Analisis Pemanfaatan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Tema IV Berbagai Pekerjaan di Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6970Kata Kunci:
Media Puzzle, Keinginan Belajar, PekerjaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan media puzzle dalam tema “berbagai pekerjaan sub tema ragam-ragam pekerjaan†dalam menaikkan keinginan belajar peserta didik di kelas IV B SD Siti Amelia Tembung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Objek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B SD Siti Amelia yang berjumlah 30 Orang dengan 15 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah peninjauan, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara menghimpun data, penggolongan data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menyatakan pemanfaatan media puzzle tema berbagai pekerjaan sub tema ragam-ragam pekerjaan guna menaikkan keinginan belajar peserta didik di kelas IV B SD Siti Amelia Tembung menyenangkan dan memikat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran meskipun sudah di jam terakhir. Guru mengikutsertakan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran serta melatih peserta didik bekerja dalam tim menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Pembelajaran dengan memberdayakan media puzzle dapat meningkatkan minar belajar peserta didik. Hal berikut dapat ditinjau dari presentase penilaian keinginan belajar yang meningkatReferensi
Abi, Mustofa Hamid, Dkk. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2020.
Andina HalimsyahRambe, Adinda Juwita Sari , Humayrani Siregar, Nadya Zain Ritonga, Novita. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Al-Irsyad 105, no. 2 (2017): 79.
Damanik, Muhd. Hayyanul. Meningkatkan, Upaya Belajar, Hasil Melalui, Siswa Tgt, Strategi Mata, Pada Matematika, Pelajaran Materi, Dengan Bilangan, Operasi Dikelas, Bulat Vii, Dusun Bandar, Desa Guru, Pendidikan Ibtidaiyah, Madrasah Ilmu, Fakultas Dan, Tarbiyah Negeri, Universitas, 2018.
Devi, Ni Made Intan Asri. Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3, no. 3 (2020): 416-426.
Fauzan, Fauzan, and Moh Dannur. Peran Agama Dalam Pembentukan Karakter Pada Lembaga Pendidikan. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam 9, no. 1 (2019): 1103-1121.
Kasmiatun, Kasmiatun. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pelajaran Seni Budaya Melalui Model Discovery Learning Dengan Media Puzzle. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 13, no. 1 (2020): 52-62.
Khomsoh, Rosiana. Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. State University of Surabaya, 2013.
Mardianto. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2021.
Mundir. Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Jember: STAIN Jember Press, 2013.
Nuryati. Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Anak Usia Dini Selama Masa Learning From Home 6, no. 2 (2021): 139-148.
Rambe, Andina. Implementasi Model Students Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan 12, no. 1 (2021): 51-62.
Ratnayanti, Ginalita. Sikap Preventif Melalui Teknik Puzzle. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing., 2021.
Ridwan, Fauzan Fauzan; Fajriyah Fajriyah; Moh Dannur; Wawan. Improving Teacher Performance In Schools Through Humanistic Leadership. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, no. Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Konseling Pendidikan Islam (2023): 70-79. https://ejournal.alkhairat.ac.id/index.php/JKPI/article/view/232/156.
Sifa, Regin Marina, Ayu Aini Riski Harahap, Miftahul Khairat, Halimsyah Rambe, Fika Widya Putri, Fauziah Azuardini Ginting, and Eka Agus Setiani. Implementasi Budaya Dan Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Karakter Islami Di SD Nurfadilah 6 (2022): 13081-13089.
Sri, Endang Wahyuningsih. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2020.
Wahyu, Devi Daniati, Dkk. 27 Cara Asyik Belajar Matematika. Magelang: Pustaka Rumah Cinta, 2020.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Andina Halimsyah Rambe
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.