IMPLEMENTASI PROGRAM MADRASAH DINIYAH SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Penulis

  • Lailatur Rifqiyah Unisma

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6388

Kata Kunci:

Kata Kunci: Implementasi, madrasah diniyah, pendidikan karakter.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menelaah dan mengetahui implementasi program madrasah diniyah serta internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di dalamnya. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian: pertama, proses pembelajaran dari awal hingga akhir sudah terprogram dan terjadwal dengan baik melalui kurikulum yang telah ditetapkan oleh kepala madrasah dan dilaksanakan oleh tim pengajar. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan efektif dan efisien, terdapat 2 jam pelajaran setiap hari dilakukan 45 menit setiap pertemuan. Materi ajar mencakup semua materi keislaman dari berbagai ilmu; terdiri dari fiqih, akhlak, hadis, tafsir, tajwid, imla’, bahasa arab, nahwu, shorrof, tarikh dan i’lal, metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi dan tanya jawab. Ketiga, evaluasi guru dan peserta didik. Evaluasi guru setiap bulan di minggu keempat. Evaluasi peserta didik di bulan sya’ban dan maulid, evaluasi penilaian tes tulis dan lisan. Keempat, program madrasah diniyah Sabilal Muhtadin dapat menguatkan pendidikan karakter peserta didik.   Kata Kunci: Implementasi, madrasah diniyah, pendidikan karakter.

Referensi

Ainissyifa, Hilda. “Pendidikan Karakter Dalam Perpsektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 8, no. 1 (2014): 4.

Anderson, Lorin W. The Efektive Teacher. Amerika: Me Graw International, 1989.

Camelia, Farrah. “Implementasi Kebijakan Program Tahfidz Alquran Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Alquran Putri Ibnu Katsir Jember.” Jurnal Islamika 20, no. 1 (2020): 4.

Daulay, Haidar Putra. Historisasi Efisiensi Pesantren Sekolah Dan Madrasah. Yogyakarta: PT Tiara Wacana, 2001.

DM, Herman. “Sejarah Pesantren Di Indonesia.” Jurnal Al-Ta’dib 6, no. 2 (2013): 148.

Fahmi, Agus. “Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Visionary (VIS) 6, no. 1 (2021): 36.

Faisol, Faisol, Budi Santoso, and Nailah Amaliya. “Implemetasi Full Day School Terhadap Pembentukan Moral Siswa SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan.” Molang: Journal Of Islamic Education 1, no. 01 (2023): 10–26.

Haedari, Amin. Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren Dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Dia Pustaka, 2006.

Imamuddin, Imamuddin, Walib Abdullah, and Fatihul Iqbal Maulana Muhyin. “THE APPLICATION OF THE MIND MAPPING METHOD IN IMPROVING STUDENT LEARNING ACHIEVEMENT IN MADRASAH DINIYAH.” Molang: Journal Of Islamic Education 1, no. 02 (2023): 29–43.

Istiyani, Dwi. “Tantangan Dan Eksistensi Madrasah Diniyah Sebagai Entitas Kelembagaan Pendidikan Keagamaan Islam Di Indonesia.” Edukasia Islamika 2, no. 1 (2017): 127.

“Kasus Pelecehan Seksual Ini Terjadi Di Lingkungan Pesantren.” Viva.Co, n.d.

Kemendikbud. Panduan Penilaian Untuk SD. Jakarta: Kemendikbud, 2016.

Kurniawan, Syamsul. “Pendidikan Karakter Dalam Islam.” Tadrib 3, no. 2 (2017): 198.

———. “Pendidikan Menurut Al-Ghazali.” At-Turats 3, no. 1 (2008): 27.

Mila Sabartiningsih, Dkk. “Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia.” Jurnal AWLADY 4, no. 1 (2018): 64.

Nizah, Nuriyatun. “Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11, no. 1 (2016): 40.

“Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia,” n.d.

“Pondok Pesantren Gontor Akui Ada Bullying Kasus Tewasnya Santri.” Kompas.Com, n.d.

Rambe, Andina Halimsyah, and Siti Aisyah. “Correlation of Auditory, Intellectually, Repetition (Air) Learning Models on Student Achievement.” Molang: Journal Of Islamic Education 1, no. 01 (2023): 1–10.

Sajadi, Dahrun. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 16–34.

Sanjaya, Wina. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005.

Sulistiyowati, Eni. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Edukasia 8, no. 2 (2013): 316–17.

Sunarni, Sunarni. “Pengaruh Penggunaan Media Wall Chart Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih.” Molang: Journal Of Islamic Education 1, no. 01 (2023): 26–34.

Tusyana, Eka. “Implementasi Kurikulum Madrasah Diniyah Di Asrama Putri IV Ponpes Darul Ulum Jombang.” Jurnal Tadrib 6, no. 1 (2020): 22–23.

Zakki, Mohammad, and Hazinah Hazinah. “Pesantren Pespektif Historis: Memahami Ragam Tipologi Dan Perkembangan Di Indonesia.” Molang: Journal Of Islamic Education 1, no. 01 (2023): 67–78.

Zuhriy, M. Syaifuddien. “Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf.” Jurnal Walisongo, 19, no. 2 (2011): 299.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-11

Cara Mengutip

Rifqiyah, L. . (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM MADRASAH DINIYAH SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER . FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(01), 349–364. https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6388

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.