Moderenisasi & Demokratisasi Pendidikan Islam

Kajian Konstruktif Lembaga Perguruan Tinggi Islam di Indonesia

Penulis

  • Rofiqi Rofiqi IAI Al-Khairat Pamekasan
  • Ah. Zakki Fuad UIN Sunan Ampel Surabaya
  • M. Yunus Abu Bakar

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6519

Kata Kunci:

Moderenisasi, Demokratisasi, Pendidikan, Islam

Abstrak

Pendidikan Islam sejatinya harus mampu berdialegtika dengan dinamika kehidupan sosial dan perkembangan tekhnologi. Melalui moderenisasi dan demokratrisasi pendidikan Islam, Azyumardi Azra menawarkan konstruksi pendidikan yang mampu menghadapi tantangan moderinitas dengan berpegang pada nilai dan ajaran agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pendangan dan konsepsi pendidikan Islam Azyumardi Azra serta bagaimana implikasinya terhadap konstruksi pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam dalam pandangan Azra harus diorientasikan pada pembentukan dan pembinaan kepribadian anak berlandaskan pada ajaran agama Islam. Tidak hanya itu, pendidikan Islam harus pula didesain dengan mempertimbangkan kompetensi siswa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, sebab dengan cara ini pendidikan Islam dapat menjalankan fungsinya untuk menyiapkan SDM seutuhnya. Dalam upaya moderenisasi dan demokratisasi pendidikan, Azra menawarkan beberapa langkah strategis meliputi; ideologis-normatif, mobilisasi politik, mobilisasi ekonomi, mobilisasi sosial, mobilisasi kultural. Pada saat yang sama, Azra juga menggungkap beberapa variabel yang mesti menjadi agenda mederinisasi yaitu; modernisasi administratif, modernisasi subkultural, ekpansi kapasitas. Selain itu, upaya demokratisasi pendidikan menurut Azra lebih kepada untuk menjadikan sistem pendidikan menjadi lebih adil, inklusif, dan partisipatif. Demokratisasi pendidikan menurutnya merupakan suatu proses perubahan sosial yang bertujuan menjadikan sistem pendidikan lebih merata dan berkualitas bagi seluruh warga negara. Menurutnya, demoktarisasi dalam pedidikan ditandai dengan; 1) adanya kurikulum yang dinamis dan memberikan ruang bagi terwujudnya kreatifitas peserta didik;   2) perubahan paradigma pendidikan Islam, dari otoriter ke demokratis; 3) adanya sinkronisasi antara lembaga pendidikan Islam dengan lingkungan masyarakat.

Referensi

Abuddin Nata. Pemikiran Para T Okoh Pendidikan Islam: Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam. III. Jakarta: Raja Grafindo P ersada, 2003.

Adfyan, Muhammad Mufarrizy, H Masykur Mansyur, and H Abdul H Kosim. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman Konsep Pendidikan Agama Islam Menurut Pemikiran Azyumardi Azra6, no. 2 (2021): 222-39.

Afroyina Zulfa. Kontribusi Pemikiran Pendidikan Islam Azyumardi Azra Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam DI Era Globalisasi Dan Moderenisasi. Tesis IAIN Ponor, no. 8.5.2017 (2022): 2003-5.

Ali, Kemas Masud. Integritas Pendidikan Agama Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Tadrib II, no. 1 (2016).

Amirudin. Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung, 2019. https://media.neliti.com/media/publications/56936-ID-pemikiran-pendidikan-islam-menurut-prof.pdf.

Anton Baker, Achmad Charris Zubair. Motodologi Penelitian Filsafat. 13th ed. Yogyakarta: Kanisius, 1990.

Azra, Azyumardi. Dari Harvard Hingga Mekkah. Cet. I. Jakarta: Republika, 2005.

. Islam Substantif. Bandung: Mizan, 2000.

. Jaringan Ulama Timur Tengah Dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII,. Jakarta: Kencana, 2007.

. Membebaskan Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2020.

. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2012.

. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 1999.

. Surau: Pendidikan Islam Traditional Dalam Transisi Dan Modernisasi. Jakarta: Logos Wacana Ilmu dan Pemikiran, 2003.

Azyumardi Azra. Demokrasi Hak Asasi Manusia Masyarakat & Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2003.

. Esai-Esai Intelektual Muslim Dan Pendidikan Islam. Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu, 1998.

Baharuddin, Hastuti. Pembaruan Pendidikan Islam Azyumardi Azra: Melacak Latar Belakang Argumentasinya. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 16, no. 2 (2016): 196-204. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n2a7.

Bakar, M. Y. A. Problematika Pendidikan Islam Di Indonesia. DIRASAT Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam, 2015. https://www.test.journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/507.

Barus, Muhammad Irsan. Modernisasi Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra Oleh Muhammad Irsan Barus * Kata Kunci : Azyumardi Azra , Modernisasi , Pendidikan Islam. Jurnal Al-Karim STAI-YAPTIP Pasaman Barat 2, no. 1 (2017): 1.

Bashori, Bashori. Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 2 (2017): 269-96. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1881.

Budiawan, Oleh Afiq, M Hi, and A Pendahuluan. Pendekatan Sejarah Perspektif Azyumardi Azra, n.d., 1-21.

Dwifatma, Andina. Cerita Azra Biografi Cendikiawan Muslim Azyumardi Azra. Surabaya: Erlangga, 2011.

Hakim, Lukmanul. DOI: Https://Doi.Org/10.15548/Tabuah.V21i2.64. Majalah Ilmiah Tabuah: Talimat, Budaya, Agama Dan Humaniora 21 (2017): 11-28.

Halim, A. Pendidikan Islam Multikultural Dalam Prespektif Azyumardi Azra. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 2021.

Hardiyanti, Mega, Sri Yuniati, Thoriq Aziz Jayana, and Achmad Masrur. Modernisais Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Azyumardi Azra Tentang Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia). Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan. Vol. 1, 2021.

Ibnu Anshori. Pemikiran Filosofis Pendidikan Multikultural Azyumardi Azra Dan Abuddin Nata. Tesis 2, no. 1 (2020): 1-12. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201.

. Pemikiran Filosofis Pendidikan Multikultural Azyumardi Azra Dan Abuddin Nata. UIN Walisongo Semarang, 2020. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16051/2/1600118050_Ibnu Anshori_Full Tesis - Ibnu Anshori.pdf.

Ichsan, A S, I D Sembiring, and N Luthfiah. Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE) Article History. Pendidikan Islam Menghadapi Tradisi, Transisi, Modernisasi. Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 107-23. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah.

Indonesia, Republik. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tantang Sistem Pendidikan Nasional. I. Yogyakarta: Laksana, 2012.

Istanto. Pemikiran Prof. Dr. Azyumardi Azra Tentang Demokratisasi Pendidikan Islam Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009, 1-19.

Lina. Pemikiran Pendidikan Islam Prespektif Azyumardi Azra. Ekp 13, no. 3 (2015): 1576-80.

Mahmud. Pemikiran Pendidikan Islam. 2nd ed. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Muhadjir, Noeng. Metode Penelitian Kualitatif. II. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996. https://id.scribd.com/document/374727552/02-Noeng-Muhadjir-Metodologi-Penelitian-Kualitatif#download.

Muhammad, Nurdinah. Karakteristik Jaringan Ulama Nusantara. Jurnal Substantia. Vol. 14, 2012.

Mukhamad, Himawan. Konsep Pendidikan Islam Dalam Pemikiran Azyumardi Azra. IAIN Purwekorto, 2021. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/10248/13/Himawan Mukhamad_Konsep Pendidikan Islam dalam Pemikiran Azyumardi Azra.pdf.

Mulyasa. Pengembangan Dan Implimentasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Nasbi, Ibrahim. Jamaluddin Al-Afghani (Pan-Islamisme Dan Ide Lainnya). Jurnal Diskursus Islam 7, no. 1 (2019): 70-79. https://doi.org/10.24252/jdi.v7i1.9805.

Nasution, Henni Syafriana. Modernisasi Perguruan Tinggi Islam. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 3, no. 1 (2018): 132-56. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/almufida/article/view/97.

Nurdinah Muhammad. Karakteristik Jaringan Ulama Nusantara Menurut Pemikiran Azyumardi Azra. Jurnal Substans 14, no. 1 (2012). file:///C:/Users/MONEY compcell/Downloads/4852-10441-1-SM.pdf.

Putra, Jumardi. Sumbangan Pemikiran Prof. Azyumardi Azra. Jamberita.Com. September 2022. https://jamberita.com/read/2022/09/19/5975094/sumbangan-pemikiran-prof-azyumardi-azra/.

Putri, Diva Lufiana. Mengenal CBE, Gelar Kehormatan Azyumardi Azra Dari Kerajaan Inggris. KOmpas.Com. Jakarta, September 2022. https://www.kompas.com/tren/read/2022/09/19/070000765/mengenal-cbe-gelar-kehormatan-azyumardi-azra-dari-kerajaan-inggris?page=all.

Rahman, Rini. Modernisasi Pendidikan Islam Awal Abad 20. Humanus 15, no. 2 (2015): 174-83.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. IX. Jakarta: Kalam Mulia, 2011.

Raya, Iain Palangka, Keywords Thought, Fazlur Rahman, and Muhammad Arkoun. Pemikiran Fazlur Rahman Dan Muhammad Arkoun Ajahari Abstract Islam Is a Religion That Has a Righteous Character Li Wa Kulli ZamÄnin MakÄnin . Islam Also Has a Universal Doctrine , Meaning That Applies Overall for All Nations , Place and Circumstances . Is 12 (2016): 232-62.

Saputra, Ari. Azyumardi Azra, Intelektual Islam Bergelar ‘Sir Pertama Di Indonesia. CNN. 2022. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220918121936-20-849324/azyumardi-azra-intelektual-islam-bergelar-sir-pertama-di-indonesia.

Sihono, Teguh. Upaya Menuju Demokratisasi Pendidikan - Teguh Sihono. Jurnal Ekonomi & Pendidikan 8, no. 20 (2017): 1-22.

Suwartini, Sri. Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4, no. 1 (2017): 222. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2119.

Wachidah, Siti Nurul. Konstruksi Pendidikan Islam Di Era Global Menurut Azyumardi Azra. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan 1, no. 3 (2021): 177-86. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i3.404.

Wisnu Muhammad Hamzah, Muh. Idris, Yusno Abdullah Otta. Reorientasi Dan Praksis Pendidikan Multikultural Perspektif Pemikiran Azyumardi Azra. Journal of Islamic Education Policy 7, no. 1 (2022): 24. file:///C:/Users/money compcell/Downloads/1687-4915-1-PB.pdf.

Yeni Oktarina. Pemikiran Azyumardi Azra: Demo Krastisasi Pendidikan Islam. Jakarta: UII Program Magister Studi Islam, 2013.

Yunof Candra, Bach. Problematika Pendidikan Agama Islam. Journal ISTIGHNA 1, no. 1 (2019): 134-53. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.21.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-11

Cara Mengutip

Rofiqi, R., Fuad, A. Z. ., & Bakar, M. Y. A. (2023). Moderenisasi & Demokratisasi Pendidikan Islam : Kajian Konstruktif Lembaga Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(01), 495–518. https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6519

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.