Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Aktif dan Kreatif di Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan

Penulis

  • Hidayatul Mutmainah IAI Al-Khiarat, Pamekasan
  • Samsul Arifin IAI Al-Khiarat Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v14i02.5417

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif dan Tindakan kelas

Abstrak

Persoalan dalam penelitian ini akan mengungkap penerapan metode pembelajaran aktif dan kreatif di Madrasah  Aliyah Darul Ulum Banyuanyar Palengaan Pamekasan, penelitian ini bertujuan supaya dapat mendeskripsikan metode pembelajaran yang diterapkan di Madrasah Aliyah Darul ulum Banyuanyar. dan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data primer melalui wawancara dan observasi adapun data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Dari hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran di Madrasah belum efektif karena masih menggunakan metode konvensional seperti metode ceramah, metode diskusi, dan metode demonstrasi. Perlu mengembangkan variasi metode pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi aktif dan kreatif.

Referensi

Afrizal, 2016. Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya mendukung Pengunnaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu, (Jakarta: Rajawali Pers).

Anwar, Qomar, 2005. Manajemen Pendidikan Islam, (Jakarta; Gema Insani)

Bogdan, R.C., & Biklen, S.K, 1998. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. (Third Edition. Boston: Ally and Bacon, Inc).

Burhanuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran.(Jogjakarta; Ar-Ruzz Media)

Hidayat, A., Sa'diyah, M., & Lisnawati, S. 2020. Metode pembelajaran aktif dan kreatif pada madrasah diniyah takmiliyah di kota bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9.

Jauhar Muhammad, Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai ke Konstruktivistik Contextual Teaching & Learning.

M. Arifin, 2006. Ilmu Pendidikan Islam,Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, (Cet II, Jakarta; PT Bumi Aksara).

Majid Abdul dan Jusuf Mudzakkir, 2006. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta; Kencana)

N.Ulfatin, 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. (Malang: Banyumedia Publishing).

Prawironegoro Darsono, 2010. Filsafat Ilmu Pendidikan, (Jakarta; Nusantara Consulting)

Qowaid dkk. 2007. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (SMP). (Jakarta: Pena Citasatria.)

Rama Bahaking, 2011. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Kajian Dasar, (Makassar; Alauddin University Press)

Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Cet. II; Jakarta: Raja gravido)

Sumiati dan Asra, 2007. Metode Pembelajaran, (CV Wacana Prima; Bandung)

Sutrisno dan Muhyidin Albarobis, 2012. Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial, (Jogjakarta; Ar-Ruz Media)

Tafsir Ahmad, 2004. Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam, (Bandung; Mimbar Pustaka)

Yunus Mahmud, 2006. Pendidikan dan Pengajaran, (Jakarta; Hidakarya Agung)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-29

Cara Mengutip

Mutmainah, H. ., & Arifin, S. . (2021). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Aktif dan Kreatif di Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 10(02), 2039–2056. https://doi.org/10.32806/jf.v14i02.5417

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.