Media Daring sebagai Self Directed Learning Materi PAI SD Pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Misbahul Munir 1STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
  • Triyo Supriyatno

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v11i01.3944

Kata Kunci:

Online Media, Self Directed Learning, PAI

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mewarkan alternatif media berbasis pembelajaran mandiri saat pancemi covid 19. Tujuan pertama untuk menggali infromasi media berbasis jaringan online yang banyak digunakan di Indonesia sebagai penunjang pembelajaran; Kedua, mencari model teori self directed learning yang memiliki karakteristik sesuai dengan kebutuhan penelitian; Ketiga, memberikan gambaran karakteristik alternatif media pembelajaran berbasis online yang ditawarkan. Data pada penelitian ini diambil melalui google schoolar, semanticscholar, elsevier, researchgate, seminar daring youtube, zoom. Hasil dari penelitian ini media yang paling balik dipakai di Indonesia Youtube, facebook, whatsapp, zoom, google classroom. Sedangkan teori yang diambil terkait self directed learning menurut Song dan Hill’s, Adapun tipologi media youtube, facebook, whatsapp, zoom, dan google classroom didapatkan ada bersifat terbuka, tertutup, perbaduan terbuka dan tertutup untuk umum. Semua memedia memiliki kesamaan bisa berbagi file dalam bentuk video, word, pdf. Kecuali youtube dan zoom. Youtube kelebihan fleksibelitas waktu dan konten dikembangan dengan audio visual, sedangkan zoom tidak memiliki flesibilitas waktu, pembelajaran bisa tersajikan interaktif antara guru dengan siswa.

Referensi

ADAGİDELİ, Fahretdin Hasan, Seda SARAÇ, and Engin ADER. "Assessing Preschool Teachers’ Practices to Promote Self-Regulated Learning." International Electronic Journal of Elementary Education 7, no. 3 (2015).
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Aims and Objectives of Islamic Education. Jeddah: King Abdul Aziz, 1979.
Al-Ghazali. Mutiara Ihya Ulumudin. Bandung: Mizan, 2008.
Biesenbach-Lucas, Sigrun. "Asynchronous discussion groups in teacher training classes: Perceptions of native and non-native students." Journal of Asynchronous Learning Network 7, no. 3 (2003): 24-46.
Davis, Charles H.F., Regina Deil-Amen, Cecilia Rios-Aguilar, and Manuel Sacramento Gonzalez Canche. Social Media in Higher Education: A literature review and research directions. The Center for the Study of Higher Education at The University of Arizona and Claremont Graduate University, 2012.
Dialektika. Zoom Capai 131 Juta Download, Ini 10 Aplikasi Paling Banyak Diunduh Selama April. May 11, 2020. https://teknologi.id/aplikasi/zoom-capai-131-juta-download-ini-10-aplikasi-paling-banyak-diunduh-selama-april.
Dianna R. Dekelaita Mullet, Kristen Lamb, Amy Willerson, Todd Kettler. "Examining teacher perceptions of creativity: A systematic review of the literature." Thinking Skills and Creativity 21 (2016): 9-30.
Friedman, Linda Weiser, and Hershey H. Friedman. "Using Social Media Technologies to Enhance Online Learning." Journal of education online 10, no. 1 (2013).
Garrison, Donn Randy. E-learning in the 21st century: A framework for research and practice. New York: Routledge, 2017.
Hague, Sarah Payton and Cassie. Digital Literacy across the Curriculum. Bristol: Futurelab, 2010.
Hill, Janette R., and Michael J. Hannafin. "Teaching and learning in digital environments: The resurgence of resource-based learning." Educational Technology Research and Development 49, no. 3 (2001): 37-52.
Hootsuite ; We are Social. 10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia. Hootsuite (We are Social), 2019.
Jaschik, Scott. "The evidence on online education." Inside Higher Education, Juni 29, 2009.
Kementerian Kesehatan. Surat Edaran Nomor HK.02.01/Menkes/199/2020 Tentang Komunikasi Penanganan Covid-19. Jakarta: Menkes, 2020.
Langgulung, Hasan. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: al-Ma'arif, 1995.
Lee, Ju-Sung, and Seok-Ju Chun. "Using Learning Management Systems for Self-directed Learning of Elementary School Students." Journal of The Korean Association of Information Education 23, no. 2 (2019): 1229-3245.
Lee, Kyunghwa. What should be the innovative teaching and learning methods for future talent? International Future Society & KERIS (Korea Education & Research Information Service (Eds.). Paju: Kwnagmoongak, 2017.
LPM Idea. [In Depth] Kuliah Online Mahasiswa Korban Corona. April 28, 2020. https://www.ideapers.com/2020/04/in-depth-kuliah-online-mahasiswa-korban-corona.html.
Marzano, Robert J. An Evaluation of the Mc Rel Thinking Skills Program. Colorado: Mid-continent Regional Educational Laboratory, 1986.
Menteri Pendidikan dan Kebuayaan. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan COVID-19 Pada Satuan Pendidikan. Jakarta: Mendikbud, 2020.
Muhaimin. "Model Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pendidikan Islam Kontemporer." 51. Malang: UIN Maliki Press, 2015.
Perwitasari, Nur Hidayah. "Update Corona 8 Maret: 59.965 Orang Sembuh dari COVID-19." tirto.id, 3 8, 2020.
Petrides, Lisa. "Web-based technologies for distributed (or distance) learning: Creating learning-centered educational experiences in the higher education classroom." International Journal of Instructional Media 29, no. 1 (2002): 69-77.
Rahman, Fazlur. " Islam dan Modernitas: tentang Transformasi Intelektual." By A. Mohammad, 102. Bandung: Pustaka, 2005.
Redaktur CNN Indonesia. "Jokowi Umumkan Dua WNI Positif Corona di Indonesia." CNN Indonesia, Maret 2, 2020.
Redaktur Kompas. "DATA COVID-19 DI INDONESIA." Kompas, 3 31, 2020.
Riadi, Yuni. Karena Covid-19, Google Classroom Sudah Diunduh 50 Juta. Maret 30, 2020. https://selular.id/2020/03/karena-covid-19-google-classroom-sudah-diunduh-50-juta/.
Song, Liyan, and Janette R. Hill. "A conceptual model for understanding self-directed learning in online environments." Journal of Interactive Online Learning 6, no. 1 (2007): 27-42.
Sulaiman, Fathiyah Hasan. Konsep Pendidikam Al Ghazali. Jakarta: Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M), 1990.
Syed Muhammad Al-Naquib al-Attas, Aims and Objectives of Islamic Education (Jeddah: King Abdul Aziz, 1979).
Zainuddin. Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

Munir, M., & Supriyatno, T. (2020). Media Daring sebagai Self Directed Learning Materi PAI SD Pada Masa Pandemi Covid-19. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9(01). https://doi.org/10.32806/jf.v11i01.3944

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.