KRITERIA PENDIDIK PERSPEKTIF BUYA HAMKA (Analisis Tafsir Al-Azhar dan Pemikirannya Tentang Pendidik)
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6636Kata Kunci:
Buya Hamka, Kriteria Pendidik, Tafsir al-Azhar, Tafsir TarbawīAbstrak
Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang pemikiran Hamka terkait kriteria pendidik ditinjau dari kitab tafsir yang dimilikinya. Kitab tafsir yang ditulis tentu memuat kecenderungan dan keterpengaruhan dari pemikiran penulisnya. Dalam hal ini penulis ingin merelevansikan antara pemikirannya tersebut dengan penafsiran beliau pada Qs. Yūsuf/12:4-6 dalam Tafsir Al-Azhar. Penelitian ini berguna untuk mengetahui pelbagai kriteria pendidik perspektif Hamka pada penafsiran Qs. Yūsuf/12:4-6 dan merelevansikannya dengan pemikiran Hamka tentang pendidik. Penelitian ini berbasis studi Pustaka dan termasuk jenis kualitatif (analisis deskriptif yang berguna untuk membongkar dan menemukan kriteria pendidik pada penafsiran Hamka). Hasil penelitian ini berupa adanya tujuh keriteria pendidik perspektif Hamka dalam penafsirannya pada ayat tersebut dan memiliki hubungan dengan pemikirannya tentang pendidik. Kata kunci: Buya Hamka; Kriteria Pendidik; Tafsir al-Azhar; Tafsir Tarbawī.Referensi
Abdul, Moh Rivaldi, Tita Rostitawati, Ruljanto Podungge, Muh Arif, Iain Sultan, and Amai Gorontalo. Pembentukan Akhlak Dalam Memanusiakan Manusia : Perspektif Buya Hamka. Pekerti: Jurnal Pendidikan Islam & Budi Pekerti 1 (2020): 79-99.
Al-Asfahaniy, Ar-Raghib. Al-Mufradat Fi Garibil Quran (Kamus Al-Qur'an). Jilid 2. Depok: Pustaka Khazanah Fawa'id, 2017.
Al-Qaththan, Syaikh Manna. Pengantar Studi Ilmu Al-Quran by Syaikh Manna Al-Qaththan (z-Lib.Org).Pdf, 2004.
Alfian, Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam Buya HAMKA. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 19, no. 02 (2019): 89-98.
Amrullah, Abdulmalik Abdulkarim. Tafsir Al-Azhar. Jilid 5. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD, n.d.
Azyyati, Fadhilah Idzni. Tartib Al-Nuzul Dan Implikasinya Terhadap Penafsiran (Studi Kitab Al-Tafsir Al-Hadis| Karya Izzat Darwazah) Skripsi. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.
Bohari, Mastura, and Farahwahida Mohd Yusof. Pendidikan Keibubapaan Melalui Santunan Fitrah Nabi Ya'qub A.S Dan Pendekatannya Bagi Menangani Salah Laku Remaja (Parenting Education Through The Prophet Ya'qub Method And His Approaches To Cope With Teenager Misbehaviour). UMRAN - International Journal of Islamic and Civilizational Studies 6, no. 3-2 (2020): 113-23. https://doi.org/10.11113/umran2020.6n3-2.426.
Hidayat, M. Riyan. Kisah Yajuj Majuj Dalam Tafsir Al-Azhar : Analisis Intertekstualitas Julia Kristeva. J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya Islam 6, no. 1 (2021): 45. https://doi.org/10.35329/jalif.v6i1.2206.
Kadri, Raja Muhammad. Tafsir Tarbawi Sebagai Salah Satu Corak Varian Tafsir. SYAHADAH: Jurnal Ilmu Al-Qur'an Dan Keislaman 8, no. 1 (2020): 18-32. http://www.ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/syahadah/article/view/265.
Ma'zumi, Ma'zumi, Syihabudin Syihabudin, and Najmudin Najmudin. Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur'an Dan Al-Sunnah : Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta'dib Dan Tazkiyah. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 6, no. 2 (2019): 193-209. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.21273.
Malik, Abdul, Syahid Nurrahman, Stit M Kendal, and Stit M Kendal. MENUJU Transformasi Pendidikan Islam Studi Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam Indonesia. Didaktika Islamika 11, no. 1 (2020): 62-81.
Mohd Zabidi, Ahmad Zahiruddin, and Wan Nasyrudin Wan Abdullah. Faktor Persekitaran Sosial Dalam Pembentukan Jati Diri HAMKA (1908-1981) Menurut Autobiografi Kenang-Kenangan Hidup (1951). Al-Hikmah 13, no. 1 (2021): 72-96.
Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.
Mursal. Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Buya Hamka. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 11, no. 2 (2023): 101-15.
Subhi, Ahmad Farhan, M. Hasbi Umar, and Ramlah. Dinamika Hukum Islam . Jurnal Indragiri Penelitian Multidisiplin 3, no. 1 (2023): 37-43. https://doi.org/10.58707/jipm.v3i1.411.
Sugiyono, D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan, 2013.
Sulaiman W. Konsep Moderasi Beragama Dalam Pandangan Pendidikan Hamka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2022): 2704-14.
Utomo, Agung Wahyu, and Mohamad Ali. Konsep Pendidikan Religius Rasional: Studi Pemikiran Buya Hamka Dan Mohammad Natsir. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 2023, 711-24.
Utomo, Agung Wahyu dan Dartim. Konsep Pendidikan Islam Integralistik: Studi Pemikiran Buya Hamka Dan Mohammad Natsir. Iseedu 4, no. 2 (2020): 273-92.
Waruwu, Anwar Three Millenium. Analisis Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Masa Pra-Remaja (Usia 12-15 Tahun) Terhadap Perkembangan Fisik Dan Mental. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 7, no. 3 (2022): 145-53. https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i3.295.
Yudiar, Nino. Pendidikan Merdeka : Perspektif Tokoh Pendidikan Islam Hamka AL-IDRAK: Jurnal Pendidikan Islam Dan Budaya 2, no. 1 (2022): 37-49.
Yusuf, A. Muri. METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, Penerbit, 2017.
Zul, Dian Rahmi. Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Buya Hamka. Kutubkhanah Jurnal Penelitian Sosial Agama, 2020, 102-20.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Hafizh, Sarah Dina, Sharikhul Hanif , Mudzakir Ali
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.