The Implementation of Free Writing Paragraph on Student’s Writing Skill at the Seventh Grade of MTsN Parteker Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6311Kata Kunci:
menulis paragraf bebas, keterampilan menulisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan menulis paragraf bebas terhadap keterampilan menulis siswa dan mengukur keefektifan menulis paragraf bebas terhadap keterampilan menulis mereka. Variabel dalam penelitian ini adalah; menulis paragraf bebas sebagai variabel bebasnya dan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis siswa. Desain dalam penelitian ini adalah pre-experimental design (pre-test dan post-test), sedangkan pendekatannya adalah pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes dan dokumentasi, di samping itu peneliti mengambil satu kelas sebagai sampel penelitian. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa dan untuk mengukur seberapa signifikan pengaruh penggunaan menulis paragraf bebas terhadap keterampilan menulis siswa kelas VII MTsN Parteker Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan menulis paragraf bebas terhadap keterampilan menulis siswa memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik, dibuktikan dengan nilai t-hitung lebih tinggi dari t-tabel baik di 5%, atau 1% (5% = 2,05 < 10,017) atau (1% = 2,76 < 10,017). Temuan ini menunjukkan bahwa menulis paragraf bebas dapat menjadi pilihan bagi guru untuk memotivasi siswanya dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya di kelas menulis.Referensi
Ahmad. Shaik Riyaz, Importance of English Communication Skills, International Journal of
Applied Research, (India: Ijar, 2016).
Lauder. Allan, The Status and Function of English In Indonesia, Makara-Sosial Humaniora,
Vol 12 No.1, (Depok: University of Indonesia, 2008).
Gounda. Prashneel Ravisan, Vocabulary Learning Strategy (Vases) Employed by Learners Of
English As Foreign Language (Efl). English Language Teaching; Vol. 12, No. 5,
(National University, Lautoka, Fiji.2019).
Harmer. Jeremy, How to teach writing (England: Longman, 1988).
Cahyono. Bambang Yudi, The Tapestry of English Language teaching and Learning (Malang:
state University Press.
Alice Oshima Ann Hogue, Introduction to Academic Writing (USA: Person Education).
Littlejohn. Andrew, Writing Student’s Book 4 (Combridge:University Press, 2005).
Suyanto. Kasihani, K.E, English For Young Learners (Jakarta: Bumi Akasara, 2007).
Brown. H. Doglas, Teaching by Principles An interactive Approach to Language Pedagogy
third edition, (USA: Longman, 2007).
http://iteslj.org/Techniques/Dickson-Freewriting.html
Hwang. Ju A, a case study of the influence of free writing on writing fluency and confidence of
EFL college-level students (University of Hawaii, 2008).
Latief. Mohammad Adnan, Reearch Methods on Language learning An introduction, (Malang:
UM PRESS, 2012).
Purwanto, Metodologi Peneitian Kuantitatif (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008).
Creswell, Introduction to Research in Education.
Kasiram. Moh., metodologi penelitian kualitatif-kuantitatif, (Malang: UIN-Malang Press,
.
Sudidjono. Anas, Pengantar statistic pendidikan. (Jakarta: Rajawali Press). 2009.
Surapranata. Sumarna, Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes (Bandung:
PT Remaja Rosdakarya, 2004).
Dana L. Thomas. The Effects of Freewriting on High School Students’ Attitudes Toward
Writing, (University of North Florida, 1989).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.