Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Berbasis Hots Character Education Strengthening in Hots-Based Learning

Penulis

  • Aida Hayani Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fauzi Fahmi
  • Rida Chairani Putri Marpaung

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v11i01.3936

Kata Kunci:

Penguatan Pendidikan Karakter, Pembelajaran, HOTS

Abstrak

Fenomena problematika meningkatnya kasus kenakalan remaja yang muncul dewasa ini, baik masa depan. Fenomena ini tentunya tidak dapat dilepaskan dari peran pendidikan terutama pendidikan di sekolah/madrasah. Berkaitan dengan fenomena tersebut pemerintah menggalakan penguatan pendidikan karakter untuk mengatasi permasalahan yang ada. Kurikulum 2013 yang diberlakukan saat ini merupakan usaha pemerintah untuk membenahi sistem yang ada. Penyempurnaan dilakukan dengan merubah standar isi dan standar proses. Harapan pemerintah dengan perubahan kurikulum dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemmapuan berfikir kreatif dan inovatif tingkat tinggi dalam menyiapkan generasi muda yang unggul untuk menghadapi tantangan global. Penelitian ini bertujuan mengubah paradigma baru dalam pembelajaran yang menekankan penguatan pendidikan karakter berbasis HOTS guna mencetak generasi unggul era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemampuan tingkat tinggi dapat terwujud dengan berlatih melalui pembelajaran di dalam kelas. Pembelajaran yang mendukung untuk meningkatkan kemampuan befikir tinggi adalah melalui pembelajaran kontekstual dan bermakna.dari segi jumlah maupun kualitas dapat dijadikan sebagai alat ukur menurunnya etika, moral dan karakter anak bangsa sebagai pencetus generasi emas

Referensi

Barak, M. &Dori, Y.J. 2009.Enhancing Higher Order Thinking Skills Among Inservice Science Teachers Via Embedded Sssessment.Published Online: 28 July 2009. Springer Science+ Business Media, B.V. 2009: J Sci Teacher Educ (2009). 20: 459-474. Doi: 10.1007/S 10972-009-9141-Z.
Budi Cahyono, “Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender,” Aksioma, 2017, Https://Doi.Org/10.26877/Aks.V8i1.1510.
Endang Komara, “Penguatan Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Abad 21,” Sipatahoenan: South-East Asian Journal For Youth, Sports & Health Education, 2018.
Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2017/02/10/84-Anak-Indonesia-Alami-Kekerasan-Di-Sekolah, Diakses Pada Tanggal 28 Oktober 2019 Pukul 15.48 Wib.
Https://Www.Liputan6.Com/News/Read/3476521/Cegah-Tawuran-Siswa-Sd-Di-Purwakarta-Polisi-Bakal-Pimpin-Upacara Diakses Pada Tanggal 20 Agustus 2019 Pukul 16.55
Https://Www.Liputan6.Com/News/Read/3880325/Siswi-Sd-Di-Probolinggo-Dicabuli-Oleh-Dua-Teman-Sekelasnya. Diakses Pada Tanggal 20 Agustus 2019 Pukul 16.47 Wib.
Kemendikbud Ri, Press Workshop: Implementasi Kurikulum 2013, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (2014).
Merta Dhewa Kusuma Et Al., “The Development Of Higher Order Thinking Skill (Hots) Instrument Assessment In Physics Study,” Iosr Journal Of Research & Method In Education (Iosrjrme), 2017, Https://Doi.Org/10.9790/7388-0701052632.
Miles, M.B. &Huberman, A. M. Analisisdata Kualitatif (Terjemahan tjetjeprohendi Rohidi). Jakarta: Ui­Press, 1992.
Nanda Ayu Setiawati, “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa,” Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2017.
Nasution, S., Asas-Asaskurikulum (Edisikedua),Jakarta: Bumiaksara, 2010.
Rasid Yunus, “Transformasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa,” Jurnal Penelitian Pendidikan, 2016.
Ririn Nursanti, “Manajemen Peningkatan Akhlak Mulia Di Sekolah Berbasis Islam”, Jurnal Kependidikan, Vol. Ii, No. 2, (November 2014).
Santy Andrianie, “Meningkatkan Keterampilan Empati Siswa Sekolah Dasar Melalui Paket Bimbingan Peningkatan Empati,” Jurnal Bikotetik, Volume 01, Nomor 02, (2017).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

Hayani, A., Fahmi, F., & Putri Marpaung, R. C. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Berbasis Hots Character Education Strengthening in Hots-Based Learning. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9(01). https://doi.org/10.32806/jf.v11i01.3936

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.