Strategi Komunikasi dalam Pemasaran Mutu Pendidikan di MTs Negeri 2 Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.5065Kata Kunci:
Strategi Komunikasi; Pemasaran Mutu, MadrasahAbstrak
Komunikasi merupakan komponen penting dalam pendidikan sebagai sarana untuk menghubungkan antar komponen pendidikan. Peran komunikasi dalam pemasaran mutu pendidikan merupakan interaksi positif yang harus dibangun oleh stakeholders sebagai upaya untuk menjaga eksistensi lembaga pendidikan. Pentingnya komunikasi harus dibangun secara internal lembaga pendidikan dan juga eksternal lembaga pendidikan berupa masyarakat sebagai upaya untuk membangun sinergitas lembaga dengan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Seumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang dipilih adalah Kepala Madrasah, Tata Usaha (TU), dan guru yang terlibat dalam komunikasi pemasaran mutu pendidikan. Sedangkan keabsahan data melalui derajat kepercayaan (credibility). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pola komunikasi dalam pemasaran mutu terdapat dua pola komunikasi. (1) komunikasi dengan siswa, meliputi bidang akademik dan non akademik. (2) komunikasi dengan stakeholder madrasah. Kedua, unsur-unsur yang mempengaruhi komunikasi yaitu (1) prestasi madrasah (2) ciri khas madrasah. Ketiga, gambaran efektifitas strategi komunikasi dalam pemasaran mutu pendidikan yaitu, (1) meningkatnya jumlah peserta didik. (2) komunikasi yang baik dengan masyarakat. (3) prestasi siswa. Keempat, hambatan dalam stategi komunikasi pemasaran mutu, (1) pendanaan, (2) kerjasama tim, (3) georafisReferensi
Agus Hermawan, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2012.
Amrullah Aziz, Peningkatan Mutu. Jurnal Studi Islam, Volume 10, No. 2 Desember 2015.
Edward Sallis, Total Quality Managemen in Education; Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD, 2010.
George R. Terry & Leslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015.
Imam Faizin, Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, Volume 7 Nomor 2 Edisi Agustus 2017.
M. Munir, Intizam, Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1, Nomor 2, April 2018.
Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2007.
Mustolih & Tri Murni. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MIN 1 Kebumen. Journal Cakrawala IAINU Kebumen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Volume. 2 No. 1. Tahun 2018.
Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.
Siswanto & Karimullah, Sekolah Hijau. Surabaya: Salsabila Putra Pratama, 2016.
Umiarso & Imam Gojali, Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jogjakarta: Ircisod, 2011.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 FIKROTUNA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.