Nilai Pendidikan Karakter “Kerja Keras” Menurut Al-Qur’an (Kajian Tafsir Al-Misbah dan Al-Wasith)

Penulis

  • Syamsu Nahar Pascasarjana UIN Sumatera Utara
  • Budiman Budiman Pascasarjana UIN Sumatera Utara
  • Dewi Maya Sari Pascasarjana UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6787

Kata Kunci:

Nilai, Pendidikan, Karakter, Kerja Keras

Abstrak

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan ayat-ayat pendidikan karakter kerja keras dalam Al-Qur’an dan bagaimana penafsirannya menurut mufassir, 2) mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar dalam Al-Qur’an yang menyuruh umat Islam bekerja dengan baik., 3) menganalisis nilai-nilai kerja keras dalam Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode tafsir Maudhu’i dengan pendekatan ilmu tafsir. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Al-Qur’an, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Azhar karya Hamka, dan Tafsir Al-Wasith karya Wahbah Zuhaili, dan karya ilmiah, artikel, jurnal dan sebagainya dengan pembahasan yang relevan apabila dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Di dalam Al-Qur’an banyak ayat yang menganjurkan manusia untuk bekerta, di antaranya: Surah Al-Qasas ayat 77, Surah An-Najm 39-41, Surah Az-Zumar ayat 39, Surah At-Taubah ayat 105, Surah An-Naba’ ayat 11, dan Surah Al-Jumu’ah ayat 10, 2) Prinsip-prinsip dasar dalam Al-Qur’an yang menyuruh umat Islam bekerja dengan baik karena: kerja itu ibadah, kerja itu rahmat, kerja itu amanah, kerja itu kehormatan, kerja itu panggilan jiwa, kerja sebagai bentuk syukur, kerja itu seni, kerja itu aktualisasi, dan kerja sebagai ladang amal kebaikan, 3) Nilai-nilai pendidikan karakter kerja keras menurut Al-Qur’an di antaranya: ulet, tekun, kreatif, disiplin, dan komitmen  

Biografi Penulis

Budiman Budiman, Pascasarjana UIN Sumatera Utara

   

Dewi Maya Sari, Pascasarjana UIN Sumatera Utara

   

Referensi

Abidin, Zainal, and Fiddian Khairudin. Penafsiran Ayat-Ayat Amanah Dalam Al-Qur'an. SYAHADAH: Jurnal Ilmu al-Qur'an dan Keislaman 5, no. 2 (2017).

Ahmad, Nur. Tantangan Dakwah Di Era Teknologi Dan Informasi. Addin 8, no. 2 (2014): 319-344.

Ahmad Wirson. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Progresif, 1984.

Arianty, Arianty, and Sri Watini. Implementasi Reward Asyik' Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelompok b Di Tk Yapis II Baiturrahman. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 3 (2022): 939-944.

Ariyanto, Ayok, and Sulistyorini Sulistyorini. Konsep Motivasi Dasar Dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education 4, no. 2 (2020): 103-114.

Baginda, Mardiah. Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra' 10, no. 2 (2018).

Chapra, M Umer. Ibn Khaldun's Theory of Development: Does It Help Explain the Low Performance of the Present-Day Muslim World? The Journal of Socio-Economics 37, no. 2 (2008): 836-863.

Departemen Agama RI. Al Qur'an Dan Terjemahannya. Jakarta: Penyelenggara, Yayasan Penterjemah dan Penafsiran Al Qur'an, Departemen Agama RI, 2005.

Djahiri, A Kosasih. Menelusuri Dunia Afektif Pendidikan Nilai Dan Moral. Bandung: Laboratorium Pengajaran PMP IKIP [Pendidikan Moral Pancasila, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan] Bandung (1996).

Effendi, Deddi, Nirwan Syafrin, and Ulil Amri Syafri. 5 Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Tahfidz Al-Qur'an. Prosiding Bimbingan Konseling (2018): 40-46.

Hadiyanto, Adi. Nilai-Nilai Al-Qur'an Tentang Pendidikan Karakter Tanggung Jawab, Kejujuran, Dan Kerja Keras. Online Thesis 16, no. 1 (2022).

Harahap, Ginda. Prinsip-Prinsip Dasar Dalam Al-Qur'an Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. An-Nida' 42, no. 2 (n.d.).

Ikhwan, M Nur, and M Nur. Tafsir Ilmi Memahami Al-Qur'an Melalui Pendekatan Sains. Jogjakarta: Menara Kudus Jogja (2004).

Ismail, A Ilyas, and Iffah Budiningsih. Strengthening Ihsan Behavior (Always Do the Good Deeds). Global Journal of Human-Social Science: G Linguistics & Education 21, no. 5 (2021).

KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring Edisi III. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa). https://www.kbbi.web.id/harmoni.

Kutubi, Tadjudin. Motivasi Islam. Bandung: Pustaka Aufa Media, 2013.

Maftuh, Bunyamin. Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educationist 2, no. 2 (2008): 134-144.

Marzuki, Ismail, and Lukmanul Hakim. Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 15, no. 1 (2019).

Moeljono, Djokosantoso. Good Corporate Culture Sgb GCG. Elex Media Komputindo, 2005.

Ngatiman, Ngatiman, and Rustam Ibrahim. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Manarul Qur'an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 18, no. 2 (2018): 213-228.

Putri, Endrika Widdia. Zuhud Milenial Dalam Perspektif Hadis. El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis 8, no. 2 (2019): 70-88.

Razimi, MSBA, Murshidi Mohd Noor, and Norzaidi Mohd Daud. The Concept of Dimension in Human Resource Management from Islamic Management Perspective. Middle-East Journal of Scientific Research 20, no. 9 (2014): 1175-1182.

Romadhon, Arif Firdausi Nur. Etos Kerja Dalam Al-Qur'an (Studi Komparatif Tafsir Al-Azhar Dan Tafsir Al-Misbah). Al Karima: Jurnal Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir 4, no. 1 (2020): 35-45.

Sajadi, Dahrun. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 16-34.

Sholihah, Tutut. Demokrasi Pendidikan. Himmmah. Cita Pustaka, 2008.

Sihab, Quraisy. Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan Dan Keserasian Alquran. Jakarta: Lentera, 2017.

Sinamo, Jansen. Delapan Etos Kerja Profesional: Navigator Anda Menuju Sukses. Bogor: Grafika Mardi Yuana 20 (2005).

Sudjatnika, Tenny. Tinjauan Kognisi Sosial Terhadap Sosial Budaya. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam 13, no. 01 (2016): 159-176.

Supardi, Didi, and Abdul Ghofar. Konsep Pendidikan Moral Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Di Indonesia. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2017).

Tabroni, Imam, and Annisa Juliani. Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Anak Pada Masa Pandemi Di Rt 64 Gang Mawar Iv Purwakarta. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 1, no. 1 (2022): 16-22.

Tan, Charlene. Rationality and Autonomy from the Enlightenment and Islamic Perspectives. Journal of Beliefs & Values 35, no. 3 (2014): 327-339.

Ulza, Emaridial, and Herwin Kurniawan. Strategi Pemberdayaan Pembangunan Sosial Melalui Gerakan Filantropi Islam. Al-Urban 2, no. 1 (2018): 32-42.

Wahbah Az-Zuhaili. Tafsir Al-Wasith Juz 3. Edited by Muhtadi. Cet. 1. Jakarta: Gema Insani, 2013.

Widayanti, Arna. Etika Pergaulan Dengan Orang-Orang Jahil (Suat Kajian Tafsir Tahlili QS. Al-Qasas/28: 55). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2021.

Zaini, Hasan. Perspektif Alquran Tentang Peningkatan Etos Kerja Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Dan Perubahan Sosial 5.0. Proceeding IAIN Batusangkar 1, no. 1 (2020): 1-18.

Zannah, Fathul. Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur'an: Integration of the Values of Character Education Based on the Qur'an. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 2 (2020): 1-8.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-14

Cara Mengutip

Nahar, S., Budiman, B., & Maya Sari, D. . (2023). Nilai Pendidikan Karakter “Kerja Keras” Menurut Al-Qur’an (Kajian Tafsir Al-Misbah dan Al-Wasith). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(01), 315–331. https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6787

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.