Teori Pemrosesan Informasi dalam Model Pembelajaran di SD/ MI

Penulis

  • Irwan Setia Budi Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v15i01.5865

Kata Kunci:

Pembelajaran, Teori Pemprosesan Informasi, SD/MI

Abstrak

Teori pemerosesan informasi ini dadasari oleh asumsi dasar bahwa pembelajaran menjadi faktor yang sangat penting dalam perekembangan. Perkembangan merupakan hasil komulatif dari pembelajaran. Dalam pembelajaran terjadi proses informasi, untuk diolah sehingga menghasilkan bentuk hasil belajar. Dalam pengolahan informasi terjadi adanya interaksi antara kondisi-kondisi internal dan kondisi eksternal individu. Informasi adalah pengetahuan yang didapat dari pembelajaran, pengalaman atau instruksi. Jadi teori pengolahan informasi mengandung pengertian tentang bagaimana individu mempersepsi, mengorganisasi, dan mengingat sejumlah besar informasi yang diterima individu dari lingkungan. Adapun proses kerja otak dan mekanisme teori pengolahan informasi terbagi dalam bebrapa tahapan-tahapan, diantaranya: a) Stimulus dari Lingkungan; b) pusat penampungan; c) short term memory (memori jangka pendek); d) transfer memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang; e) long term memory (memori jangka panjang); f) pusat perencanaan; g) alat pelaksana.Aplikasi Teori Pengolahan Informasi dalam Pembelajaran di SD/MI terbagi menjadi tiga yaitu: Organisator pengan, keadaan belajar, dan muatan kognitif.

Referensi

Budiningsih, Asri. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.

Gagne, Robert M., Prinsip-Prinsip Belajar Untuk Pengajaran, terj. Abdillah Hanafi. Surabaya: Usaha Nasional.

Gredler, Margaret E. Bell. Buku Petunjuk Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Universitas Terbuka, 1988.

Khotijah, Sertiana. dkk“ Penerapan Model Pemprosesan Informasi Pada Pembelajaran Membaca Siswa di SMP Negeri 02 Bengkulu Utara†Jurnal ilmiah Korpus, Vol. 1, No. 2, (Desember, 2017).

Muhadjir, Noeng. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.

Musbikin, Imam. Guru Yang Menakjubkan. Yogyakarta: Buku Biru, 2010.

Musdalifah, Ririn. “Pemrosesan dan Penyimpanan Informasi pada Otak Anak dalam Belajar: Short Term and Long Term Memoryâ€, Al-Ishlah; Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 17, No. 2, (2019).

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.

Nofrian, Komonikasi Pendidikan Penerapan Teori Dan Konsep Komonikasi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2016.

Rehalat, Aminah “Model Pembelajaran Pemprosesan Informasiâ€, JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 23, No. 2, (Desember, 2014).

Santrock, John.W., Psikologi Pendidikan, terj. Tri Wibowo. B.S. Jakarta: Kencana, 2011.

Wilis, Ratna Dahar. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga 2006.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-28

Cara Mengutip

Setia Budi, I. . (2022). Teori Pemrosesan Informasi dalam Model Pembelajaran di SD/ MI. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 11(01), 130–145. https://doi.org/10.32806/jf.v15i01.5865

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.