Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pandangan Banks

Penulis

  • Mo’tasim Mo’tasim STAI Al-Ibrohimi Bangkalan
  • Moh. Kalam Mollah Institut Teknologi Adithama Surabaya
  • Ifa Nurhayati Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v15i01.5863

Kata Kunci:

Pendidikan multicultural, James A Banks

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk membahasa tentang pendidikan multicultural dalam pandangan James Bank. Kajian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan library research menjadikan pandangan Banks sebagai rujukan utama dan beberapa dokumen jurnal ilmiah lainnya sebagai data pembanding untuk analisis pandangan Banks. Penelitian ini menghasilkan bahwa James A. Banks, profesor kulit hitam pertama yang dipekerjakan oleh College of Education, akan pensiun pada bulan Januari setelah mengajar di UW selama setengah abad. Dikenal di seluruh dunia karena beasiswa perintisnya di bidang pendidikan multikultural, Menurut Banks  the dimension of multikultural education. ada 5 dimensi Pendidikan multikultural yang harus ada dalam Pendidikan multikultural. Pertama integrasi Pendidikan multikultural dalam kurikulum, kedua kontruksi ilmu pengetahuan. Ketiga pengurangan prasangka, keempat . An equity pedagogy (Pedagogi kesetaraan), kelima pemberdayaan budaya sekolah dan struktur social. Bank dengan lima dimensi tersebut membuka jalan terang dalam menjawab perdebatan barat soal disparitas dan pengelompokan sebuah etnis dan budaya. Pendidikan multicultural ala bank sangat cocok diterapkan pada spirit pendidikan nasional.

Referensi

Achmad Rois: Pendidikan Islam Multikultural…308-309.

Azyumardi Azra, Pendidikan Multikultural; Membangun KembaliIndonesia Bhineka Tunggal Ika, dalam Tsaqafah, Vol. I, No. 2, 2003,138

Dede Rosyada, Pendidikan multicultural di Indonesia sebuah panndangan konsepsional ( Sosio Didaktika: Vol. 1, No. 1 Mei 2014), 3. Lihat juga Azyumardi Azra, Pendidikan Multikultural; Membangun Kembali Indonesia Bhineka Tunggal Ika, dalam Tsaqafah, Vol. I, No. 2, 2003,138

Dede Rosyada, Pendidikan multikultural di Indonesia sebuah panndangan konsepsional ( Sosio Didaktika: Vol. 1, No. 1 Mei 2014),

Ema, penerapan pendidikan Islam multikultural berbasis kearifan lokal di Pondok Pesantren Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang dan Pondok Pesantren Mambaul Qur’an (Malang: Disertasi, 2020), 7.

H.A.R. Tilaar, Multikulturalisme : Tantangan-tantangan besar masa depan dalam tranformasi Pendidikan Nasional ( Jakarta : gramedia, 2004), 140.

http:/sp2010.bps.go.id/files/ebook/kewarganegaraan%20indonesia/index.html

https://lizditz.typepad.com/files/jamesbanksonmulticulturalism.pdf

https://magazine.washington.edu/feature/james-banks-uw-retires-multicultural-education/

Ibn Hisyam, al-Syirah alNabawiyyah, tahqiq: Musthafa as-Saqa‟, cet.ke-2, juz. 1, (Mesir: Musthafa al-Babi al-Hilyi, 1375 H/1955 M), 501.

James A. Bank & Cherry A. McGee Banks, Multikulturaleducation : Issues and Perspective (United state of America : Willey, 2010), 22. Baca juga dalam Mufiqur Rahman, Internalisasi nilai kesetaraan dalam pendidikan pesantren muadalah (Malang : disertasi, UNISMA 2021), 40.

James A. Bank & Cherry A. McGee Banks, Multikulturaleducation : Issues and Perspective (United state of America : Willey, 2010), 22.

James A. Bank, Multicultural Education: Development, Dimensions, and Challenges (The Phi Delta Kappan, Vol. 75, No. 1 (Sep., 1993), 22-28

Kathleen Lynch dan John Baker, Equality in education: An equality of condition perspective (Equality Studies Centre, University College Dublin. 2005), 131

Luciana Castellia, Serena Ragazzia & Alberto Crescentinia, International Conference on Education and Educational Psychology (ICEEPSY 2012) Equity in education: a general overview(Procedia - Social and Behavioral Sciences 69 ( 2012 ) 2243 – 2250, 2246.

Mohammad Tholchah Hasan, Pendidikan Multikulturla...,8

Mohammad Tholchah Hasan, Pendidikan Multikulturla...,8.

Mufiqur Rahman, et al. Eksplorasi nilai-nilai kesetaraan dalam pendidikan pesantren mu’adalah (Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 8. N0. 1. 2020), 40.

Mufiqur Rahman, Internalisasi nilai kesetaraan dalam pendidikan pesantren muadalah (Malang : disertasi, UNISMA 2021), 40.

PT Ichtiar Baru Van hoeve, 1996), 1028-1032.

Ralph Hippe,et.al“ Equity education in Europe†(Joint Research centre with European commission in house science service, 2016), 2.

Scott Lash dan Mike Featherstone (ed.), Recognition And Difference: Politics, Identity,Multiculture (London: Sage Publication, 2002), hlm. 2-6

Sutarno, Teori dan pendekatan Pendidikan multicultural (tanpa tahun terbit)

Sutarno, Teori dan pendekatan Pendidikan multikultural (tanpa tahun terbit)

Syaikh Shaifurrahman Al-Mubarakfury, Sirah Nabawiyah, cet.ke-19, (Jakarta: Pustaka al Kausar, 2005), 255.

Tri Astutik Haryati, Islam Dan Pendidikan Multikultural..,155-156.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-28

Cara Mengutip

Mo’tasim, M., Mollah, M. K. ., & Nurhayati, I. . (2022). Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pandangan Banks. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 11(01), 72–90. https://doi.org/10.32806/jf.v15i01.5863

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.