Pendidikan Islam di Era Industri 4.0 (Studi Analisis Terhadap Tantangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam)

Penulis

  • Rofiqi Rofiqi IAI Al-Khiarat Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v10i02.3763

Kata Kunci:

Pendidikan Islam, era industri 4.0, profesionalisme guru.

Abstrak

Hadirnya era industri 4.0 membawa dampak yang sangat signifikan terhadap pendidikan khususnya profesionalisme guru. Dengan segala perkembangannya era industri menawarkan berbagai kemudahan namun sekaligus mengancam eksistensi tenaga profesional yaitu guru. Berbagai delima dan tantangan pendidikan Islam hadir silih berganti. Selain karena faktor internal pendidikan yang tidak kunjung terselesaikan, pendidikan Islam juga dihadapkan dengan kompleksitas persoalan pasca munculnya era industri 4.0. Oleh sebab itu, persoalan profesionalisme guru harus segera dicarikan solusi dengan cara meningkatkan kompetensi guru. Adapun Kompetensi-kompetensi itu yaitu; pengembangan kompetensi pedagogis, kompetensi tekhnik informasi, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Tidak sampai disitu, seorang guru harus memiliki kreatifitas dan produktifitas serta memiliki etos kerja dan berkomitmen tinggi dalam menjalankan profesi keguruannya. Melalui program pelatihan, seorang guru dituntut untuk mampu memberikan bekal positif kepada peserta didiknya dengan ilmu pengetahuan, menamkan sikap disiplin, kreatif, inovatif dan kompetitif. Kata kunci: Pendidikan Islam, era industri 4.0, profesionalisme guru.  

Referensi

Kristiawan, M., dan Rahmat, “Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran”, Jurnal Iqro’: Kajian Ilmu Pendidikan, Vol. 3. No. 2 2018.
Ma’arif, Syamsul. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.
Muhson, Ali “Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan”, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol. 2, No. 1 Agustus, 2004.
Priatmoko, Sigit “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0”, Jurnal Ta’lim, Vol. 1. No. 2 Juli, 2018.
Putra, Ary Antony “Konsep Pendidikan Islam Prespektif Al-Ghazali”, (Jurnal Al-Thariqah), Vol. 1. No. 1 Juni, 2016.
Rahman, Mufiqur “Multikulturalisasi Pendidikan Pendidikan Islam Sejak Dini di Era Digital, Jurnal Fikrotuna, Vol. 7. No. 1 Juli, 2018.
Sa’ud, Udin Saefudin. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sulaiman, “Pendidikan Madrasah Era Digital”, Jurnal Al-Makrifat, Vol. 2. No. 1 April, 2017.
Yusutria, “Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia”, (Jurnal Curricula), Vol. 2. No. 1 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-30

Cara Mengutip

Rofiqi, R. (2019). Pendidikan Islam di Era Industri 4.0 (Studi Analisis Terhadap Tantangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(02), 1243–1257. https://doi.org/10.32806/jf.v10i02.3763

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.