Principal Leadership In Implementing Independent Learning Concept At Jatirasa II Public Elementary School, Bekasi City

Penulis

  • Iswadi Iswadi Universitas Esa Unggul
  • Fachmi Tamzil Universitas Esa Unggul
  • Tuhfah Humairoh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6541

Kata Kunci:

Leadership Principal; Independent Learning; Jatirasa II Public Elementary School; Bekasi City.

Abstrak

Pendidikan menjadi sorotan karena merupakan wahana pengembangan sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan konsep merdeka belajar di SDN Jatirasa II Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kepemimpinan kepala sekolah berperan penting dalam kemajuan sekolah 2) pelaksanaan pembelajaran mandiri di SDN Jatirasa II Kota Bekasi a) kepala sekolah melakukan langkah-langkah untuk mendukung kemandirian belajar ; b) mendorong guru untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa tidak bosan; c) memotivasi siswa untuk selalu siap dan bersemangat belajar; d) melibatkan orang tua dan masyarakat secara aktif; d) bekerja sama dengan dinas pendidikan untuk meningkatkan kualitas guru di SDN Jatirasa II Kota Bekasi. Indikator keberhasilan administrasi kepala sekolah dalam melaksanakan pembelajaran mandiri di SDN Jatirasa II Kota Bekasi adalah 1) adanya pemerataan partisipasi siswa dalam pendidikan; 2) pembelajaran yang efektif dan menarik; dan 3) siswa tidak tertinggal dalam proses pembelajaran

Referensi

A Andry, Budianto. Coping Mechanism Pada Peserta Didik Sd (Studi Kasus Di Sd Islam Terpadu Mutiara Hati Malang). Jurnal Konseling Pendidikan Islam 1, no. 1 (January 29, 2020): 41-50.

Abi, Antonius Remigius. Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2, no. 2 (December 26, 2017): 85-90.

Ainia, Dela Khoirul. Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia 3, no. 3 (September 26, 2020): 95-101.

Azzahra, Nadia Fairuza. Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 (May 7, 2020). Accessed February 23, 2023. https://repository.cips-indonesia.org/ms/publications/309163/.

Daga, Agustinus Tanggu. Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA 7, no. 3 (August 10, 2021): 1075-1090.

Dikri, Rikal. Transformasi Konsep Wilayat Al-Faqih dalam Konteks Demokrasi Pancasila: Studi Muslim Syiah Indonesia Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (Ijabi) dan Ahlul Bait Indonesia (Abi). BachelorThesis, FISIP UIN Jakarta, 2019. Accessed February 6, 2023. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49213.

Ekosiswoyo, Rasdi. Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan 14, no. 2 (February 2, 2016). Accessed December 30, 2022. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/24.

Faiz, Aiman, and Imas Kurniawaty. Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu 6, no. 3 (March 11, 2022): 3222-3229.

Iskandar, Uray. KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 10, no. 1 (May 22, 2013). Accessed December 30, 2022. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/2061.

Murdiyanto, Dr Eko. Metode Penelitian Kualitatif. 1st ed. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta Press, 2020.

Mustaghfiroh, Siti. Konsep Merdeka Belajar Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 3, no. 1 (March 30, 2020): 141-147.

Pahlevi, Antovany Reza. Globalisasi Dan Kosmopolitanisme, Studi Empiris Mengenai Pengalaman Mahasiswa HI Belajar Ke Luar Negeri Dengan Pembentukan Identitas Global. Universitas Gadjah Mada, 2014. Accessed February 23, 2023. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/76935.

Rambe, Andina Halimsyah, and Siti Aisyah. Correlation of Auditory, Intellectually, Repetition (Air) Learning Models on Student Achievement. Molang: Journal Islamic Education 1, no. 01 (January 18, 2023): 1-9.

Romadhon, Muhamad, Zulela Ms, and Fahrurrozi Fahrurrozi. Google Classroom sebagai solusi pembelajaran online di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia (2021). Accessed February 23, 2023. https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/2038756.

Setiani, Nurul Nafiah, and Novita Barokah. Urgensi Literasi Digital dalam Menyongsong Siswa Sekolah Dasar Menuju Generasi Emas Tahun 2045. SEMAI: Seminar Nasional PGMI 1, no. 1 (December 29, 2021): 411-427.

Widiyono, Aan, Saidatul Irfana, and Kholida Firdausia. Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 16, no. 2 (January 31, 2021). Accessed February 23, 2023. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/30125.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-30

Cara Mengutip

Iswadi, I., Tamzil, F. ., & Humairoh, T. . (2023). Principal Leadership In Implementing Independent Learning Concept At Jatirasa II Public Elementary School, Bekasi City. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(01), 480–494. https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6541

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.