Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pandangan Banks
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v15i01.5863Kata Kunci:
Pendidikan multicultural, James A BanksAbstrak
Artikel ini bertujuan untuk membahasa tentang pendidikan multicultural dalam pandangan James Bank. Kajian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan library research menjadikan pandangan Banks sebagai rujukan utama dan beberapa dokumen jurnal ilmiah lainnya sebagai data pembanding untuk analisis pandangan Banks. Penelitian ini menghasilkan bahwa James A. Banks, profesor kulit hitam pertama yang dipekerjakan oleh College of Education, akan pensiun pada bulan Januari setelah mengajar di UW selama setengah abad. Dikenal di seluruh dunia karena beasiswa perintisnya di bidang pendidikan multikultural, Menurut Banks the dimension of multikultural education. ada 5 dimensi Pendidikan multikultural yang harus ada dalam Pendidikan multikultural. Pertama integrasi Pendidikan multikultural dalam kurikulum, kedua kontruksi ilmu pengetahuan. Ketiga pengurangan prasangka, keempat . An equity pedagogy (Pedagogi kesetaraan), kelima pemberdayaan budaya sekolah dan struktur social. Bank dengan lima dimensi tersebut membuka jalan terang dalam menjawab perdebatan barat soal disparitas dan pengelompokan sebuah etnis dan budaya. Pendidikan multicultural ala bank sangat cocok diterapkan pada spirit pendidikan nasional.Referensi
Achmad Rois: Pendidikan Islam Multikultural…308-309.
Azyumardi Azra, Pendidikan Multikultural; Membangun KembaliIndonesia Bhineka Tunggal Ika, dalam Tsaqafah, Vol. I, No. 2, 2003,138
Dede Rosyada, Pendidikan multicultural di Indonesia sebuah panndangan konsepsional ( Sosio Didaktika: Vol. 1, No. 1 Mei 2014), 3. Lihat juga Azyumardi Azra, Pendidikan Multikultural; Membangun Kembali Indonesia Bhineka Tunggal Ika, dalam Tsaqafah, Vol. I, No. 2, 2003,138
Dede Rosyada, Pendidikan multikultural di Indonesia sebuah panndangan konsepsional ( Sosio Didaktika: Vol. 1, No. 1 Mei 2014),
Ema, penerapan pendidikan Islam multikultural berbasis kearifan lokal di Pondok Pesantren Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang dan Pondok Pesantren Mambaul Qur’an (Malang: Disertasi, 2020), 7.
H.A.R. Tilaar, Multikulturalisme : Tantangan-tantangan besar masa depan dalam tranformasi Pendidikan Nasional ( Jakarta : gramedia, 2004), 140.
http:/sp2010.bps.go.id/files/ebook/kewarganegaraan%20indonesia/index.html
https://lizditz.typepad.com/files/jamesbanksonmulticulturalism.pdf
https://magazine.washington.edu/feature/james-banks-uw-retires-multicultural-education/
Ibn Hisyam, al-Syirah alNabawiyyah, tahqiq: Musthafa as-Saqa‟, cet.ke-2, juz. 1, (Mesir: Musthafa al-Babi al-Hilyi, 1375 H/1955 M), 501.
James A. Bank & Cherry A. McGee Banks, Multikulturaleducation : Issues and Perspective (United state of America : Willey, 2010), 22. Baca juga dalam Mufiqur Rahman, Internalisasi nilai kesetaraan dalam pendidikan pesantren muadalah (Malang : disertasi, UNISMA 2021), 40.
James A. Bank & Cherry A. McGee Banks, Multikulturaleducation : Issues and Perspective (United state of America : Willey, 2010), 22.
James A. Bank, Multicultural Education: Development, Dimensions, and Challenges (The Phi Delta Kappan, Vol. 75, No. 1 (Sep., 1993), 22-28
Kathleen Lynch dan John Baker, Equality in education: An equality of condition perspective (Equality Studies Centre, University College Dublin. 2005), 131
Luciana Castellia, Serena Ragazzia & Alberto Crescentinia, International Conference on Education and Educational Psychology (ICEEPSY 2012) Equity in education: a general overview(Procedia - Social and Behavioral Sciences 69 ( 2012 ) 2243 – 2250, 2246.
Mohammad Tholchah Hasan, Pendidikan Multikulturla...,8
Mohammad Tholchah Hasan, Pendidikan Multikulturla...,8.
Mufiqur Rahman, et al. Eksplorasi nilai-nilai kesetaraan dalam pendidikan pesantren mu’adalah (Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 8. N0. 1. 2020), 40.
Mufiqur Rahman, Internalisasi nilai kesetaraan dalam pendidikan pesantren muadalah (Malang : disertasi, UNISMA 2021), 40.
PT Ichtiar Baru Van hoeve, 1996), 1028-1032.
Ralph Hippe,et.al“ Equity education in Europe†(Joint Research centre with European commission in house science service, 2016), 2.
Scott Lash dan Mike Featherstone (ed.), Recognition And Difference: Politics, Identity,Multiculture (London: Sage Publication, 2002), hlm. 2-6
Sutarno, Teori dan pendekatan Pendidikan multicultural (tanpa tahun terbit)
Sutarno, Teori dan pendekatan Pendidikan multikultural (tanpa tahun terbit)
Syaikh Shaifurrahman Al-Mubarakfury, Sirah Nabawiyah, cet.ke-19, (Jakarta: Pustaka al Kausar, 2005), 255.
Tri Astutik Haryati, Islam Dan Pendidikan Multikultural..,155-156.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 FIKROTUNA
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.