Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk Kepribadian Anak Di Kepenghuluan Panipahan Darat Kecamatan Pasir Limau Kapas

Penulis

  • Khairul Abdi Universitas Esa Unggul
  • Erman Anom Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6270

Kata Kunci:

Pola komunikasi orang tua, membentuk keperibadian anak

Abstrak

Masalah yang diangkat adalah bagaiaman pola komunikasi orang tua dalam membentuk keperibadian khususnya para orang tua yang memiliki anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan orang tua kepada anak baik dalam menanamkan nilai religius dan agama, dalam memberikan pengarahan kepada anak agar tidak melakukan hal yang menyimpang dan melanggar norma agama. Berbagai teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya teori komunikasi, pola komunikasi, komunikasi interpersonal dan kepribadian anak. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatatif yang menghasilkan data melalui pengumpulan data dan menggambarkan keadaan obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya, teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisa data yaitu melakukan wawncara mendalam kepada narasumber/informan yang tercatat sebagai orangtua yang memiliki anak. Hasil penelitian ini adalah orangtua sangat berperan penting dalam membentuk kepribadian anak-anaknya terutama anak remaja dimana anak tersebut sedang mengalami masa peralihan dari masa kanak-kanak menjadi dewasa sehingga orang tua dituntut untuk lebih peka dan terbuka terhadap perubahan keadaan sekelilingnya terutama masalah kebutuhannya. Sudah selayaknya orang tua lebih memperhatikan perkembangan anaknya serta memberikan pengarahan dan nasihat serta lebih memperhatikan perkembangan anaknya untuk memberikan perhatian dan kasih sayang. Orangtuanya harus sering melakukan komunikasi antar pribadi kepada anaknya dengan menanamkan nilai-nilai religius dan nilai-nilai sosial kepada anak agar orang tua dapat membantu dalam membentuk keperibadian anak supaya baik dan benar. Tidak hanya itu saja orang tua juga memberikan dukungan penuh kepada kegiatan yang dilakukan anaknya selagi ahal itu positif dan mengajarkan anak sebagai teman berbagi cerita sehingga anak dapat lebih terbuka jika ia memiliki masalah dan menemukan soslusi yang dapat dari orangtuanya

Referensi

Arikunto. Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Achamadi. 1999. Islam Sebagai Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Cangara, Hafield. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Data Statistik Jumlah Penduduk Kepenghuluan Panipahan darat Kecamatan pasir Limau Kapas. Diperoleh dari Penghulu Panipahan Darat pada tanggal 22 November 2022.

D.Gunarsa, Singgih. Yulia Singgih D. Gunarsa. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Djamarah, Bahri, Syaiful. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Fauzi, Ahmad. 1997. Kepribadian Anak. Bandung. CV. Mizan Mandiri.

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hurlock, E. B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehdupan. Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Muhammad Mufid, M.Si, 2010. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran, cet.ke-3 (Jakarta: Kencana.

Kartono, Kartini. 1997. Tinjauan Holistik Mengenai Tujuan Nasional. Jakarta: PT Prayatna Paramita.

Hidjanto,Djamal, 2011. Andi Fachrudin, Dasar-Dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional dan Regulasi , Jakarta: Kencana.

St. Rahma, Januari 2018. “Pola Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anakâ€, Jurnal Alhadharah, Vol. 17, Nomor 33.

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Mulyana, Dedi.. 2007. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, Dedi. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantari. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samsul. Munir. 2001. Pengantar komunikasi Dakwah. Jakarta: Bina Pustaka Mulia.

Siahaan, S.M. 1991. Komunikasi Pemahaman dan Penerapan. Jakarta: Gunung Mulia.

Arikunto. Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

M. Arifin, 2008. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga, Cet. IV, Jakarta: Bulan Bintang.

Sujanto, Agus. 2008. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

W. Syam. Nina. 2007. Model-model Komunikasi. Bekasi: Grafindo Indah.

Widjaya. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-04

Cara Mengutip

Abdi, K., & Anom, E. . (2023). Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk Kepribadian Anak Di Kepenghuluan Panipahan Darat Kecamatan Pasir Limau Kapas. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 11(02), 252–269. https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6270

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.