko, Sigit “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0â€, Jurnal Ta’lim, Vol. 1. No. 2 Juli, 2018.
Putra, Ary Antony “Konsep Pendidikan Islam Prespektif Al-Ghazaliâ€, (Jurnal Al-Thariqah), Vol. 1. No. 1 Juni, 2016.
Rahman, Mufiqur “Multikulturalisasi Pendidikan Pendidikan Islam Sejak Dini di Era Digital, Jurnal Fikrotuna, Vol. 7. No. 1 Juli, 2018.
Sa’ud, Udin Saefudin. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sulaiman, “Pendidikan Madrasah Era Digitalâ€, Jurnal Al-Makrifat, Vol. 2. No. 1 April, 2017.
Yusutria, “Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusiaâ€, (Jurnal Curricula), Vol. 2. No. 1 2017.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2019-12-30
Cara Mengutip
Rofiqi, R. (2019). Pendidikan Islam di Era Industri 4.0 (Studi Analisis Terhadap Tantangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(02), 1243–1257. https://doi.org/10.32806/jf.v10i02.3763
Terbitan
Bagian
Articles