Implementasi Pembelajaran Berbasis Projek dalam Pembentukan Karakter Siswa SD IT Sekabupaten Aceh Tenggara

Penulis

  • Azizah Hanum OK Pascasarjana UIN Sumatera Utara
  • Mohammad Al-Farabi Pascasarjana UIN Sumatera Utara
  • Idwar Sanjaya Pascasarjana UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6786

Kata Kunci:

Implementasi;, Berbasis Projek ;, Karakter;

Abstrak

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis karakter siswa dalam kehidupan sehari-hari di SD IT se-kabupaten Aceh Tenggara. 2) menganalisis implementasi pembelajaran berbasis projek  dalam pembentukam karakter siswa SD IT se-kabupaten Aceh Tenggara. 3) menganalisis faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis projek demi membentuk karakter siswa SD IT se-kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data-data deskriptif. Untuk mengkaji permasalahan yang telah dirumuskan digunakan studi pustaka. Adapun sumber data penelitian dikelompok atas: 1) Data primer dalam penelitian ini ialah data yang diperoleh dari peristiwa pada penelitian atau saksi-saksi yang ada, seperti wawancara kepada kepala sekolah, para guru, dan seluruh partisipan yang terkait. 2) Data sekunder dalam penelitian ini ialah dokumen, artikel atau karya ilmiah relevan dan lain-lainnya terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakter Sehari-Hari siswa di SDIT Kabupaten Aceh Tenggara beragam, ada yang berakarakter baik seperti jujur, disiplin, berani, bertanggung jawab, dan lainnya, namun ada juga yang tidak baik, seperti berbohong, malas, dan sebagainya. 2) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Model Pembelajaran Berbasis Projek di SDIT Kabupaten Aceh Tenggara adalah dibuat beberapa kelompok biasanya 6 kelompok, namun bisa kurang dari 6 kelompok karena disesuaikan dengan jumlah banyaknya siswa yang ada saat mengikuti kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di dalam kelas. Sehingga ini membuat siswa senang belajar Pendidikan Agama Islam, ini terlihat siswa memiliki motivasi belajar yang cukup baik dalam mengikuti kegiatan perdebatan walaupun siswa ada yang ramai sendiri, ada yang bermain sendiri, dan lain sebagainya, namun, siswa dan guru tetap semangat dalam pembelajaran berbasis masalah di dalam kelas. 3) Faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran berbasis projek dalam membentuk karakter di SDIT Kabupaten Aceh Tenggara di antaranya: a)Guru mata pelajaran yang profesional dalam bidangnya. b) Adanya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) c) Motivasi siswa yang positif, dan Sarana pendidikan yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya di antaranya:  a) Hambatan yang muncul dari siswa yaitu tidak banyak siswa yang sanggup untuk berfikir kritis serta tidak berani untuk menyampaikan pendapatnya. b) Guru yang belum memahami tentang metode Pembelajaran Berbasis Projek. c) Kurangnya motivasi dan semangat guru dalam mengajar, d) Kurangnya kesanggupan guru dalam menghantarkan siswa pada suatu permasalahan. e) Hambatan yang berkaitan dengan waktu pembelajaran  

Biografi Penulis

Mohammad Al-Farabi, Pascasarjana UIN Sumatera Utara

     

Idwar Sanjaya, Pascasarjana UIN Sumatera Utara

   

Referensi

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media, 2017.

Asa, Agam Ibnu. Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter 10, no. 2 (2019).

Barahate, Yogini S. Role of a Teacher in Imparting Value-Education. Journal of Humanities and Social Science 11, no. 13 (2014): 13-18.

Chairunnisa, Dinda, Toto Suryana Afriatin, and Mokh Iman Firmansyah. Implementasi Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Dalam Pembelajaran Pai Di Smp Inovatif Al-Ibda-. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 18, no. 1 (2020): 53-64.

Chasanah, Udzlifatul. Urgensi Pendidikan Hadis Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Living Hadis 2, no. 1 (2017): 83-115.

Departemen Agama RI. Al Qur-an Dan Terjemahannya. Jakarta: Penyelenggara, Yayasan Penterjemah dan Penafsiran Al Qur-an, Departemen Agama RI, 2005.

Djalaluddin, Muhammad Mawardi. Pemikiran Pendidikan Islam Hasan Al-Banna. Jurnal Shaut Al-Arabiyah 4, no. 1 (2015): 61-70.

Faujiah, Ajri, Ahmad Tafsir, and Sumadi Sumadi. Pengembangan Karakter Anak Di Indonesia Heritage Foundation (IHF) Depok. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 2 (2018): 163.

Gunawan, Gunawan, Hairunnisyah Sahidu, Ahmad Harjono, and Ni Made Yeni Suranti. The Effect of Project Based Learning with Virtual Media Assistance on Student's Creativity in Physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan 36, no. 2 (2017): 167-179.

Hosnan, Muhammad. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia, 2014.

Indriajati, Restu, and Nur Ngazizah. Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Dan Pemahaman Siswa SD Muhammadiyah Purworejo. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar 8, no. 2 (2018): 111-117.

Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter Dalam Islam Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq Al-Karimah. Tadrib 3, no. 2 (2017): 197-216.

Langgulung, Hasan. Manusia Dan Pendidikan: Suatu Analisis Psikologis, Filsafat Dan Pendidikan, Cet. V,[edisi revisi],(Jakarta: Pustaka Al Husna (n.d.).

Makhmudah, Siti. Penguatan Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak. Martabat 2, no. 2 (2018): 269-286.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (2007).

Mubaroq, Syahrul. Konsep Kurikulum Rekonstruksi Sosial Dalam Menghadapi Pembelajaran Di Era Modern. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3, no. 1 (2018).

Murodullayevna, Jurayeva Gulandom. Modern Teaching Methods-a Priority Direction for the Development of Education. EUROPEAN JOURNAL OF INNOVATION IN NONFORMAL EDUCATION 3, no. 5 (2023): 10-15.

Musrifah. The Urgency of Religious Education and Its Implications for the Concept of Human in the Islamic Worldview. At-Ta-dib 15, no. 1 (2020): 79-102.

Mutakinati, Lely, Ilman Anwari, and Yoshisuke Kumano. Analysis of Studentsâ€TM Critical Thinking Skill of Middle School through Stem Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 7, no. 1 (2018): 54-65.

Napitupulu, Dedi Sahputra. Tanggung Jawab Pendidikan Menurut Alquran. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman 5, no. 1 (2019): 25-38.

Otts, Ekaterina, Elena Panova, Yuliya Lobanova, Natalya Bocharnikova, Valentina Panfilova, and Aleksey Panfilov. Modification of the Role of a Teacher under the Conditions of Distance Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET) 16, no. 21 (2021): 219-225.

Pulungan, Fatma Reni. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Perubahan Karakter Dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Fisika. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika 4, no. 2 (2013): 38-43.

Purnawanto, Ahmad Teguh. Penerapan Metode Proyek Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Pedagogy 12, no. 2 (2019): 1-11.

RAHMAN, AMILAH AWANG ABDUL, RAHIMAH EMBONG, and HUDA AFIQAH HASHIM. The Elemental Root Of Creative And Innovative Thinking Based On Islamic Morality. Global Journal of Educational Research and Management 1, no. 4 (2021): 193-209.

Rambe, Fitriah Andriani, and Ridwan Abdullah Sani. The Effect of Guided Discovery Learning Model on the Student-s Achievement in Physics of Vii Grade in SMP n 1 Tebing Tinggi Academic Year 2013/2014. Jurnal Inpafi 2, no. 3 (2014): 89-94.

Sajadi, Dahrun. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 16-34.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (2011).

Sastradiharja, E E Junaedi, and Fina Febriani. Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswadi Sekolah Penggerak Smp Al Azhar Syifa Budi Cibinong-Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 01 (2022).

Sidik, Herlina, Ahmad Tafsir, and Marwan Setiawan. Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Paninggalan Kabupaten Garut. Jurnal Tanzhimuna 1, no. 2 (2021): 32-41.

Sulistyorini, Haryati. Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) Pada Pengajaran English Drama Appreciation Dengan Menggunakan Media Pementasan Drama Berbahasa Inggris" Sangkuriang". LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya 16, no. 1 (2020): 1-21.

Suwahyu, Irwansyah. Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 23, no. 2 (2018): 192-204.

Tafsir, Ahmad. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara (1992).

Tafsir, Ahmad, Andewi Suhartini, and Aji Rahmadi. Desain Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 5, no. 2 (2020): 152-162.

Tanjung, Rahmadani, Efrida Mandasari Dalimunthe, Fitri Ramadhini, and Dwi Maulida Sari. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Pada Pembelajaran IPS Kelas IV B MI Model Panyabungan. ITTIHAD 5, no. 1 (2022).

Tingkat, Analisis, Ketahanan Keluarga, and Kabupaten Pamekasan. Keberlangsungan Pendidikan Agama Anak Petani Garam : 8, no. 2 (2020): 115-132.

Trianto. Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.

Widyantini, Theresia. Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) Dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. PPPPTK Matematika (2014): 1-19.

Yasmansyah, Yasmansyah, and Supratman Zakir. Arah Baru Pendidikan Agama Islam Di Era Digitalisasi. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP) 3, no. 1 (2022): 1-10

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-12

Cara Mengutip

Hanum OK, A., Al-Farabi, M. ., & Sanjaya, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Projek dalam Pembentukan Karakter Siswa SD IT Sekabupaten Aceh Tenggara. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(01), 220–240. https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6786

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.