Materi Pendidikan Anak dalam Islam (Studi Analisis Surah Luqman: 12-19)
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6788Kata Kunci:
Children's education; Aqidah education; Surat Luqman ayat 12-19Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) materi pendidikan anak dalam al-Qur’an surah Luqman ayat 12-19 dan 2) relevansi materi pendidikan anak dalam al-Qur’an surah Luqman ayat 12-19 terhadap pendidikan saat ini. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menyangkut konsep pendidikan anak dalam Al-Qur’an maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ilmu pendidikan dan ilmu tafsir melalui ayat-ayat Al-Qur’an. Penelitian ini berfokus kepada Al-Qur’an surah Luqman ayat 12-19. Objek penelitian ini adalah Al-Qur’an, sehingga proses pendekatan yang digunakan adalah metode tafsir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Materi pendidikan yang terkandung di dalam al-Qur’an khususnya yang terdapat di dalam surah Luqman ayat 12-19 pada dasarnya meliputi tiga hal yang sangat fundamental yaitu: (a) pendidikan akidah/tauhid yaitu Tidak Menyekutukan Allah Swt dan Mengajarkan Bahwa Setiap Perbuatan Akan Diberikan Balasan Oleh Allah swt. (b) pendidikan syariah/ibadah yaitu perintah mendirikan shalat dan syukur terhadap nikmat dari Allah Swt (c) pendidikan akhlak yaitu berbakti kepada orang tua, mendidik anak untuk tidak sombong dan Mendidik Anak untuk Sederhanakan Jalan dan Suara. Ketiga komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang tak boleh dipisahkan guna terwujudnya pribadi-pribadi yang islami sesuai perintah al-Qur’an dan sunnah Rasulullah saw. 2) Relevansi Materi Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 12-19 Terhadap Pendidikan Saat Ini dapat dilihat dari tindakan para orangtua yang mengajarkan pendidikan apa yang tersurat dan tersirat di dalam surat Luqman ayat 12- 19 diantaranya, mengajarkan anak untuk mengenal Tuhannya (bertauhid) sejak usia dini, dengan cara membiasakannya mendengar kalimat syahadat, mengajarkan ibadah (seperti sholat) yang diperintahkan oleh agama dengan cara mengajak anak untuk melakukannya, melimpahi anak dengan kasih sayang dan mengajarkannya untuk menyayangi sesama dan alam sekitarnya, mengajarkan anak untuk berbakti kepada orangtua dan menghormati orang yang lebih tua secara ucapan dan perbuatan.Referensi
Al-Ghamidi, Dziyab. Zikir Sesudah Shalat. Republika Penerbit, 2011.
Al-Mubarakfuri, Shafiyyurrahman, and Abu Ihsan Al-Atsari. Shahih Tafsir Ibnu Katsir (2011).
Amalia, Nur Fitri, and Dewi Halimatus Zuhro. Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Madrasah Ibtidaiyah Dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah. Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 2370-2379.
Arief, Armai, Hasani Ahmad Said, Abdurrahim Yapono, Fathurrahman Rauf, and Ujang Maman. The Chain of Tafsir Scholars Transmission Network in Nusantara. FU, 2020.
Ash-Shiddieqy, Hasbi. Fiqhul Mawaris. Jakarta: Star Moon (1973).
Bruns, a, Chen H. S. and D. Turnbull, Sara Dolnicar, Alexander Chapple, T Adorno, M Horkheimer, K Negus, et al. Scholar (10). Mass Communication and Society, 1974. http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0160738315000444.
Departemen Agama RI. Al Qur'an Dan Terjemahannya. Jakarta: Penyelenggara, Yayasan Penterjemah dan Penafsiran Al Qur'an, Departemen Agama RI, 2005.
Drajat, Zakiyah. Membina Nilai-Nilai Moral Di Indonesia. Cet. IV Jakarta: Bulan Bintang (1985).
Ermawati, Ermawati, Siti Musyahidah, and Nurdin Nurdin. Muslim Society Perspective on Islamic Banking Corporate Social Responsibility in Indonesia (Based On Qur'an and Hadits Economic Themes). International Journal of Business and Management Review 9, no. 3 (2021): 29-40.
Fitri, Nur Lailatul. Peran Orang Tua Dalam Membentuk Akhlak Anak Sejak Dini. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education 1, no. 2 (2017): 155-168.
Fuadi, Moh. URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA (Kajian Pedagogis Surat Luqman Ayat 13-19). Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 4, no. 2 (2019): 79-94.
Hamid, Solihin Ichas, Dinie Anggraeni Dewi, Alifia Mutsla Fakhrudin, Evi Setianingsih, and Fani Widia Putri. Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa. Aulad: Journal on Early Childhood 4, no. 3 (2021): 143-149.
Hartini, N. Metodologi Pendidikan Anak Dalam Pandangan Islam. Ta'lim (2011): 39-40.
Hidayat, Nurul. Konsep Pendidikan Islam Menurut QS Luqman Ayat 12-19. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2016): 359-370.
Hude, H M Darwis. Cakrawala Ilmu Dalam Al-Qur'an. Pustaka Firdaus diterbitkan atas kerjasama dengan Bale Kajian Tafsir al-Qur 2002.
Ihsan, Samar, Sohail Inayatullah, and Levi Obijiofor. The Futures of Communication. Futures 27, no. 8 (1995): 897-903.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. 2012. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mudlofir, Ali. Pendidik Profesional (2012).
Majid, Ach Nurholis, Zubairi Muzakki, and Izzat Amini. HARMONISASI SOSIAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL ISLAMI DALAM MASYARAKAT TANÈAN LANJÂNG MADURA. Jurnal Asy-Syukriyyah 23, no. 2 (2022): 177-194.
Marli, Z A. Transformasi Paradigma Manajeman Keilmuan Sekolah Dasar Menuju Pendidikan Dasar Islam. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6 (2), 553-565, 2017.
Masruroh, Latifatul. Metode Pendidikan Dalam Al-Qur'an (Kajian Surat Luqman Ayat 12-19). Rislah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2, no. 1 (2015): 43-52.
Mistiningsih, Cindy, and Eni Fariyatu Fahyuni. Manajemen Islamic Culture Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. MANAZHIM 2, no. 2 (2020): 157-171.
Nurdin, Muslim, and Wati Karmila. DAMPAK MOTIVASI BELAJAR SISWA SD PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Al-Karim: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Studi Islam 6, no. 1 (2021): 99-114.
Nurrohman, Afidz. Mirror Neurons Dan Konsep Uswatun Hasanah Dalam Pendidikan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 2 (2020): 210-224.
Rahman, Arief. Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur'an Surat Luqman Ayat 12-19 Dan Tantangannya Di Era Industri 4.0. Logika: Jurnal Penelitian Universitas Kuningan 13, no. 02 (2022): 159-167.
Saleh, Abdul Rahman. Pendidikan Agama Islam Dan Pembangunan Watak Bangsa. Raja Grafindo Persada, Jakarta (2005).
Shihab, M Quraish. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: lentera hati 2 (2002).
Sofian, Effendi, and Masri Singarimbun. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES (2012).
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya (2004).
Tang, Muhammad. Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Merespon Era Digital. Fikrotuna 7, no. 1 (2018): 717-740. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3173.
Wahbah Az-Zuhaili. Tafsir Al-Wasith Juz 3. Edited by Muhtadi. Cet. 1. Jakarta: Gema Insani, 2013.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.
Zein, Achyar. Dimensi Kemanusiaan Dalam Hukum Alquran. Journal Analytica Islamica 4, no. 2 (2015): 201-216.
Makna Zikir Perspektif Mufassir Modern Di Indonesia. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 9, no. 2 (2015): 503-527.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dedi Masri, Salminawati Salminawati, Muhammad Amran
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.