Management Model of Kitab Kuning Reading Acceleration Program at Mambaul Ulum Islamic Boarding School, Bira Timur Sampang

Penulis

  • Ach. Sayyi Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan
  • Moh Subhan Universitas Islam Madura
  • Shahibul Muttaqien Al-Manduriy IAI Al-Khiarat Pamekasan
  • Rofiqi Rofiqi IAI Al-Khiarat Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.4788

Kata Kunci:

Management Model, Acceleration Program, Kitab Kuning Reading

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakngi oleh ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan program akselerasi baca kitab kuning di pesantren Maktuba Mambaul Ulum Bira Timur. Pengeloaan yang dilakukan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, di mana santri-santri yang masih berusia rata-rata 7-12 tahun berhasil mengikuti program akselerasi percepatan penguasaan kitab kuning serta menugasai serangkaian disiplin ilmu ke-Islaman lainnya hanya dalam waktu kisaran 2 tahun. Jika kita kaitkan dengan teori-teori psikologi ini tentu menjadi menjadi hal yang luar biasa , mengingat di usia mereka pada umumnya mereka masih hidup dalam dunia bermain dan pendidikan dalam keluarga. Namun demikian, hal itu tidak membuat pengelolaan manajemen yang dilakukan tidak efektif, justru lembaga ini mampu untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta target dari program ini dapat tercapai secara baik. Kajian ini terfokus pada implementasi program akselerasi baca kitab kuning dan pengelolaannya di pesantren tersebut. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif. Sebagaimana dalam pendekatan kualitatif pada umumnya, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi, display, den verifikasi. Hasil peneltian menunjukkan; pertama, pelaksanaan program akselerasi adalah dengan cara mengelompokkan santri ke dalam 5 sampai 10 kecil dengan dibimbing langsung selama 24 jam oleh seorang musyrif. Kedua pengelolaan program akselerasi baca kitab kuning di pesantren ini terlaksana dengan efektif dan sangat baik melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan pengarahan, dan pengawasan yang dilakukan oleh lembaga ini

Referensi

Abdurrahman, Habibullah, dan Nandang Rukanda. “ISLAMIC BOARDING SCHOOL MANAGEMENT IN IMPROVING STUDENT QUALITY (Case Study in the Boarding School of Tahfidzul Qur’an Mifahul Huda Karawang ).” EMPOWERMENT : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah 9, no. 2 (6 Oktober 2020): 190–95. https://doi.org/10.22460/empowerment.v9i2p190-195.1673.
Amir, Syarifuddin. “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PESANTREN PUTRA ALKHAIRAAT PUSAT PALU.” Al-Qalam 26, no. 1 (29 Juni 2020): 141–54. https://doi.org/10.31969/alq.v26i1.827.
Amirudin, Amirudin. “Model Manajemen Pondok Pesantren Dalam Peningkatan Mutu Santri Bertaraf Internasional: Studi Pada Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto Jawa Timur.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam 9, no. 2 (2019): 222–41. https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5607.
Amirudin, Amirudin, Syarifudin Basyar, Muhammad Akmansyah, Subandi Subandi, dan Sulthan Shahril. “Arabic Learning Management at Islamic Boarding Schools in Lampung.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 5, no. 1 (30 Juni 2020): 97–109. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.5874.
Arifah, Mukhsinatul, Murwatiningsih Murwatiningsih, dan M. Harlanu. “Boarding School Management on Studentsâ€TM Character Building in An-Nawawiyyah Islamic Junior High School Rembang.” Educational Management 8, no. 2 (9 Oktober 2019): 209–13.
Arifin, Zainal. “PERKEMBANGAN PESANTREN DI INDONESIA,” no. 1 (2012): 14.
Asifudin, Ahmad Janan. “Manajemen Pendidikan Untuk Pondok Pesantren.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016): 355–66. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-10.
Aziz, Asep Abdul, Nurti Budiyanti, Nurwadjah Ahmad, dan Andewi Suhartini. “The Potential of Islamic Boarding Schools and Their Effort of Development and Fostering at Pesantren Persatuan Islam 1-2 Bandung).” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 6, no. 2 (25 Juni 2021): 352–71. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i2.5721.
Bakri, Maskuri. “Implementasi Pendidikan Inklusi Dalam Membangun Mental Toleran Berbasis Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 06 Malang.” FIKROTUNA 12, no. 02 (30 Desember 2020). https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4167.
Basuki, Basuki. “IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI (STUDI KASUS) DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 4, no. 1 (29 April 2016): 47–62. https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8198.
Chasanah, Uswatun, Majidatun Ahmala, dan Moh Isbir. “Model Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kepramukaan Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Margorejo Surabaya.” FIKROTUNA 12, no. 02 (30 Desember 2020). https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4168.
Fahrudin, Fahrudin, Endis Firdaus, dan Alhadi Shafiyullah. “UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMPN 44 BANDUNG.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 7, no. 2 (27 November 2020): 126–39. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.26312.
Fithriyah, Imaniyatul. “Model Bimbingan Konseling Islam Dalam Membentuk Karakter Sufistik Santri Era Revolusi Industri Generasi Keempat.” FIKROTUNA 9, no. 1 (13 Agustus 2019): 1194–1215. https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3491.
Fitriyah, Lailatul, Marlina Marlina, dan Suryani Suryani. “Pendidikan Literasi Pada Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja.” Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences 11, no. 1 (24 Januari 2019): 20–30. https://doi.org/10.30599/jti.v11i1.351.
Gusfitri, Gusfitri. “MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM AKSELERASI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI SMP NEGERI 2 KOTA SOLOK.” al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 2, no. 2 (29 Desember 2016): 125–32. https://doi.org/10.31958/jaf.v2i2.377.
Husna, Difa’ul, Alvina Agustin, Feliana Safira, Indrika Sari, dan Reni Sasmita. “Acceleration Program for Intellectually Gifted Children: Analysis of the Impact of Social and Emotional Development.” Islam in World Perspectives Symposium 1, no. 1 (31 Desember 2020): 177–82. https://doi.org/10.26555/iwos.v1i1.5680.
Ibrahim, Rustam. “Eksistensi Pesantren Salaf Di Tengah Arus Pendidikan Modern.” Analisa: Journal of Social Science and Religion 21, no. 2 (30 Desember 2014): 253–63. https://doi.org/10.18784/analisa.v21i02.19.
Islamy, Athoillah, dan Saihu Saihu. “THE EFFECTIVENESS OF MANAGEMENT IN JAM’IYYAH ISLAMIYYAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL, SOUTH TANGERANG: A BALANCED SCORECARD APPROACH.” Penamas 34, no. 1 (30 Juni 2021): 109–26. https://doi.org/10.31330/penamas.v34i1.424.
Kartini, Justina Endang, dan Bambang Ismanto. “MANAJEMEN PROGRAM AKSELERASI DI SMP PL DOMENICO SAVIO SEMARANG.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 2, no. 1 (7 Juni 2015): 12–21. https://doi.org/10.24246/j.jk.2015.v2.i1.p12-21.
Kyai Mahfudz Abdul Qadir. Pengelolaan Program Akselerasi Baca Kitab Kuning, 20 Maret 2021.
Maisah, Ahmad Syukri, dan Sungkowo. “LIFE SKILLS PROGRAM MANAGEMENT IN IMPROVING ENTREPRENEURSHIP.” International Journal of Research -GRANTHAALAYAH 8, no. 3 (31 Maret 2020): 10–21. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v8.i3.2020.119.
Muhibbur Ridla. Pengelolaan Program Akselerasi Baca Kitab Kuning, 12 Maret 2021.
Nawawi, Maimun bin. “STUDI PROGRAM AKSELERASI PRAKOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PAMEKASAN.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1 (13 Juli 2017): 1–19. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1065.
Nurus Salam. Pengelolaan Program Akselerasi Baca Kitab Kuning, 13 Maret 2021.
Rokim, Syaeful. Akselerasi Pembelajaran Tahfiz Pada Lembaga Pendidikan Alquran: Studi Di Pondok Pesantren Wadi Mubarak Bogor. Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52631.
Sayyi, Ach, dan Moh Laili. “Implementasi Hasil Belajar PAI Dalam Lingkungan Keluarga Di Desa Kertagena Tengah Kecamatan Kadur Pamekasan.” FIKROTUNA 10, no. 02 (30 Desember 2019): 1232–42. https://doi.org/10.32806/jf.v10i02.3761.
Siswanto, Siswanto. “The Quality Management of Islamic Boarding School Based on Information Technology in the 4.0 Industry Era.” Ijtimā’iyya: Journal of Muslim Society Research 5, no. 1 (27 Maret 2020): 37–46. https://doi.org/10.24090/ijtimaiyya.v5i1.3088.
Suhrawardi Hafidz. Pengelolaan Program Akselerasi Baca Kitab Kuning, 15 Maret 2021.
Syafie Ma’arif. Pengelolaan Program Akselerasi Baca Kitab Kuning, 13 Maret 2021.
Wiyani, Novan Ardy, Ismi Nurprastika, dan Ahmad Sahnan. “Aktualisasi Kecerdasan Interpersonal Kepala Sekolah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan.” DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3, no. 2 (12 Desember 2020): 101–14. https://doi.org/10.21831/didaktika.v3i2.34677.
Zeni, Ahmad, dan Aan Komariah. “Acceleration Program Management Model in Elementary School,” 2020. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.179.
Zubairi Baqir. Pengelolaan Program Akselerasi Baca Kitab Kuning, 11 Maret 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-08

Cara Mengutip

Sayyi, A. ., Subhan, M. ., Al-Manduriy, S. M. ., & Rofiqi, R. (2021). Management Model of Kitab Kuning Reading Acceleration Program at Mambaul Ulum Islamic Boarding School, Bira Timur Sampang. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 10(01), 1–21. https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.4788

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.