Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Membentuk Perilaku Belajar Siswa SMA Walisongo Gempol

Penulis

  • Mardiyah Mardiyah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Moh. Ismail Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Nanang Hidayat Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Zaini Zaini Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Slamet Widodo Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.5898

Kata Kunci:

Implementasi tata tertib sekolah; perilaku belajar siswa

Abstrak

Tata tertib sekolah adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur kehidupan sekolah sehari-hari. Kewajiban menaati tata tertib sekolah adalah hal yang penting, mentaati atau kepatuhan juga memiliki nilai tersendiri, nilai tersebut merupakan standart perilaku, ukuran yang menentukan perilaku seseorang tentang baik dan tidak baik, indah dan tidak indah, patuh dan tidak patuh layak dan tidak layak dan lain sebagainya. Tata tertib tersebut merupakan bagian dari sistem persekolahan dan bukan sekedar sebagai kelengkapan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagimana implementasi tata tertib sekolah dalam membentuk perilaku siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, perilaku yang dikembangkan di SMA Walisongo gempol adalah yakni perilaku belajar siswa dalam mengikuti pelajaran sehari-hari, perilaku belajar siswa dalam membaca buku, perilaku belajar siswa dalam mengikuti ujian dan yang  terakhir adalah perilaku belajar siswa dalam mengunjungi perpustakaan. Sedangkan Implementasi tata tertib sekolah dalam membentuk prilaku belajar siswa di SMA Walisongo Gempol adalah tata tertib berpakaian dan tata tertib terhadap larangan. Faktor pendukung dalam implementasi tata tertib sekolah dalam membentuk perilaku belajar siswa di SMA Walisongo Gempol, yaitu: a. Faktor-faktor yang menjadi pendukung yaitu: Faktor pimpinan sekolah, guru, dan siswa, Faktor tokoh masyarakat. Sedangkan faktor penghambat adalah, diri sendiri dan lingkungan

Referensi

Arsaf, Nurul Asmi. “Faktor Penyebab Pelanggaran Tata Tertib (Studi Pada Siswa di SMA Negeri 18 Makassar)

Abu Ahmadi, Psikologi Umum (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003)

Budiardjo Miriam, Dasar-Dasar ilmu politik (PT. Gramedia Pustaka, Jakarta, 1972),

Departemen Agama, Wawasan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan (t.tp., Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005)

Endang Ekowarni. “Kenakalan Remaja: Suatu Tinjauan Psikologi Perkembangan,†no. 2 (1993): 24–27.

Fawaid, Moh. Mansyur. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa.†Civic Hukum 2, no. 01 (2017): 9–19.

Hadianti, Leli Siti. “TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA ( Penelitian Deskriftif Analisis Di SDN Sukakarya II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut )†(2003): 1–8.

Hasbullah, Otonomi Pendidikan (Jakarta: PT Rajawali Pers, 2010),

Jawa Pos.com. “Fenomena Kenakalan Remaja Berujung Kriminalitas,†2022.

Liputan6.com. “Polda Jatim Ungkap 5.700 Kasus Kriminal Sepanjang 2021, Sita 124 Kg Sabu,†2021.

Munib, Achmad. “Pengantar Ilmu Pendidikan.†Semarang: UPT MKK UNNES (2004).

Nasional, Undang-undang Sistem Pendidikan. “Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional†(2003).

Nurul Asmi Arsaf Pendidikan Sosiologi FIS-UNM.†Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM HASIL 02, no. 01 (2019).

R.E Slavin, Educational Psychology: Theory and Practice (Massachusetts: Allyn and Bacon, 2000)

Sardiman AM, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru Dan Calon Guru (Jakarta: Rajawali Cet k V, 2005)

Sigit Tri Utomo dan Luluk Ifadah. “Kenakalan Remaja Dan Psikososial Sigit.†Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam 05, no. 02 (2019).

Sindo, Koran. “Tindak Kriminalitas Anak Sangat Memprihatinkan,†2019.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 1990)

Suradi. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah.†BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual 2, no. 4 November (2017): 522–533.

Triastutik, Ariska, and Anwar Sutoyo. “Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Disiplin Tata Tertib Sekolah Pada Siswa SMA.†Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application 9, no. 1 (2020).

Tunggal, Amin Widjaja. “Manajemen Mutu Terpadu Suatu Pengantar†(1993).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-04

Cara Mengutip

Mardiyah, M. ., Ismail, M., Hidayat, N. ., Zaini, Z., & Widodo, S. . (2023). Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Membentuk Perilaku Belajar Siswa SMA Walisongo Gempol. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 11(02), 32–43. https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.5898

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.