Konsep Etika Guru Perspektif Abuya As-Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki di Era Millenial

(Buku Karya KH. Muh. Najih Maimoen Zubair Rembang Jawa Tengah)

Penulis

  • muhamad arif STAI AL-AZHAR MENGANTI GRESIK

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4064

Kata Kunci:

Ethics, Character, Millennial era

Abstrak

Guru menurut pandangan islam adalah seorang pendidik yang mempunyai tugas sangat mulia. Sebagaimana pemaparan Al-Ghozali guru mempunyai tugas untuk mendidik dan memperbaiki akhlak (adab) serta membekali ilmu yang mendalam dengan tujuan bertambahnya iman kepada Allah. Sedangkan Ibn Abd al-Barr menjelaskan sosok guru sebagai seorang yang seharusnya menghiasi diri dengan adab yang islami. Maka, sudah seharusnya guru harus memperbaiki etika (adab) yang dimilikinya. KH. Najih Maimoen Zubair juga menyoroti demikian, tentang pentingnya etika pada guru. Sehingga mempunyai buku berjudul karakter pendidikan Abuya Sayyid Alwi Al-Maliki. KH. Najih membahas tentang karakter pendidikan Abuya Sayyid Alwi Al-Maliki secara detail. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk melakukan riset secara spesifik tentang bagaimana konsep etika guru perspektif Abuya As-Sayyid  Muhammad Alwi Al-Maliki dan relevansinya yang disuguhkan oleh KH. Najib Maimoen Zubair dalam bukunya yang berjudul Karakter Pendidikan Abuya As-Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki. Penelitian ini menggunaka n metode studi pustaka, sumber data primer adalah buku karangan dari KH. Najih Maimun Zubair yang berjudul Karakter Pendidikan Abuya As-Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki dan sumber data sekunder pada penelitian ini menggunakan beberapa sumber pendukung dari berbagai buku dan artikel seperti kitab karangan KH.M. Hasyim Asyari yang berjudul adabul alim wal muta’alim, analisis yang di pakai adalah content analisis. Simpulan dalam penelitian ini, menjelaskan bahwa etika guru perspektif Abuya As-Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki terbagi menjadi dua bagian. Pertama, etika yang harus dimiliki guru pada dirinya sendiri, meliputi: Mendekatkan diri kepada Allah, mempunyai sifat cinta kepada ilmu, mempunyai sifat budi pekerti luhur, mempunyai sifat darmawan dan mempunyai sifat suka menulis (membuat karya). Kedua, adalah etika guru kepada murid dan masyarakat sekitar, sebagaimana etika yang tertanam pada diri seorang guru, tidaklah cukup berhenti hanya pada dirinya. mengimplementasikan darmawan, mengimplementasikan budi pekerti luhur, membiasakan mencintai kaum faqir dan miskin, dan guru di haruskan mampu mengimplementasikan sifat cinta kepada ahli ilmu. sebuah konsep dan implementasi dari etika guru yang sangat relevan dengan keadaan zaman yang terus berkembang serta banyaknya dominasi guru muda di era millenial.   

Referensi

Arif, Muhamad. “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Kitab Ahlakul Lil Banin Karya Umar Ibnu Ahmad Barjah.” Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 2, no. 2 (Oktober 2018): 401–13.
Astuti, Ari Aji, and Zaenal Abidin. “Adab Interaksi Guru Dan Murid Menurut Imam Ghazali.” SUHUF Vol. 23, no. 2 (Nopember 2011): 127–50.
Asyari, Hasyim. Adabul Alim Wal Muta’alim. Jombang: Maktabah Tsalasah Islami, 1999.
———. Pendidikan Karakter Khas Pesantren (Adabul Alim Wal Muta’alim). Jombang: TS Mart, 2010.
A.Z, Mulyana. Rahasis Menjadi Guru Hebat. Jakarta: Raja Grafindo, 2018.
Bagaskara, Roy. “Reorientasi Pemikiran Pendidikan Kh. M. Hasyim Asy‘ari: Etika Dalam Pendidikan Islam.” Islamuna: Jurnal Studi Islam 6, no. 2 (December 10, 2019): 153. https://doi.org/10.19105/islamuna.v6i2.2545.
Basith, Abdul. “Bahasa & Ijtihad: Aspek Normatifitas Linguistik dalam Kitab Bidayatal-Mujtahid karya Ibnu Rusyd.” Jurnal Penelitian 13, no. 1 (June 28, 2016): 101–12. https://doi.org/10.28918/jupe.v13i1.1187.
Budi. “Biografi KH. Muhammad Najih Maimoen.” Http://purl.org/dc/dcmitype/Text. Biografi KH. Muhammad Najih Maimoen. laduniid, April 1, 2020. https://zakat.laduni.id/post/read/67816/biografi-kh-muhammad-najih-maimoen.html.
Enteding, Almustari. “Peran Guru Dalam Pengembangan Nilai Etika Peserta Didik Di Smp Negeri 4 Batui Kabupaten Banggai.” Jurnal Linier 04, no. 07 (March 2020): 9–15.
Feisal, Jusuf Amir. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 1995.
Hafidhuddin, Didin. “Islam Dan Penaggulangan Kemiskinan.” Jurnal Ekonomi Islam Al-Infaq 3, no. 1 (March 2012): 25–32.
Handayani, Titik, and Achmad Fauzi. “Konsep Pendidikan Karakter Kh. M. Hasyim Asy‘ari: Studi Kitab Âdâb Al-‘Âlim Wa Al-Muta‘allim.” Islamuna: Jurnal Studi Islam 6, no. 2 (December 10, 2019): 120. https://doi.org/10.19105/islamuna.v6i2.2285.
Hernowo. Menjadi Guru Yang Mau Dan Mampu Mengajar Secara Kreatif. Bandung: Mizan Learning Center, 2007.
Huraerah, Ahmad Junaedy Abu. “Etika Guru dalam Perspektif al-Timidzi (Studi Atas Kitab Sunan al-Tirmidzi Karya Abu Isa Muhammad Bin Isa al- Tirmidzi).” Jurnal IAIN Manado 1, no. 2 (Desember 2016): 128–46.
Husaini, and Syabuddin Gade. “Pengamalan Adab Guru dan Murid dalam Kitab Khulq ‘Azim di Dayah Darussaadah Cabang Faradis Kecamatan Panteraja Kebupaten Pidie Jaya.” Dayah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2018): 85–103.
Ibrahim, Teguh, and Ani Hendriani. “Kajian Reflektif Tentang Etika Guru Dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara Berbalut Filsafat Moral Utilitarianisme.” Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1, no. 2 (April 2017): 135–45.
Indriyanti, Tri, Khairil Ikhsan Siregar, and Zulkifli Lubis. “Etika Interaksi Guru dan Murid Menurut Perspektif Imam Al Ghazali.” Jurnal Online Studi Al-Qur’an 11, no. 2 (January 1, 2017): 129–44. https://doi.org/10.21009/JSQ.011.2.03.
Karim, Ratna D. “Studi Komparatif Pemikiran K.h. Ahmad Dahlan Dan K.h. Hasyim Asy’ari Tentang Etika Guru Dan Murid Dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan,” n.d., 934–44.
Kholil, Mohamad. “Kode Etik Guru Dalam Pemikiran Kh. M. Hasyim Asy’ari (studi Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim).” Jurnal Risalah 1, no. 1 (Desember 2015): 31–42.
Mahmud, Akilah. “Jejak Pemikiran Al-Ghazali Dan Ibnu Rusyd Dalam Perkembangan Teologi Islam.” Sulesana 13, no. 2 (2019): 183–98.
Maimoen, Muh. Najih. Karakter Pendidikan Abuya As-Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki. Rembang: Toko Kitab Al-Anwar 1, 2012.
Mastuti, Yeni. “Profil Nabi Muhammad Dalam Naskah Gelumpai Dan Barzanji.” METASASTRA 7, no. 1 (June 2014): 97–108.
Maya, Rahendra. “Karakter (adab) Guru Dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î.” Jurnal Edukasi Islami 06, no. 12 (January 2017): 21–43.
Media, Kompas Cyber. “Guru SMAN 12 Bekasi Pukul Murid, Ridwan Kamil: Kalau Sudah Punya Niat Berprofesi sebagai Guru Harus Sabar.” KOMPAS.com. Accessed September 2, 2020. https://regional.kompas.com/read/2020/02/14/21231421/guru-sman-12-bekasi-pukul-murid-ridwan-kamil-kalau-sudah-punya-niat.
Muazaroh, Siti, and Subaidi Subaidi. “Cultural Capital dan Kharisma Kiai dalam Wacana Partai Politik.” SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan 2, no. 2 (July 26, 2019): 185–96. https://doi.org/10.20414/sangkep.v2i2.946.
Mudzakiron, Mudzakiron, and Arif Chasanul Muna. “Pola Redaksi Matan Hadis dalam Kitab Majmû’ah al-Syarî’ah Karya K.H. Saleh Darat.” Religia 18, no. 2 (Oktober 2015): 227–43. https://doi.org/10.28918/religia.v18i2.629.
Muslim, Muslim, Abdul Hayyie Al-Kattani, and Wido Supraha. “Konsep Adab Penuntut Ilmu Menurut Ibn Abd Al-Barr Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Nasional.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (Desember 2017): 280–95. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1164.
Naeloka, Amos, and Grace Amalia Naeloka. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana, 2017.
Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.
Nurulhaq, Dadan, Miftahul Fikri, and Shopiah Syafaatunnisa. “Etika guru PAI menurut Imam Nawawi (analisis ilmu pendidikan Islam).” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 4, no. 2 (November 21, 2019): 133–43. https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.4682.
Okezone. “Orang Miskin di Indonesia Makin Banyak, Bagaimana Bu Sri Mulyani? : Okezone Economy.” https://economy.okezone.com/, July 15, 2020. https://economy.okezone.com/read/2020/07/15/20/2246871/orang-miskin-di-indonesia-makin-banyak-bagaimana-bu-sri-mulyani.
Sagala, Syaiful. Etika Dan Moralitas Pendidikan Peluang Dan Tantangan. Jakarta: Kencana, 2013.
Sarjana, Sri, and Nur Khayati. “Pengaruh Etika, Perilaku, Dan Kepribadian Terhadap Integritas Guru.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 1, no. 3 (Desember 2017): 379–93. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.450.
Sawari, Siti Salwa, and Azlina Mustaffa. “Guru Bersahsiah Mulia Menurut Pandang Ibnu Sahnun: Analisa Buku Adab Al Mualimin” 2, no. 2 (July 2014): 1–10.
Wardan, Khusnul. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-30

Cara Mengutip

arif, muhamad. (2020). Konsep Etika Guru Perspektif Abuya As-Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki di Era Millenial: (Buku Karya KH. Muh. Najih Maimoen Zubair Rembang Jawa Tengah). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9(02). https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4064

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.