Needs Assessment of Blended Learning Based Islamic Education on Higher Islamic Education Samarinda

Penulis

  • Agus Setiawan IAIN Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v11i01.3934

Kata Kunci:

NEEDS ASSESSMENT ;, BLENDED LEARNING, ISLAMIC EDUCATION

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan kebutuhan dosen maupun mahasiswa dalam pembelajaran PAI yang akan diterapkan dengan strategi blended learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan triangulasi metode dan sumber data. Data dikumpulkan melalui observasi awal, analisis kondisi mahasiswa hasil survey (google form online) kepada 21 mahasiswa dari 4 fakultas dan beberapa prodi, serta wawancara (dosen dan mahasiswa). Adapun untuk analisa data digunakan dengan mengadopsi model dari Miles, Huberman dan Saldana, yaitu dengan tiga langkah: reduksi data, display data serta penarikan data kesimpulan akhir. Hasil penelitian menyebutkan bahwa potensi dan kebutuhan berdasarkan pada need assessment di IAIN Samarinda adalah: 1) model blended learning sangat diperlukan untuk kondisi perkembangan teknologi saat ini di IAIN Samarinda, begitupula pada capaian dari KKNI dalam pelaksanan pembelajaran dengan ICT, 2) hasil survey melalui google form online menyebutkan bahwa analisis kebutuhan mahasiswa terhadap pembelajaran inovatif dan menarik sebesar 100% dan pendapat mahasiswa mengenai kebutuhan pembelajaran blended learning di IAIN Samarinda adalah sebesar 81%. 3) harapan dari need assessmen ini adalah: a) pembelajaran model blended learning seharusnya sudah bisa dilaksanakan oleh lembaga kampus dengan menilik pada perkembangan teknologi, b) perlu adanya modul yang lengkap mengenai blended learning (termasuk RPS, perangkat pembelajaran, e-learning dan evaluasi) sehingga dalam pelaksanaan bisa tercapai, c) sosialisasi pedagogik blended learning kepada dosen dan mahasiswa, d) sarana dan prasarana, e) serta kebijakan mengenai pelaksanaan blended learning. Implikasinya adalah bahwa penelitian ini bisa menjadi rujukan bagi peneliti lain untuk pengembangan model blended learning di perguruan tinggi.

Referensi

Amin, Ahmad Kholiqul. “Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Edutama 4, no. 2 (19 Juli 2017): 51–64. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i2.55.
BeritaSatu.com. “Di Era Industry 4.0, Jepang Sudah Masuk Society 5.0.” beritasatu.com. Diakses 20 Oktober 2019. https://www.beritasatu.com/ekonomi/534519/di-era-industry-40-jepang-sudah-masuk-society-50.
Zakimu. “Blended Learning: Solusi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0,” 30 Maret 2018. https://zakimu.com/blended-learning-solusi-pembelajaran-di-era-revolusi-industri-4-0/.
Bonk, Curtis J., dan Charles R. Graham. The Handbook of Blended Learning: Global Perspectives, Local Designs. John Wiley & Sons, 2012. https://books.google.co.id/books?hl.
Budiharti, Rini, Elvin Yusliana Ekawati, Pujayanto, Daru Wahyuningsih, dan Fairusy Fitria H. “Penggunaan Blended Learning Dengan Media Moodle Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Smp.” Cakrawala Pendidikan 1, no. 1 (April 2015). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4184.
Buran, Anna, dan Arina Evseeva. “Prospects of Blended Learning Implementation at Technical University.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 206, 2015, 177–82.
Chen, Angel K., Cathi Dennehy, Amber Fitzsimmons, Susan Hyde, Kirby Lee, Josette Rivera, Rebecca Shunk, dan Maria Wamsley. “Teaching Interprofessional Collaborative Care Skills Using a Blended Learning Approach.” Journal of Interprofessional Education & Practice 8 (2017): 86–90.
Crawford, Renée, dan Louise Jenkins. “Blended Learning and Team Teaching: Adapting Pedagogy in Response to the Changing Digital Tertiary Environment.” Australasian Journal of Educational Technology 33, no. 2 (2017): 51–57.
developer, mediaindonesia com. “Seluruh Pegiat Pendidikan Diminta Bersiap Hadapi Era Society 5.0,” 13 September 2019. https://mediaindonesia.com/read/detail/259270-seluruh-pegiat-pendidikan-diminta-bersiap-hadapi-era-society-50.
Ditjen Pendidikan Islam. “Buku Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI Mengacu pada KKNI dan SN-Dikti.” Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia, 2018.
Effendi, Hansi. “Model Blended Learning Interaktif Berbasis Web Mata Kuliah Mesin-Mesin Listrik di Fakultas Teknik.” Disertasi, Universitas Negeri Padang, 2015.
Fauzan, Rahman. “Karakteristik Model Dan Analisa Peluang-Tantangan Industri 4.0.” PHASTI 4, no. 01 (25 Mei 2018): 1–11.
Garrison, D. Randy, dan Norman D. Vaughan. Blended Learning in Higher Education, Framerork, Principles, and Guidlines. US San Fancisco: Jossey-Bass, 2008.
Garrison, D. Randy, dan Norman D. Vaughan. “Institutional change and leadership associated with blended learning innovation: Two case studies.” The Internet and Higher Education, Blended Learning in Higher Education: Policy and Implementation Issues, 18 (1 Juli 2013): 24–28.
———. “Institutional change and leadership associated with blended learning innovation: Two case studies.” The Internet and Higher Education, Blended Learning in Higher Education: Policy and Implementation Issues, 18 (1 Juli 2013): 24–28.
Glazer, Francine S. Blended Learning. Virginia: Stylus Publishing, 2012.
Harley, J., dan Knight. Co-Operative Inquiry: Research into the Human Condition. London: Sage Pub, 1996.
Hussin, Zaharah dkk. “Kajian Model Blended Learning Dalam Jurnal Terpilih: Satu Analisa Kandungan.” JuKu: Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik 3, no. 1 (2015).
Media Harapan. “Inovasi Pendidikan Islam, FTIK IAIN Batusangkar Siapkan Era Society 5.0,” 24 September 2019. https://mediaharapan.com/inovasi-pendidikan-islam-ftik-iain-batusangkar-siapkan-era-society-5-0/.
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Pembelajaran. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi, 2016.
Khan, Badrul. Managing e-Learning Strategies: Design, Delivery, Implementation and Evaluation. USA: Idea Group Inc, 2005.
Kirna, I. Made. “Pengembangan Konten Online Untuk Mendukung Blended Learning Pada Perkuliahan Kimia Kuantum Dasar.” Cakrawala Pendidikan 2, no. 2 (Agustus 2014). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2146.
Kusumaputri, Erika. “Program Holistik E-learning Di Perguruan Tinggi IslamJurnal Humanitas.” Jurnal Humanitas VIII, no. 1 (2011): 64.
Littlejohn, Allison, dan Chris Pegler. Preparing for Blended e-Learning (Connecting With E-Learning). 1 ed. New York: Routledge, 2007.
Makhdoom, Naeem, Facharzt, Khalid I. Khoshhal, Abos, Sami Algaidi, Khaled Heissam, dan Mohammed A. Zolaly. “Blended Learning as an Effective Teaching and Learning Strategy in Clinical Medicine: a Comparative Cross-Sectional University Based Study.” Journal of Taibah University Medical Sciences 8, no. 1 (2013): 12–17.
Bisnis.com. “Making Indonesia 4.0 Tak Kalah Dari Super Smart Society 5.0 | Teknologi.” Diakses 20 Oktober 2019. https://teknologi.bisnis.com/read/20190711/84/1123147/making-indonesia-4.0-tak-kalah-dari-super-smart-society-5.0.
Mazloumiyan, Saeed, Seyed Mohamad Shobeiri, Mehran Farajollahi, dan Mehdi Mohamadi. “Blended E-Learning a New Approach to Environmental Education of Iran High Schools.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 47, 2012, 1216–20.
Medina, Liliana Cuesta. “Blended Learning: Deficits and Prospects in Higher Education.” Australasian Journal of Educational Technology 34, no. 1 (2018): 42–56.
Mestan, Kemran. “Create a Fine Blend: An Examination of Institutional Transition to Blended Learning.” Australasian Journal of Educational Technology 35, no. 1 (2018): 70–84.
Munir. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta, 2017.
Musfirah, Imroh Atul. Wawancara dengan Responden sebagai Sekretaris Jurusan dan Dosen Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar PAI, Oktober 2018.
Nabilah, Bilqis Firyal. “Pengembangan Tutorial Digital Merancang Kelas Maya dengan Blended Learning untuk Guru SMAK Cor Jesu Malang.” Tesis, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 2015.
Nada, Dabbagh, dan Brenda B. Ritland B.B. Online Learning: Concepts, Strategies and Application. New Jersey, USA: Merril Prentice Hall, Pearson Education Inc, 2005.
Naidu, Som. Learning and Teaching with Technology: Principles and Practices (Open and Distance Learning Series). London: Kogan Page Limited, 2002.
Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Pendidikan Holistik Di Iain Samarinda. Diakses 3 Agustus 2018. https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeoiJHBHUHrjKLz6nnp1heMqgBLGYpO4q8IG0NqqHpnr4Ojng/viewform?usp=drive_web&usp=embed_facebook.
“Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2019 tentang Pendidikan Tinggi Keagamaan,” 2019.
“Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan,” 2007.
Prensky, M. “Digital Natives, Digital Immigrants, Part 1.” On The Horizon 9, no. 5 (2001).
Priyatni, Endah Tri, dkk. Pembelajaran Reflektif Model Pembelajaran Reflektif yang Responsif Teknologi. Tangerang: Tira Smart, 2017.
Purnomo, Agus, Nurul Ratnawati, dan Nevy Farista Aristin. “Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z.” Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS 1, no. 1 (2016).
Putra, I. Made Hermawan Surya, Prof Dr Phill I. Gst Putu Sudiarta, Dr Gede Suweken, dan M.Sc. “Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Whiteboard Animation Video Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 4 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 3, no. 1 (Agustus 2015). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPM/article/view/5769.
“Sinergi Teknologi Dan Pendidikan Masyarakat | Portal Berita Unika Soegijapranata.” Diakses 21 Oktober 2019. http://news.unika.ac.id/2019/08/sinergi-teknologi-dan-pendidikan-masyarakat/.
Suparman, Atwi. Desain Instruksional Modern. 4 ed. Jakarta: Erlangga, 2014.
Thorne, Kaye, dan David Mackey. Everything You Ever Needed to Know About Training. London: Kogan Page Publisher, t.t.
Tucker, Catlin R. Blended Learning in Grades 4–12. London: Corwin Press, 2012.
Wasis D. Dwiyogo. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP) 21, no. 1 (April 2015): 71–78.
William, Horton. E-Learning by Design. San Fransisco, CA: Pfeiffer: John Wiley & Sons, Inc, 2006.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-07-30

Cara Mengutip

Setiawan, A. (2020). Needs Assessment of Blended Learning Based Islamic Education on Higher Islamic Education Samarinda. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9(01). https://doi.org/10.32806/jf.v11i01.3934

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.