Pemikiran Pendidikan Islam dalam Perspektif Zakiah Daradjat

Penulis

  • Mohammad Al-Farabi Pascasarjana UIN Sumatera Utara
  • Azizah Hanum OK Pascasarjana UIN Sumatera Utara
  • M. Rifat Ibrahim Nasution Pascasarjana UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6881

Kata Kunci:

Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam, Kontribusi.

Abstrak

Penelitian ini membahas pemikiran pendidikan Islam persepektif Zakiah Daradjat dan sumbangannya terhadap pendidikan Islam di Indonesia. permasalahan pokok yang dipaparkan, yaitu: (1) Konsep pendidikan Islam dalam pandangan Zakiah Daradjat;(2) Kontribusi pemikiran Zakiah Daradjat tentang pendidikan Islam terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan medote kepustakaan (library research), dengan sumber data primer diperoleh dari karya-karya Zakiah Daradjat yang berfokus pada 3 (tiga) buku, yaitu Metodologi Pengajaran Agama Islam, Ilmu Pendidikan Islam, dan Metodik Pengajaran Agama Islam, serta sumber data sekunder berupa buku-buku yang relevan dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini ialah triangulasi data. Hasil pembahasan menyimpulkan: Menurut Zakiah Daradjat, konsep pendidikan Islam pada hakekatnya adalah  manusia yang berakhlak mulia, atau dengan kata lain berakhlak adalah amal saleh. Moralitas mencerminkan keyakinan dalam bentuk perilaku, ucapan dan sikap. Karena pendidikan Islam bukan hanya tentang mengajarkan agama, tetapi tentang menumbuhkan ruh keimanan dengan mendidik anak dalam sifat dan kebiasaan yang baik. Tujuan pendidikan Islam adalah terwujudnya nilai-nilai Islam dalam kepribadian peserta didik, yang diupayakan oleh para guru muslim. Secara teoritis kontribusi pemikiran pendidikan Islam yang digagas oleh Zakiah Daradjat dapat dilihat, yaitu: Menurutnya komponen pendidikan Islam  adalah guru, peserta didik, metode pengajaran dan kurikulum, yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, yang sama-sama berkaitan satu sama lain. dalam pencapaian. . Tujuannya adalah untuk menciptakan generasi yang memiliki budi pekerti yang baik. Dalam praktiknya, ia adalah seorang pembaharu pendidikan Islam pada masanya  

Biografi Penulis

Azizah Hanum OK, Pascasarjana UIN Sumatera Utara

   

M. Rifat Ibrahim Nasution, Pascasarjana UIN Sumatera Utara

   

Referensi

Aljunied, Khairudin. Islam as Therapy: Zakiah Daradjat and the Uses of Religious-Oriented Psychology. Indonesia and the Malay World 49, no. 143 (2021): 106-125.

Damsir, Damsir, and Muhammad Yasir. Pemikiran Pendidikan Islam Zakiah Daradjat Dan Konstribusinya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia. An-Nida 44, no. 2 (2020): 213-227.

Daradjat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, 2016.

———. Perkembangan Psikologi Agama Dan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta Selatan: PT Logos Wacana Ilmu (1999).

Darajat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara (n.d.).

Ilmu Pendidikan Islam Edisi Revisi 1 Cetakan Ke-4. Jakarta: Bumi Aksara (2000).

Pendidikan Dalam Keluarga Dan Sekolah. Jakarta: Rohana (1993).

Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara (2008).

Drajat, Zakiyah. Membina Nilai-Nilai Moral Di Indonesia. Cet. IV Jakarta: Bulan Bintang (1985).

Fitriyanto, Rahmad. Pendidikan Karakter Menurut Zakiyah Daradjat Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam. UIN SUNAN KALIJAGA, 2014.

Harahap, Hotni Sari, and Khairun Nisa Pasai. Pengembangan Manajemen Kurikulum Di Madrasah Aliyah Muallimin Univa Medan. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2022): 63-72.

Islam, Dewan Redaksi Ensiklopedi. Encyclopedia Islam. : TDV Publishing, Printing and Trading Business, 2001.

Islam, Universitas, Negeri Sultan, and Syarif Kasim. Pemikiran Pendidikan Islam Zakiah Daradjat Dan Konstribusinya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia 44, no. 2 (2020): 199-213.

Ismail, Ismail, Hapzi Ali, and Kasful Anwar Us. Factors Affecting Critical and Holistic Thinking in Islamic Education in Indonesia: Self-Concept, System, Tradition, Culture.(Literature Review of Islamic Education Management). Dinasti International Journal of Management Science 3, no. 3 (2022): 407-437.

Isroani, Farida, and Mualimul Huda. Strengthening Character Education Through Holistic Learning Values. QUALITY 10, no. 2 (2022): 289-306.

Juliansah, Juliansah. Pemikiran Zakiah Daradjat Tetang Metode Pendidikan Islam. UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2021.

Kurnia, Rusdi, and Mira Sulfia. Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pemikiran Zakiah Daradjat. FITRA 3, no. 2 (2018).

Mawangir, Muhammad. Zakiah Daradjat Dan Pemikirannya Tentang Peran Pendidikan Islam Dalam Kesehatan Mental. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama 16, no. 2 (2015): 53-65.

MAWANGIR, MUHAMMAD. A Contribution of Islamic Education on Mental Health Science a Thingking of Dzakiah Daradjat an Indonesia Islamic Education Expertise. Journal of Islamic Studies and Culture 4, no. 1 (2016): 62-68.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (2007).

Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya (2008).

Muvid, Muhamad Basyrul, Miftahuuddin Miftahuuddin, and Moh Abdullah. Pendidikan Islam Kontemporer Perspektif Hasan Langgulung Dan Zakiah Darajat. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 6, no. 1 (2020): 115-137.

Nunzairina, Nunzairina. Sejarah Pemikiran Psikologi Islam Zakiah Daradjat. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam) 2, no. 1 (2018): 99-112.

Pahleviannur, Muhammad Rizal, Anita De Grave, Dani Nur Saputra, Dedi Mardianto, Lis Hafrida, Vidriana Oktoviana Bano, Eko Edy Susanto, Ardhana Januar Mahardhani,

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-11

Cara Mengutip

Al-Farabi, M., Hanum OK, A. ., & Nasution, M. R. I. . (2023). Pemikiran Pendidikan Islam dalam Perspektif Zakiah Daradjat . FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(01), 398–415. https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6881

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.