Pendidikan Islam Multikultural dalam Prespektif Azyumardi Azra

Penulis

  • abdul halim IAI Al-Khiarat

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.5081

Kata Kunci:

: Pendidikakn Islam, Multikultural, Azyumardi Azra

Abstrak

Pendidikan Islam Multikultural adalah model pendidikan yang dipercaya menjadi sarana efektif dalam menanamkan nilai multi kultur kepada peserta didik sehingga ia diharapkan dapat menerima dan meghormati segala macam perbedaan yang ada sebagai suatu keniscayaan dan sunnatullah. Azyumardi Azra merupakan sosok pembaharu dalam dunia pendidikan Indonesia yang concern dalam diskusi-diskusi tentang pluralisme, dan multikultural sehingga pemikiran-pemikirannya menganai model pendidikan Islam multikultural sangat penting untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pendidikan Islam Multikultural  dalam prespektif Azyumardi Azra. Ada 2 fokus kajian dalam penelitian ini meliputi; Pertama, konsep Pendidikan Islam Multikultural dalam prespektif Azyumardi Azra. Kedua, nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural dalam prespektif Azyumardi Azra. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian  kualitatif  dan termasuk jenis penelitian studi pustaka, yang memerlukan olahan kebermaknaan secara filosofis, teoritis yang terkait dengan nilai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Pendidikan Islam Multikultural dalam prespektif Azyumardi Azra berorientasi kepada  pembentukan manusia yang beriman, bertaqwa, menjadi ahli-ahli yang kompeten, menerima terhadap keragaman budaya yang ada dalam merespons perubahan demografi dan kultur lingkungan masyarakat. Tujuan kurikulum Pendidikan Islam multikultural diarahkan kepada pembentukan manusia yang memiliki wawansan Islam wasathiyah. Konten kurikulum Pendidikan Islam multikultural harus berisikan; 1) memiliki unsur kearifan dengan menuai kedamaian. 2) mampu menarasikan aspek kebangsaan. 3) mencangkup subjek multikultural seperti; toleransi, ethno kultual, agama, mediasi, HAM,  demokrasi dan pluralitas. Metode yang relevan adalah dengan active learning. Sedangkan urgensinya adalah sebagai  langkah yang strategis untuk menanggulangi fenomena eksterimisme dan radkalisme. Kedua, Adapun nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural menurut Azyumardi Azra meliputi; 1) Tasaamuh/toleransi, 2) Wasathiyah/moderat, 3) Takriim/saling menghormati, 4) Humanity/ kemanusiaan, 5) Perdamaian.

Referensi

Azra, Azyumardi. 1998. Esai-esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana.

Azra, Azyumardi. 2004. Pendidikan Agama Multikultural. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Azra, Azyumardi. 2007. Merawat Kemajemukan Merawat Indonesia, (Yokyakarta: Institute Pluralism and Multikultarism Studies (Impulse) dan Kanisius.

Azra, Azyumardi. “Identitas dan Krisis Budaya; Membengun Multikulturalisme Indonesiaâ€, dalam http//www.lpmpbanten.net, diakses 17 Juni 2021.

Azra, Azyumardi. 2007. Merawat Kemajemukan Merawat Indonesia, (Yokyakarta Institute Pluralism and Multikulturalism Studies (Impulse) dan Kanisius.

Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Azra, Azyumardi. 2000. Moderasi Islam di Indonesia: dari Ajaran, Ibadah, hingga Perilaku. Jakarta: Kencana.

Azra, Azyumardi. 2020. Membebasakan Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Azra, Azyumardi. “Memupuk Bibit-Bibit Toleransi dalam Kebhinnekaanâ€, ELSAM: Lembaga Studi & Advokasi Masyarakat. Dalam https://elsam.or.id/.

Azra, Azymardi. 2000. Islam Subtantif: Agar Umat Tidak Jadi Buih. Bandung: Mizan.

Azra, Azyumardi. “Kerukunan Beragama Sumbangan Berharga Bagi Kesatuan Bangsaâ€, LIPI: Indonesian Institute Of Science, dalam http://lipi.go.id/lipimedia, diakses 17 Juni 2021.

Bakri, Masykuri. 2013. Kebijakan Pendidikan Islam. Jakarta: Nirwana Media.

Mahfud, Choirul. 2006. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yakin. M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demoktasi dan Keadilan.Yogyakarta: Nuansa Aksara.

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

(http://m.detik.com/news/berita-jawa-timur/d-3438277/ansor-dan-banser-sidoarjo-minta-ceramah-khalid-basalamah-dihentikan)

(https://www.bps.go.id/KegiatanLain/view/id/127).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-08

Cara Mengutip

halim, abdul. (2021). Pendidikan Islam Multikultural dalam Prespektif Azyumardi Azra. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 10(01), 139–157. https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.5081

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.