Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri di Kota Metro

Penulis

  • Eka Suci Indria Sari Ilmu Hukum Universitas Lampung
  • Syarifah Nurbaiti Ekonomi Pembangunan Universitas Lampung
  • Rohani Rohani Ilmu Hukum Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4169

Kata Kunci:

Kompetensi Pedagogik, Guru, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Lampiran Permendiknas  No.16  Tahun 2007  tentang  Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri di Kota Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kota Metro sebanyak 30 orang yang berasal dari 10 sekolah. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sehingga diperoleh 9 guru dari 3 sekolah yaitu SMP Negeri 3 Metro, SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 6 Metro sebagai responden dengan pertimbangan kemudahan lokasi dan komunikasi terkait pengambilan data di masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian ini menunjukan kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri di Kota Metro berada pada kategori cenderung tinggi yaitu dengan perolehan skor total sebesar 82,05%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan bagi para pengambil kebijakan terkait kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam.

Referensi

Afandi, M., & Wahyuningsih, S. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru SD di UPTD Pendidikan Banyumanik Kota Semarang. Elementray, 6(1)
Ahmad, M. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Matematika ditinjau Dari Perspektif Peserta Didik Di Smk Muhammadiyah 2 Malang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1).
Aldarmono, A. (2012). Identifikasi gaya kognitif (cognitive style) peserta didik dalam belajar. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3(1)
Arifin, M. (2009). Evaluasi pembelajaran mata pelajaran PAI siswa kelas IX di SMP Islam Sultan Agung Sukolilo Pati (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Arikunto, S. (2006). Pengelolaan Kelas dan Siswa Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta.
Asep, S., & Jihad, A. (2013). Bagaimana Menjadi calon Guru Dan Guru Professional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Ashsiddiqi, H. (2012). Kompetensi sosial guru dalam pembelajaran dan pengembangannya. Ta'dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 17(01)
Balqis, P., Ibrahim, N. U., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 2(1).
Dedih, U., & Nurajijah, A. I. (2018). Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Perspektif, 2(1)

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dirman, D., & Juarsih, C. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas Dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(1)
Hamalik, O. (2006). Manajemen pengembangan kurikulum. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.
Hamzah, B. U. (2007). Profesi kependidikan, problema, solusi, dan reformasi pendidikan di Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1)
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).
Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Mujib, A., & Mudzakir, J. (2001). Nuasa-nuasa psikologi Islam. Raja Grafindo Persada.
Muspiroh, N. (2016). Peran Kompetensi Sosial Guru dalam Menciptakan Efektifitas Pembelajaran. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2).
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).
Nasional, D. P. (2005). Undang-Undang nomor 14 tahun 2005, tentang guru dan dosen. Jakarta: Depdiknas.
Nasional, S. L. P. M. P. (2016). Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. Diposting dari http://sdm. data. kemdikbud. go. id/SNP/dokumen/Permendiknas% 20No.
Norsidi, N., & Paiman, P. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas (SMA) Sebagai Pelaksana Kurikulum 2013 Di Kabupaten Ketapang. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2)
Purwanto, S. E. (2006). Penggunaan Model Assessment Portofolio dalam Penilaian Proses dan Hasil Belajar Program Linear. Jurnal Mimbar Pendidikan.
Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2)
Ramayulis, H. (2013). Profesi dan etika keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramadhani, W. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Komik dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2)
Riandhana, T. E. (2016). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Palu. Katalogis, 4(1).
Restiyani, R. (2014). Profil pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai media dan sumber pembelajaran oleh guru biologi. EDUSAINS, 6(1)

Sriyanto, S., Murniawaty, I., Nuryana, I., & Ismiyati, I. (2018). Peningkatan profesionalisme guru ekonomi dalam pembelajaran di SMA Kabupaten Semarang. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2)
Suhandani, D., & Julia, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, 1(2)
Surjana, A. (2002). Efektivitas pengelolaan kelas. Jurnal Pendidikan Penabur, 1(1)
Ulla, A. M. (2017). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pada Aspek Pengembangan Kurikulum Terkait Mata Pelajaran Yang Di Ampu Melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Studi Pada Guru Produktif Pemasaran di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung). SKRIPSI Jurusan Manajemen-Fakultas Ekonomi UM.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar
Yulianti, F. (2012). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran PAI (Studi Deskriptif pada Guru PAI di SMP Negeri Kota Indramayu). Jurnal Tarbawi, 1(2)
Yusuf, Y. (2019). Problematik Guru Bahasa Indonesia Berkomunikasi secara Efektif, Empatik, dan Santun dengan Peserta Didik. Jurnal Tinta, 1(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-30

Cara Mengutip

Sari, E. S. I., Nurbaiti, S., & Rohani, R. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri di Kota Metro. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9(02). https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4169

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.