KONSEP KEWAJIBAN MANUSIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DAN KONSEP KERIDHAAN ALLAH (MARDHÄ€TILLÄ€H) SEBAGAI TUJUAN AKHIR PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Pahrizal Pahrizal Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Uus Ruswandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6286

Kata Kunci:

Islam; Multikulturalisme; Pendidikan

Abstrak

Abstrak   Pendidikan Multicultural merupakan pendidikan untuk semua kalangan tanpa ada pembedaan antar satu dengan yang lain, Islam sebagai Agama yang Rahmatan Lil’ÄlamÄ«n yang diturunkan kepada manusia juga memperhatikan hal tersebut, Islam menegaskan bahwa tidak pembeda antara manusia di sisi Allah dari aspek kultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pendidikan Mmultikultural dalam persepektif Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pengambilan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun hasil dari kajian ini pendidikan Multikultural adalah sebagai sunnatullÄh sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari, tidak ada pembedaan pandangan mansusia yang  berbeda ras, budaya maupun agama dan kepercayaan. Di Pondok Pesantren semua santri mendapatkan hak pendidikan yang setara atau sama dengan santri yang lain, tidak membedakan dari kalangan yang mampu atau kurang mampu, berstatus Ekonomi yang tinggi atau rendah, begitu juga tidak membedakan fasilitas tidak ada perbedaan semuanya mendapatkan seperti layaknya yang lain. Begitu juga tidak ada pembedaan sebab suku maupun bahasa. Kata Kunci : Islam; Multikulturalisme; Pendidikan

Biografi Penulis

Pahrizal Pahrizal, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

     

Mohamad Erihadiana, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

     

Uus Ruswandi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

   

Referensi

Agustina, Linda, and Zaini Bidaya. Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Proses Pembelajaran Ppkn Di Smp Negeri 3 Lingsar Lombok Barat. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 6, no. 2 (January 18, 2019): 54.

Akhmad, Taufik. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Di Masa Pandemi Covid 19. Muttaqien 3, no. 1 (2022).

Amin, Muh. Pendidikan Multikultural. Jurnal Pilar 9, no. 1 (2018).

Astawa, I Nyoman Temon. Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Bangsa. Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Daerah 2, no. 1 (2022): 72-82.

Azra, Azyumardi. Merawat Kemajemukan Merawat Indonesia. Yogyakarta: Institute Pluralism and Multikultarism Studies (Impulse) dan Kanisius, 2007.

———. Pendidikan Agama Multikultural. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2004.

Baharun, Hasan. Pendidikan Anak Dalam Keluarga; Telaah Epistemologis. Pedagogik; Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (2016).

Bp, Abd Rahman, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, and Yuyun Karlina. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa 2, no. 1 (2022).

Dasmaniar, Dasmaniar. Survey Tentang Masalah-Masalah Yang Dihadapai Oleh Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Inuman. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 2, no. 1 (January 29, 2018): 65.

Ekwandari, Yustina Sri, Yusuf Perdana, and Nur Indah Lestari. Integrasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA YP UNILA. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah 9, no. 1 (February 24, 2020): 15-31.

Fauziyah, Rahmah, Tri Indri Hardini, Dadang Sunendar, Yulianeta Yulianeta, Khaerudin Kurniawan, and Halimah Halimah. Bahasa Sebagai Pemersatu Bangsa: Eksistensi Literasi Digital dalam Penangkal Hoaks. Jurnal Penelitian Pendidikan 22, no. 1 (2022).

Fita Mustafida. Integrasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4, no. 2 (April 15, 2020): 173-185.

Halim, Abdul. Pendidikan Islam Multikultural dalam Prespektif Azyumardi Azra. FIKROTUNA; Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam 13, no. 1 (2021).

Handayani, Fitri, Uus Ruswandi, Mohamad Erihadiana, and Muhammad Hasan Basari. Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Islam (Ipi). MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syariah dan Tarbiyah 5, no. 2 (December 21, 2020): 67.

Hardianto. Pengaruh Ekonomi Terhadap Pendidikan Dan Peran Pendidikan Membangun Ekonomi. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2017): 17.

Idris, Meity H. Pendidikan Anak dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan PAUD 1, no. 1 (2016).

Indriyani, Dina. Hak Asasi Manusia Dalam Memperoleh Pendidikan. JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) 7, no. 1 (2017).

Mahfud, Choirul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Mailani, Okarisma, Irna Nuraeni, Sarah Agnia Syakila, and Jundi Lazuardi. Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal 1, no. 1 (January 30, 2022): 1-10.

Mashari, Ali. Profile Of High Touch In The Application Learning Process. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling 5, no. 1 (June 15, 2015): 65.

Mumtahanah, Lusia. Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (February 7, 2020): 55-74.

Nugraha, Dera, Uus Ruswandi, and M Erihadiana. Urgensi Pendidikan Multikultural Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1, no. 2 (2020).

Puspitasari, Ratna, Muhamad Basori, and Kukuh Andri Aka. Studi Kasus Rasa Kurang Percaya Diri Siswa Kelas Tinggi SDN 3 Tanjungtani Pada Saat Menyampaikan Argumennya Di Kelas dan Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri. BADAA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2022).

Saputra, Wisnu, and Subiyantoro. Pendidikan Anak dalam Keluarga. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (August 29, 2021): 1-6.

Sihombing, Eka NAM, and Cynthia Hadita. Persamaan Hak Atas Pendidikan terhadap Penerapan Sistem Zonasi. Jurnal HAM 12, no. 2 (August 26, 2021): 179.

Simatupang, Rejoice Leny, and Yonatan Alex Arifianto. Pendidikan Multikultural Dalam Membangun Integrasi Nasional. Matheteuo: Religious Studies 2, no. 1 (June 11, 2022): 1-10.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Sujana, I Wayan Cong. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (July 23, 2019): 29.

Suparman, Heru. Pendidikan Multikultural dalam Perspektif al-Quran. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman 1, no. 2 (October 14, 2019): 87-108.

Syakoer, Mukaromah. Pengaruh Tingkat Ekonomi Orang Tua Terhadap Jenjang Pendidikan Anak. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 3 (2022).

Wadud, Amina. Quran Menurut Perempuan. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2006.

Yugiswara, Anton, Sukidin Sukidin, and Titin Kartini. Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Movasi Belajar Siswa Kelas XI Ips Sma Negeri 1 Kraksaan Probolinggo Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial 13, no. 1 (April 21, 2019): 101.

Yunus, Firdaus M. Konflik Agama Di Indonesia Problem Dan Solusi Pemecahannya 16, no. 2 (2014).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-11

Cara Mengutip

Pahrizal, P., Erihadiana, M. ., & Ruswandi, U. . (2023). KONSEP KEWAJIBAN MANUSIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DAN KONSEP KERIDHAAN ALLAH (MARDHÄ€TILLÄ€H) SEBAGAI TUJUAN AKHIR PENDIDIKAN ISLAM. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(01), 189–205. https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6286

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.